Sandi Berharap Target Vaksinasi Terpenuhi Sebelum WSBK

WSBK dan MotoGP sinyal kebangkitan pariwisata Indonesia

Lombok Tengah, IDN Times - Tingkat vaksinasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi syarat utama gelaran World Superbike (WSBK). Event ini akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 19 November 2021 mendatang.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno usai meninjau sentra vaksinasi Pesona Tastura, di Desa Rembitan Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (3/11/2021).

1. Vaksinasi lancar, WSBK siap digelar

Sandi Berharap Target Vaksinasi Terpenuhi Sebelum WSBKBalap Motor.Net

Sandi mengatakan bahwa Kemenparekraf telah berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat vaksinasi. Terutama bagi masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah. 

Pogram vaksinasi ini berkolaborasi dengan Homecare24 Enesis Group. Harapannya, event WSBK nanti dapat berjalan dengan lancar. 

"Kami berencana menyerahkan bantuan berupa 250.000 produk hand sanitizer," kata Sandi.

Selain hand sanitizer, pihaknya memberikan dispenser yang akan ditempatkan di seluruh desa wisata yang ada di Lombok Tengah.

"Kita harapkan dapat menekan penyebaran virus ini di tengah masyarakat," ujar Sandi.

2. Diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga

Sandi Berharap Target Vaksinasi Terpenuhi Sebelum WSBKMenparekraf optimis kebangkitan perekonomian warga di Lombok/dok. Humas Kemenparekraf

Baca Juga: Ini Harga Tiket WSBK Mandalika: dari kelas Pekerja  hingga Sultan

Jika vaksinasi sukses, maka pertumbuhan perekonomian masyarakat diharapkan semakin baik. Sandi menekankan pentingnya kekebalan kelompok agar aktivitas dapat dilakukan dengan lebih leluasa, meski dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Hari ini kita gercep (gerak cepat) dan geber (gerak bersama). Ini jadi syarat utama kesuksesan event internasional. Beberapa minggu ke depan akan ada WSBK," ujarnya.

3. WSBK berikan sinyal kebangkitan pariwisata Indonesia

Sandi Berharap Target Vaksinasi Terpenuhi Sebelum WSBKOrnamen bundaran sebelum Sirkuit Mandalika di Kuta Mandalika/dok. Kemenparekraf

Menurut Sandi, suksesnya event WSBK dan MotoGP akan jadi sinyal kebangkitan ekonomi.

“Kita harapkan gelaran internasional ini menjadi sinyal kebangkitan pariwisata, baik di Lombok maupun yang lain di Indonesia," jelas Sandi.

Ia berharap semua persiapan sudah tuntas dan event dapat berjalan dengan baik. Selain itu, efek secara ekonomi juga dapat dirasakan oleh masyarakat. 

"Kita harap sektor Parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) sudah siap dan berbenah dengan protokol kesehatan CHSE yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi,” ujarnya.

4. Tingkat vaksinasi NTB capai 58 persen

Sandi Berharap Target Vaksinasi Terpenuhi Sebelum WSBKSuasana vaksinasi di Lombok Tengah/dok. Humas Kemenparekraf

Hingga Rabu (3/11/2021), angka vaksinasi di NTB mencapai 58,2 persen untuk dosis pertama dan 24,7 persen penerima dosis kedua. 

Khusus untuk Kabupaten Lombok Tengah, masyarakat yang menerima vaksinasi dosis pertama sebanyak 70,4 persen dan dosis kedua sebanyak 31,8 persen.

Khusus bagi pelaku Parekraf di NTB sendiri, telah menerima vaksinasi sebanyak 602.438 dosis.

"Melalui sentra vaksin yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf di 71 lokasi di berbagai daerah. Ini sudah melampaui target kita,” pungkas Sandi.

Baca Juga: Kemenhub Gelar Simulasi Lalu Lintas Jelang WSBK di Mandalika Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya