Gubernur NTT Dorong Pengusaha Asal Cina Kembangkan Usaha Rumput Laut

Kerja sama bidang perekonomian

Kupang, IDN Times - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki banyak kekayaan alam, salah satunya rumput laut. NTT punya rumput laut dengan kualitas yang baik,  bahkan telah diekspor hingga Cina. Para pengusaha asal Cina sedang mengembangkan usahanya di NTT, termasuk akan mendirikan pabrik pengembangan rumput laut.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) saat menerima Konsulat Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT)  Zhu Xinglong didampingi para konsulat muda Li JianKun dan Tang Lingyi (Hannah) sekaligus sebagai Interpreter Konsulat RRT di Bali.

1. Kualitas dan cita rasa rumput laut NTT

Gubernur NTT Dorong Pengusaha Asal Cina Kembangkan Usaha Rumput Lautbppbapmaros.kkp.go.id

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur NTT meminta Konjen RRT agar mengajak semua pengusaha Tiongkok untuk mengembangkan rumput laut di NTT. "Rumput laut di NTT berkualitas tinggi dengan cita rasa yang berbeda dari rumput laut yang ada di tempat lain di Indonesia,” kata Gubernur VBL.

Dikatakannya, Konjen RRT telah menyampaikan berbagai hal yang sudah dan akan dilaksanakan. Utamanya dalam rangka peningkatan hubungan kerja sama yang saling mendukung untuk pemberdayaan masyarakat dan pengentasan masalah kemiskinan di Nusa Tenggara Timur.

"Saya berterima kasih sekali karena Pemerintah RRT melalui Pak Konjen sudah melakukan berbagai kontribusi dalam bentuk kerja sama di berbagai sektor. Khususnya kesehatan, pendidikan, poilitik, ekonomi, perdagangan dan kemairtiman,” ungkap Gubernur Laiskodat.

Baca Juga: Pemda Matim NTT Gelar Parade 1000 Songke dan Selendang Leros

2. Warga Tiongkok berkunjung ke Labuan Bajo

Gubernur NTT Dorong Pengusaha Asal Cina Kembangkan Usaha Rumput LautKomodo di Pulau Komodo. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Gubernur juga menyampaikan terkait banyaknya wisatawan asal Cinayang berkunjungan dan menikmati panorama eksotis Labuan Bajo. Wisatawan menyukai aneka wisata yang ditawarkan di NTT.

Gubernur VBL mengajak Konsul Zhu Xinglong untuk berkunjung ke Labuan Bajo, sekaligus berharap agar kedepannya semakin banyak wisatawan dari Tiongkok yang akan berkunjung ke NTT.

3. Tempat penyelenggaraan ASEAN Summit

Gubernur NTT Dorong Pengusaha Asal Cina Kembangkan Usaha Rumput LautPulau Padar, Labuan Bajo, NTT (dok. Kemenparekraf)

Labuan Bajo sementara ini didandani untuk menjadi tempat penyelenggaraan ASEAN Summit yang dilaksanakan pada tanggal 5 hingga 7 Mei 2023 mendatang. Gubernur menegaskan, Pemerintah Provinsi NTT selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat bekerja keras memajukan NTT.

"Kami tengah berusaha secara serius untuk mengembangkan semua potensi yang ada di NTT, khususnya pertanian, perindustrian dan kemaritiman untuk mengatasi kemiskinan di NTT," tegas Gubernur VBL.

4. Indonesia bekerja sama dengan RRT

Gubernur NTT Dorong Pengusaha Asal Cina Kembangkan Usaha Rumput LautPixabay.com/grafik kesuksesan/kerjasama/Peggy und Marco

Sementara itu, Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Bali Zhu Xinglong mengatakan bahwa Presiden RRT, Xi Jinping, sudah bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Jokowi, untuk pengembangan sektor politik, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan kemaritiman yang akan dikembangkan lebih serius lagi di tahun 2023 ini.

“Hal tersebut sudah disampaikan, saat Presiden Xi Jinping bersama saya bertemu Presiden Jokowi di KTT G-20 September 2022 lalu di Bali. Di hari pertama tahun baru Imlek 22 Januari 2023 lalu, ada sekitar 200 wisatawan dari Tiongkok yang sudah berkunjung di Provinsi Bali," kata Zhu.

"Saya berharap kedepan makin banyak wisatawan dari Tiongkok yang akan berkunjung ke NTT, tentunya dengan menggunakan fasilitas penerbangan langsung dari Tiongkok ke NTT”, kata Zhu Xinglong.

Baca Juga: Takut Dimarahi Orang Tua karena Bolos, Anak SD di NTT Mengaku Diculik

Yos Syukur #NTT Photo Community Writer Yos Syukur #NTT

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya