Comscore Tracker

6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis

Jarak akan mendewasakan hubungan

Memiliki hubungan yang harmonis adalah impian semua pasangan. Kebersamaan dan kedekatan secara fisik untuk menghabiskan waktu bersama adalah cara agar tetap terjalin kedekatan yang semakin intim. Namun, bagaimana dengan hubungan jarak jauh yang harus dijalani oleh kebanyakan pasangan?.

Jarak yang memisahkan antar pasangan bukan masalah agar tetap terjalin hubungan yang harmonis, jika mengikuti 6 tips di bawah ini. Keep scrolling !

1. Memahami tujuan hubungan

6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonispixabay.com/pexels

Saat menjalin suatu hubungan jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship) tentu tidak mudah karena dibatasi oleh jarak yang pada akhirnya tidak dapat berjumpa secara fisik dalam waktu tertentu. Hanya pasangan dengan komitmen yang besar dan yang memiliki tujuan hubungan yang jelas yang mampu tetap bertahan dalam keadaan terpisah oleh jarak.

Sebelum menjalin hubungan terlalu jauh maka sebaiknya satu sama lain perlu membicarakan tentang kesanggupan satu sama lain, untuk tidak bertemu secara fisik, hubungan tersebut akan dijalani untuk tujaun kejenjang berikutnya dalam waktu berapa lama?

Jika tujuan dari hubungan tersebut sudah jelas, maka sejauh apa pun tetap akan terasa dekat dengan upaya tetap memberikan kabar melalui media penyedia pesan ataupun video call seperti whattsapp, telegram dan media lainnya. Hubungan yang memiliki tujuan yang jelas akan bisa dijalani dengan mudah sekalipun dibatasi oleh jarak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Laptop Gaming Murah, Harga Mulai Rp10 Juta

2. Saling percaya

6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonispixabay.com/sweetlouise

Dalam menjalin hubungan jarak jauh sekalipun telah menetapkan tujuan yang jelas ternyata tidak lah cukup jika tidak di barengi dengan rasa saling percaya. Rasa percaya kepada pasangan harus di miliki oleh satu sama lain. Karena sangat sulit menjalani hubungan jika selalu menaruh curiga bahkan hubungan menjadi tidak sehat.

Oleh sebab itu, wujud dari perasaan cinta juga harus ditunjukkan dengan rasa percaya. Percaya berarti tidak mengekang, tetap memberi ruang bagi pasangan tentu dengan batasan yang wajar. Dengan demikian akan terasa indah dan harmonis.

3. Mendukung pasangan dalam berkarier

6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonispixabay.com/StartupStockPhotos

Ketika sebuah hubungan jarak jauh dijalani tentu telah berdasarkan alasan bahkan tujuan. Jika jarak ini disebabkan oleh pekerjaan atau pendidikan maka bersikaplah dewasa untuk terus mendukung dalam berkarier bahkan mencapai apa yang di impikan oleh pasangan. Mendukung juga berarti memberikan perhatian pada aspek yang bisa kita jangkau sekalipun dengan jarak.

Misalkan mengingatkan untuk tetap semangat, mendengarkan cerita bahkan keluhan pasangan dan jika bisa memberikan masukan tentu sangat membantu karena akan terbangun kebiasaan diskusi yang akan membawa kepada hubungan yang harmonis. Mengingatkan tentang hal - hal sederhana kepada pasangan sudah merupakan bentuk dukungan agar pasangan merasa nyaman karena selalu diperhatikan.

Baca Juga: Karateka NTB Zigi Zaresta Sumbang Medali Emas di SEA Games Vietnam 

4. Tidak menuntut komunikasi setiap waktu dan juga tidak saling menunggu.

6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonispixabay.com/Averynovphoto

Komunikasi adalah hal terpenting dalam menjalani kehidupan sehari - hari terutama dalam menjalin sebuah hubungan dengan pasangan. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dilakukan secara rutin namun tidak mengganggu rutinitas pekerjaan masing- masing dan tentu tidak saling menunggu untuk membuka komunikasi.

Dewasa ini, telah dipermudah dengan media komunikasi yang sangat canggih sekali pun jauh akan terasa dekat dan kapan pun komunikasi bisa dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa komunikasi harus dibangun dengan menyenangkan dan fleksibel. Menyapa pasangan dengan sapaan yang hangat, perhatian yang tulus tentu akan membuat hubungan lebih bahagia.

Satu sama lain harus terlebih dahulu mengkomunikasikan tentang kesibukan masing - masing agar pekerjaan tidak terganggu dan komunikasi sebaiknya tidak saling menunggu. Jika rindu dan ingin mengetahui kabarnya kirimkan pesan setidaknya untuk mengingatkan hal - hal sederhana dan selipkan pesan bahwa kamu mencintainya.

5. Bicarakan kemajuan dan rencana hubungan diwaktu yang tepat

6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonispixabay.com/VinzentWeinbeer

Menjalin hubungan dengan berdasarkan komunikasi yang baik dan rasa percaya adalah langkah yang tepat agar hubungan tetap harmonis. Namun, jika menginginkan hubungan yang serius dan sesuai tujuan awal maka, perlu meluangkan waktu untuk bicara mengenai kemajuan hubungan dan rencana kedepan.

Membicarakan hal demikian juga harus melihat kepada kondisi dan waktu yang tepat karena jika tidak, maka akan terkesan memaksakan pasangan. Sepakati untuk bicara di waktu yang luang dan dengan perasaan yang baik. Hubungan dewasa semestinya penuh dengan kepastian, untuk itu mintalah kepastian dan jaga lah hubungan agar tetap harmonis.

6. Ingatlah hari istimewa dalam hubungan

6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonispixabay.com/Nile

Perasaan dihargai dan dicintai oleh tiap orang berbeda. Ada yang merasa dicintai ketika diberikan bunga, hadiah atau sejenisnya. Tapi, pernahkah kamu melupakan hari istimewa dalam hubungan?

Hari istimewa dalam hubungan harus tetap diingat agar bisa mengingatkan kembali momen penting, baik itu hari ulang tahun pasangan ataupun hari menyatakan perasaan pada pasangan. Terkesan sepele bagi kebanyakan pasangan yang telah lama menjalin hubungan. Namun, percayalah justru hal kecil tersebut bisa menjadi waktu berharga mengingat masa indah diawal hubungan dan untuk itulah merayakan bersama bisa membuat hubungan lebih harmonis.

Merayakan lewat ucapan dan doa dari jauh pun tetap akan berkesan jika semua tips diatas telah di jalankan dengan baik.

Itulah 6 tips menjaga hubungan jarak jauh agar tetap harmonis, jarak bukanlah halangan jika didasari kepercayaan dan komunikasi yang baik. Dekatkan hati dengan perhatian yang tulus, tetap semangat untuk pasangan yang berjuang dengan jarak.

Baca Juga: Pendaftar Capai 1.000 Orang, Rinjani 100 Kembali Digelar di Lombok

Septianis Anis Photo Community Writer Septianis Anis

Terus belajar hal baru😊

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya