Sumbawa Jadi Tuan Rumah MXGP 2022?

Ada tiga pilihan lokasi, termasuk di Pulau Sumbawa

Mataram, IDN Times – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi lokasi pelaksanaan Motocross Grand Prix (MXGP) tahun 2022 mendatang. Meski demikian, kepastian pelaksanaan event itu akan ditetapkan pada Januari 2022. Sebab akan dibahas terlebih dahulu bersama Pemerintah Pusat.

“Nanti rapat dulu dengan pusat, di Jakarta. Januari nanti, sekitar dua minggu lah, InshaAllah diputuskan (pelaksanaannya),” kata Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Selasa (28/12/2021).

Pemerintah Provinsi NTB optimistis dapat melaksanakan sejumlah event sports pada 2022 mendatang. Di antaranya MotoGP, MXGP, World Superbike dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC).

1. Ada tiga pilihan lokasi

Sumbawa Jadi Tuan Rumah MXGP 2022?twitter.com/KTM_Racing

Sejauh ini, ada tiga pilihan tempat yang direkomendasikan sebagai lokasi pelaksanaan MXGP. Di antaranya di KEK Mandalika Lombok Tengah, di Kabupaten Sumbawa dan Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT).

Gubernur mengaku lebih tertarik agar MXGP diselenggarakan di Pulau Sumbawa. Sebab kontur wilayah Pulau Sumbawa dianggap cocok untuk motorcross. Selain itu, Gubernur yang biasa disapa Bang Zul ini juga ingin memberikan jawaban kepada warga Pulau Sumbawa yang sebelumnya mempertanyakan Sumbawa dapat apa setelah event WSBK sukses di Mandalika.

Bang Zul berharap semua event dapat diselenggarakan secara merata di Provinsi NTB. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari event yang diselenggarakan.

Baca Juga: Warganet Beri Komentar "Nyinyir" pada Unggahan Gubernur NTB Soal MXGP

2. Tantangan jika MXGP di Sumbawa

Sumbawa Jadi Tuan Rumah MXGP 2022?twitter.com/KTM_Racing

Ada beberapa kekhawatiran jika event MXGP diselenggarakan di Sumbawa. Di antaranya infrastruktur yang dianggap masih kurang memadai. Selain itu, akomodasi dan fasilitas juga masih perlu dilengkapi. Bukan hanya itu, akses ke Pulau Sumbawa juga terbilang masih belum mudah seperti di bandara Lombok.

Penonton pada gelaran MXGP diperkirakan mencapai ratusan ribu orang. Namun belum ada akomodasi untuk menampung semua penonton yang akan datang.

Selanjutnya adalah soal akses untuk mengangkut logistik MXGP. Pesawat berbadan besar belum bisa mendarat di bandara yang ada di Sumbawa.

3. Tawarkan penginapan dengan perkemahan modern

Sumbawa Jadi Tuan Rumah MXGP 2022?twitter.com/KTM_Racing

Bang Zul menawarkan salah satu solusi jika MXGP diselenggarakan di Sumbawa, yaitu dengan perkemahan modern atau glamping. Perkemahan modern itu akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai. Sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi tamu yang menginap.Dia manawarkan lokasi menginap di Kecamatan Moyo Utara yang ada di Kabupaten Sumbawa.

”Di sana ada 400 hektare. Jadi masalah akomodasi bisa selesai dengan kita bikin glamping ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Yusron Hadi mengatakan bahwa saat ini belum ada kepastian penyelenggaraan MXGP itu. Pihaknya masih menunggu konfirmasi dari Pemerintah Pusat.

”Nanti dilihat juga akomodasi dan transportasi untuk equipment  dan segala macamnya itu,” ujarnya.

Baca Juga: Event MXGP Akan Diselenggarakan di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya