Calon Penumpang di Bandara Lombok Dapat Vaksin COVID-19 Gratis

Vaksin gratis diberikan dengan tujuan Jawa Bali

Lombok Tengah, IDN Times - Bandara Internasional Abdul Majid Praya Lombok Tengah membuka sentra vaksinasi COVID-19 bagi semua penumpang. Pemberian vaksin COVID-19 secara gratis usai PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

1. Layanan vaksin gratis berlaku sampai 20 Juli

Calon Penumpang di Bandara Lombok Dapat Vaksin COVID-19 GratisPetugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati mengatakan, layanan vaksinasi gratis bagi semua calon penumpang dimulai sejak Senin (5/7/2021) pada hari pertama penerapan PPKM Darurat Jawa dan Bali hingga 20 Juli 2021.

"Sentra vaksinasi di Bandara Lombok ini bertujuan untuk mendukung percepatan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah sekaligus untuk memberikan kemudahan bagi calon penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Lombok," kata Nugroho Jati, Selasa (6/7/2021) di Lombok Tengah.

Selain itu jelas Nugroho, kartu vaksin COVID-19 juga sebagai pemenuhan persyaratan perjalanan bagi calon penumpang.

2. Pemberlakuan syarat vaksin untuk perjalanan sesuai intruksi pemerintah Pusat

Calon Penumpang di Bandara Lombok Dapat Vaksin COVID-19 GratisIlustrasi. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Diketahui, dengan berlakunya PPKM Darurat hingga 20 Juli 2021 untuk Jawa dan Bali berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor 45 Tahun 2021 Kementerian Perhubungan RI.

Seluruh penumpang pesawat udara tujuan Pulau Jawa dan Pulau Bali diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan surat keterangan negatif hasil RT-PCR. 

“Pada pelaksanaan hari pertama sentra vaksinasi Bandara Lombok kemarin, kegiatan berjalan dengan lancar meski animo calon penumpang cukup tinggi," kata Nugroho.

Hingga Selasa (6/7/2021) pihaknya mencatat sebanyak 260 calon penumpang melakukan vaksinasi di dengan tujuan Jawa dan Bali.

3. Vaksinasi dipusatkan di Loby Bandara

Calon Penumpang di Bandara Lombok Dapat Vaksin COVID-19 Gratiswebsite

Sentra vaksinasi yang berada di area lobby keberangkatan Bandara Internasional Lombok.

Ada pun layanan vaksin COVID-19 dibuka setiap hari mulai pukul 05.00 sampai dengan 17.00 WITA dan dilayani 6-8 petugas pelayanan kesehatan dari RSUD Provinsi NTB dan RSUD Kota Mataram.

"Vaksin yang diberikan adalah vaksin COVID-19 untuk dosis pertama," katanya.

Untuk Kmketersediaan vaksin menyesuaikan dengan jumlah peserta di bandara. Layanan ini ditujukan bagi penumpang pesawat udara yang berangkat dari Bandara Lombok dan berusia 12 tahun ke atas. 

4. Calon penumpang wajib membawa KTP dan Tiket pesawat

Calon Penumpang di Bandara Lombok Dapat Vaksin COVID-19 GratisProses vaksinasi COVID-19 di Bandara Internasional Lombok/dok. Humas Bandara Internasional Lombok

Bagi calon penumpang yang hendak melakukan vaksin wajib membawa KTP dan tiket atau bukti reservasi penerbangan. 

Alurnya, calon penumpang melakukan registrasi di meja formulir. Setelah dipanggil, peserta vaksin menuju meja screening dan melakukan vaksinasi.

"Nanti petugas akan melakukan pengecekan riwayat kesehatan, suhu tubuh, serta tekanan darah. Jika berdasarkan hasil screening yang bersangkutan memenuhi kriteria, maka akan dilakukan vaksinasi," kata Arif Haryanto Stakeholder Relations Manager Bandara Internasional Abdul Majid Praya Lombok. 

Selanjutnya kata Arif, peserta vaksinasi menuju bagian pencatatan untuk dilakukan input data ke dalam sistem. 

"Setelah dilakukan observasi pascavaksin, sertifikat vaksinasi COVID-19 akan diterbitkan dan dapat dijadikan salah satu persyaratan dokumen perjalanan," kata Arif. 

Seluruh proses vaksinasi dari mulai screening (pemeriksaan kesehatan) sampai dengan keluar hasil (sertifikat/kartu) vaksin COVID-19 memerlukan waktu kurang lebih 30 menit.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya