Gadis Misterius Coba Bunuh Diri Terjun dari Lantai 4 Mal Mataram

Korban berhasil diselamatkan cleaning servis dan security

Mataram, IDN Times - Beredar video aksi seorang gadis muda nekat bunuh diri dengan melompat dari lantai 4 Mal Mataram Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (7/1/2022) pukul 07.45 Wita. 

Dalam video viral beredar, gadis yang belum diketahui identitasnya tersebut akan melompat terjun dari lantai 4 gedung. Untungnya, aksi nekat ini berhasil digagalkan petugas Mal Mataram dan seorang laki-laki diduga ayah korban.

1. Berhasil diselamatkan

Gadis Misterius Coba Bunuh Diri Terjun dari Lantai 4 Mal MataramIlustrasi Korban (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Cakranegara Komisaris Polisi Moh Nasrullah mengatakan, personel polisi langsung meluncur ke tempat kejadian perkara. Mereka memperoleh laporan dari masyarakat tentang adanya aksi bunuh diri dilakukan seorang perempuan. 

Di lantai 4 Mal Mataram, menurut Nasrullah ada seorang gadis yang memaksa terjun dari lantai 4 mal. Aksi ini sempat digagalkan petugas mal yang kebetulan berada di lokasi kejadian. 

"Anggota kami yang piket dan lainnya segera menuju TKP," jelas Nasrullah. 

Baca Juga: Gubernur NTB : Hati Boleh Panas, Tetapi Pikiran Harus Dingin

2. Sempat berteriak

Gadis Misterius Coba Bunuh Diri Terjun dari Lantai 4 Mal MataramPolisi periksa CCTV Mall/dok. Humas Polsek Cakranegara

Saksi kejadian dari petugas security dan cleaning service mal mengatakan, seorang perempuan dengan mengenakan helm mendadak histeris. Ia pun mendadak berlari menuju pagar lantai 4 mal serta mencoba terjun ke bawah. 

Namun, secara bersamaan, seorang perempuan yang diduga ibu korban datang berteriak agar korban tidak terjun dari lantai 4 mal.  

"Saksi mendengar teriakan tersebut langsung menuju lokasi lantai 4 gedung tersebut dan melihat ada seorang perempuan yang berdiri di pinggir tembok atap," kata Nasrullah.

3. Dibawa kabur menggunakan mobil

Gadis Misterius Coba Bunuh Diri Terjun dari Lantai 4 Mal MataramIlustrasi Pembunuhan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Saat itu pula terdapat ayah korban yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian. 

Saat hendak terjun, secara spontan saksi-saksi membantu lelaki tersebut menarik korban yang sudah tergantung di tembok lantai 4 Mal Mataram.

Setelah berhasil diselamatkan, korban langsung dibawa turun.  

"Korban dan satu orang wanita itu langsung masuk ke dalam mobil berwarna putih bersama perempuan yang diduga ibu korban di bawah mal," katanya.

Setelah pergi, pihak kepolisian belum mengetahui secara jelas identitas korban dan kedua yang masuk menggunakan mobil tersebut.

"Identitas mobil telah diperoleh dari rekaman CCTV. Langkah selanjutnya kami akan menemui pemilik mobil tersebut untuk mengetahui identitas korban serta penyebab dari percobaan bunuh diri tersebut," pungkas Nasrullah.

4. Mari bersama cegah perilaku bunuh diri

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:

Jangan Bunuh diritelp: (021) 9696 9293email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHTmessage via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID)direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesiatelp: (021) 500454

Baca Juga: Total Korban Kapal Karam di Malaysia Asal NTB Menjadi 14 Orang

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya