Penerbangan di Bandara Lombok Meningkat 44 Persen Jelang WSBK

Maskapai Super Air Jet mulai layani penerbangan di Lombok

Lombok Tengah, IDN Times - Arus penerbangan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Praya Lombok Tengah di Nusa Tenggara Barat (NTB) alami peningkatan sehari jelang event World Superbike (WSBK).

Data yang diterima IDN Times, jumlah penerbangan di Bizam Praya Lombok Tengah alami peningkatan hingga 44 persen dibanding hari-hari normal. Peningkatan terjadi bersamaan dengan event IATC dan WSBK di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit.

Humas PT Angkasa Pura I Bizam Praya Lombok Tengah Arif Haryanto menjelaskan, jumlah penumpang di Bizam sejak hari ini (Kamis, 18/11/2021) tercatat ada 5.757 penumpang. Baik yang tiba dan berangkat dari bandara.

"Hari ini tercatat sebanyak 52 pergerakan pesawat yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok. Ada 26 berangkat dan 26 tiba," jelasnya. 

1. Penumpang mencapai 5.000 lebih

Penerbangan di Bandara Lombok Meningkat 44 Persen Jelang WSBKPenumpang Bizam mulai menggeliat saat WSBK/dok. Angkasa Pura I

Arif merinci bahwa jumlah penumpang yang tiba di Bizam capai 3.449 penumpang. Selain itu, penumpang yang berangkat dari Bizam capai 2.308. 

Jumlah penerbangan di Bizam Praya Lombok Tengah, kata Arif rata-rata penerbangan hanya di angka 4.000 an saja. 

Baik penumpang yang tiba dan penumpang yang berangkat dari Bizam Praya Lombok Barat.

"Ada kenaikan pergerakan penumpang sekitar 44 persen hari ini dibandingkan hari-hari sebelumnya," kata Arif. 

Hari-hari sebelumnya lanjut Arif rata-rata pergerakan pesawat di Bizam Praya Lombok Tengah capai 36 pergerakan. Baik yang tiba sebanyak 18 pesawat dan 18 pesawat yang berangkat dari Bizam.

Baca Juga: Jokowi Siap Resmikan Sirkuit Mandalika di NTB Besok

2. Rute Super Air Jet mulai dibuka di Lombok

Penerbangan di Bandara Lombok Meningkat 44 Persen Jelang WSBKPara tamu WSBK mulai berdatangan/dok. Humas Angkasa Pura I

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, secara resmi rute penerbangan berjadwal pesawat Super Air Jet di Bandara Lombok Jakarta-Lombok dibuka sejak Kamis (18/11/2021) ini. 

Kedatangan perdana ini ditandai dengan seremonial penyiraman air (water salute) di Apron Bandara. 

Super Air Jet nomor penerbangan IU-762 dari Jakarta yang membawa 179 penumpang ini mendarat di Bandara Lombok tepat pukul 12.30 WITA.

"Semua turut menyaksikan seremonial penerbangan perdana inaugural flight ini," kata Faik. 

Direktur Keselamatan, Keamanan, dan Kualitas Super Air Jet Capt Dodi Arifin mengatakan, untuk awal Super Air Jet rute Jakarta-Lombok-Jakarta terbang satu kali kali setiap hari. 

Dari Jakarta, pesawat ini berangkat pukul 09.35 WIB dan tiba di Lombok pukul 12.30 WITA. 

"Sedangkan dari Lombok berangkat pukul 13.10 WITA dan tiba di Jakarta pukul 14.05 WIB,” ujar Dodi.

“Kami juga menyambut baik dan mengapresiasi upaya Super Air Jet sebagai mitra baru di industri penerbangan," kata Faik.

Situasi pandemik COVID-19 seperti saat ini, Super Air Jet mampu mengembangkan bisnisnya dengan menyasar pasar di wilayah Lombok.

3. Destinasi penerbangan baru

Penerbangan di Bandara Lombok Meningkat 44 Persen Jelang WSBKMenparekraf Sandiaga Salahudin Uno lari di pinggiran pantai Kuta Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Sementara, General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati mengatakan, dengan dibukanya penerbangan Super Air Jet menjadikan Lombok sebagai destinasi penerbangan baru sangatlah tepat. 

“Lombok adalah salah satu destinasi wisata favorit Indonesia yang saat ini. Karena menjadi tuan rumah event akbar WSBK 2021 dan dilanjutkan dengan MotoGP di tahun 2022 mendatang," kata Nugroho.

Dengan Adanya event bertaraf internasional seperti WSBK dan MotoGP tentu menjadi peluang besar bagi pengembangan bisnis di industri aviasi.

“Keinginan masyarakat untuk datang ke Lombok ini sungguh luar biasa. Selamat datang di NTB, Super Air Jet,” katanya.

Maskapai Super Air Jet menggunakan pesawat jenis Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi dan bagasi gratis 20 kilogram.

Super Air Jet juga menawarkan hiburan gratis seperti film, games, e-magazine, serta podcast dan vlog yang dapat diakses dari ponsel saat penerbangan. 

Super Air Jet juga menawarkan tarif mulai dari Rp547.600 untuk rute Jakarta ke Lombok dan rute untuk Lombok ke Jakarta capai Rp522.600.

Baca Juga: Gubernur NTB Siapkan Tiket Gratis MotoGP Mandalika untuk Siswa SMA-SMK

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya