Comscore Tracker

5 Kesalahan 'Move On' yang Perlu Kamu Perbaiki, Jangan Diulangi!

Tidak ada satu pun luka yang sembuh akibat waktu!

Move on adalah proses yang biasa dilakukan oleh seorang setelah hubungan percintaannya kandas di tengah jalan. Banyak orang yang gagal dalam proses ini disebabkan oleh kenangan masa lalu yang masih membayangi. Akan tetapi, move on menjadi hal yang sulit jika dilakukan tanpa pemahaman yang benar.

Move on, tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah, mungkin juga dirimu, karena kamu salah memahami bagaimana move on yang sebenarnya. Berikut 5 kesalahan move on yang sering kamu yakini benar, padahal salah. Simak baik-baik ya!

1. Biar waktu yang mengobati

5 Kesalahan 'Move On' yang Perlu Kamu Perbaiki, Jangan Diulangi!Pinterest

Kamu mungkin sering mendengar perkataan "biar waktu yang mengobati". Ini yang menjadi kesalahan banyak orang disaat proses move on, menyerahkan tanggung jawab pulih di waktu, bukan didirinya sendiri. Meski sembuh membutuhkan proses yang memakan waktu, namun tidak ada satu pun luka yang sembuh akibat waktu.

Memang luka bisa terlupakan seiring dengan berjalannya waktu, tapi luka tidak bisa disembuhkan dengan hanya mengandalkan waktu. Luka yang parah dan hanya mengandalkan waktu untuk mengobatinya bisa-bisa bertambah parah. Lupa tidak sama dengan sembuh.

2. Menghilangkan ingatan

5 Kesalahan 'Move On' yang Perlu Kamu Perbaiki, Jangan Diulangi!Pinterest

Masih banyak orang yang berusaha pulih dengan cara menghilangkan ingatan. Banyak orang beranggapan pulih itu kalau tidak lagi muncul ingatan, padahal pikiran akan selalu memunculkan ingatan. Lupa bisa jadi sebatas pura-pura, padahal pulih itu adalah disaat ingatan muncul kamu sudah bisa bersikap ramah pada ingatan itu.

Memulihkan itu tidak dengan melupakan, melainkan menerima dan melepaskan pelan-pelan. Jangan takut dan ragu untuk memvalidasi apa yang kamu rasakan. Justru akan lebih bagus jika kamu mengeluarkan emosi sedih, marah dan emosi kecewa tersebut. Pulih itu disaat ingatan muncul, kamu sudah bisa bersikap ramah pada ingatan tersebut.

Baca Juga: Antigalau, ini 5 Cara Merayakan Patah Hati yang Paling Ampuh

3. Berusaha menghilangkan rasa cinta

5 Kesalahan 'Move On' yang Perlu Kamu Perbaiki, Jangan Diulangi!Pinterest

Kamu tidak akan pernah bisa berhenti mencintai dia dengan sepenuh hati walau dia tidak bersamamu lagi. Semakin kamu berusaha menghilangkan cinta itu, maka rasa cinta itu semakin bertambah walau kamu sudah berpisah. Itulah sebabnya banyak orang yang gagal move on sebab mereka berusaha menghilangkan sesuatu yang tidak bisa hilang.

Cinta itu spektrum. Jadi rasa cinta tidak akan hilang, namun rasa cinta itu hanya bisa dikurangi. Bagaimana caranya untuk mengurangi rasa cinta? Dengan cara menemukan seorang yang lebih kamu cintai, sehingga rasa cinta ke orang di masa lalumu itu tertimbun dengan rasa cinta ke orang yang baru.

Itulah hati, ia tidak akan pernah membiarkan kamu melupakan moment sedih dan bahagia yang pernah kalian jalani bersama.

4. Bersikap menjadi korban

5 Kesalahan 'Move On' yang Perlu Kamu Perbaiki, Jangan Diulangi!Pinterest

Manusia memang sangat jeli dalam melihat kesalahan orang lain, hingga lupa untuk melihat bagaimana dirinya sendiri. Merasa paling tersakiti lalu berlagak seolah-olah kamu yang menjadi korban, kemudian membenci dia setengah mati.

Kesalahan terbesar seorang adalah move on dengan rasa benci. Mungkin kamu berpikir dengan membencinya maka proses move on kamu semakin cepat, padahal rasa benci inilah yang menjadi faktor kegagalan kamu buat move on.

5. Tidak mau memaafkan

5 Kesalahan 'Move On' yang Perlu Kamu Perbaiki, Jangan Diulangi!Pinterest

Haruskah kamu memaafkan? Jawabannya adalah "tidak". Kamu tidak harus memaafkan, kamu bebas untuk membenci dan mendendam dia yang telah menyakitimu. Kamu memiliki hak untuk menuntut keadilan. Akan tetapi, semakin kamu menuntut keadilan ini maka semakin kamu terobsesi dengan pembalasan. Dan disinilah hidupmu malah akan semakin berantakan.

Ketika kamu sudah sampai di titik itu, kamu sebaiknya mencoba untuk memaafkan. Yang perlu kamu ingat, kamu memaafkan bukan berarti untuk membebaskan dia dari perbuatan-perbuatan yang telah dia lakukan, melainkan untuk membebaskan dirimu dari jeratan masa lalu. Sehingga, kesalahan apapun yang dia lakukan tidak menghalagi kamu untuk mengambil kesempatan yang masih ada di masa depanmu.

Itulah 5 kesalahan move on yang perlu kamu ketahui dan mulai ubah mulai sekarang, agar proses move on kamu semakin cepat.

Baca Juga: 13 Etika Dasar dalam Kehidupan Manusia di Muka Bumi, Kamu Wajib Tahu!

Hirpan Rosidi Photo Community Writer Hirpan Rosidi

Hirpan Rosidi, laki-laki kelahiran 1997 yang tidak pandai mendeskripsikan dirinya. Karena kemampuan menulisnya dibawah rata-rata, dia memiliki cita-cita yang dimana dia sendiri tidak terlalu berharap cita-citanya bisa terwujud; yaitu disalah satu rak toko buku, di antara buku-buku dari penulis besar itu, terselip satu judul buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya. Berbekal lulusan Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan kecintaannya pada literasi, menjadikannya ingin membangun perpustakaan untuk anak-anak dan warga di kampungnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya