Comscore Tracker

400 Pohon Tabebuya Akan Ditanam di Kota Mataram

Penanaman tebebuya untuk mengganti pohon yang ditebang

Mataram, IDN Times - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan menanam 400 pohon tabebuya di pinggir Jalan Pendidikan, Kota Mataram, untuk mengganti sekitar 300 pohon yang ditebang dalam pelebaran jalan tersebut.

"Untuk mengganti sekitar 300 pohon yang sudah ditebang di Jalan Pendidikan, kita sudah siapkan 400 bibit pohon tabebuya dan siap ditanam di bagian kiri dan kanan ruas jalan tersebut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram HM Kemal Islam seperti dikutip dari Antara, Senin (23/5/2022).

1. Berbunga kuning

400 Pohon Tabebuya Akan Ditanam di Kota MataramIDN Times/Reza Iqbal

Ia menambahkan, semua bibit pohon tabebuya yang akan ditanam di kanan dan kiri Jalan Pendidikan berbunga kuning. Menurut dia, penanaman bibit pohon tabebuya di pinggir Jalan Pendidikan rencananya dilaksanakan mulai pekan depan.

Penanaman pohon bunga tabebuya ditujukan untuk meneduhkan sekaligus memperindah kawasan Jalan Pendidikan di Kota Mataram. Pemerintah Kota Mataram sudah menanam bibit pohon tabebuya di beberapa kawasan jalan, termasuk di kawasan Jalan Pabean Ampenan. 

Baca Juga: Nasib Atlet Veteran Daerah, Jadi Buruh Angkut hingga Marbot Masjid

2. Tentang bunga tebebuya

400 Pohon Tabebuya Akan Ditanam di Kota MataramIDN Times/Reza Iqbal

Bunga Tabebuya yang indah menjadi daya tarik tersendiri karena warnanya yang memukau. Bunganya dapat mekar selebar 2,5 hingga 10 cm yang yang menggantung dalam kelompok.

Bunga Tabebuya berbentuk tabung dan berjumbai ringan di bagian atas dengan banyak benang sari. Sebagian besar varietas Tabebuya memiliki bunga emas. Namun ada juga uang berwarna kuning, merah muda, hingga putih.

Perawatan pohon Tabebuya cukup mudah dan cocok di cuaca panas tanpa menimbulkan masalah akar. Hal inilah yang membuat Pemkot ingin menanam pohon tebebuya.

3. Rindang dan indah

400 Pohon Tabebuya Akan Ditanam di Kota MataramIDN TImes/Reza Iqbal

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Bunga Tabebuya toleran terhadap banyak jenis tanah yang berbeda selama kering dengan baik. Pohon Tabebuya juga toleran kekeringan dan tahan terhadap sebagian besar hama dan penyakit.

Saat berbunga, tabebuya terlihat rimbun sehingga bisa menjadi tempat berteduh dari terik matahari. Selain itu juga bisa menjadi spot foto yang menarik karena bunganya yang terlihat indah.

Baca Juga: Emak-emak dari Lombok Tengah ini Terciduk Edarkan Sabu

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya