Comscore Tracker

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!

Kalau tidak bisa membantu, jangan semakin memperparah! 

Setiap manusia pasti memiliki masalah di dalam hidupnya. Beberapa hal yang menurut kamu sepele, tapi terkadang menjadi masalah yang rumit bagi orang lain, begitu pula sebaliknya. Ketika kamu melihat seseorang sedang depresi karena memikirkan permasalahan hidupnya, tidak semua kalimat bijak bisa kamu katakan. Bisa saja, kalimat-kalimat bijak itu justru membuatnya tambah depresi.

Yang lebih berat hidupnya dari kamu masih banyak.

Mungkin kamu kurang dekat sama Tuhan.

Pernahkah kamu mengatakan kata-kata itu kepada temanmu yang sedang curhat? atau untuk kamu yang sedang mengalami depresi, pernahkah kamu mendapatkan kata-kata itu keluar dari mulut temanmu? Apa yang kamu rasakan?

Sebenarnya, ada hal-hal yang sebaiknya tidak langsung dikatakan kepada orang yang mengalami depresi ketika dia menceritakan masalahnya. Apa saja kalimat-kalimat itu? Simak baik-baik yuk!

1. Apa sih yang kamu sedihkan? Hidup kamu sempurna, banyak yang mau di posisi kamu lho!

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Kamu harus memahami bahwa kapasitas setiap orang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Kamu tidak bisa mengatakan bahwa orang yang bercerai tidak lebih sedih dari orang yang keluarganya hilang ditelan ombak tsunami.

Kamu juga tidak bisa bilang bahwa orang yang di-bully ketika bersekolah tidak mengalami siksaan batin seberat orang yang broken home. Setiap orang punya kapasitas masing-masing dalam menerima beban hidup.

2. Kamu kurang bersyukur sama hidup kamu deh kayaknya!

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Salah seorang teman memiliki gratitude box di kamarnya, di mana setiap harinya dia menuliskan tiga hal yang bisa dia syukuri dari hidupnya. Meskipun begitu, dia masih depresi. Kenapa? Karena depresi bukan tentang bersyukur saja.

Orang-orang dengan depresi memiliki rasa rendah diri yang besar, memiliki perasaan bersalah yang tinggi, dan bahkan memiliki keinginan untuk mati. Terkadang hal-hal inilah yang tidak bisa mereka kendalikan.

Baca Juga: 9 Poin Penting dari Buku 'Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat'

3. Mungkin kamu kurang dekat sama Tuhan

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Pernyataan seorang yang mengatakan “sedih karena kurang dekat dengan Tuhan” pada orang yang mengidap depresi malah membuat dia semakin ingin menjauh dari Tuhan. Dia sedang sakit, dia sudah rajin ibadah semampu dia, tetapi orang-orang masih saja menilai dia bahwa dia kurang dekat dengan Tuhan.

Lagian sejak kapan manusia bisa mengukur kedekatan seorang hamba dengan Tuhannya?

4. Yang lebih berat hidupnya dari kamu masih banyak

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Depresi adalah penyakit kompleks yang diakibatkan oleh genetika, hormon, jumlah dan jenis bakteri di usus, pengalaman masa kecil, struktur otak, pola pikir, dan banyak hal lainnya. Belum lagi kita hidup di zaman yang serba menuntut kita untuk buru-buru, sehingga otak kita jarang memiliki kesempatan untuk benar-benar istirahat dari segala macam pikiran. Ada juga hal-hal kecil yang menumpuk di pikiran itu juga bisa menimbulkan depresi.

Depresi bisa menyerang siapa saja, bahkan orang-orang kaya raya dengan orang tua lengkap yang penyayang.

5. Bahagia itu pilihan

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Apakah ada orang yang memilih untuk menangis jam 3 pagi setiap hari? Apakah ada yang sengaja minum obat antidepressants yang efek sampingnya sangat menyiksa?

Tidak ada yang ingin sedih, semua orang di dalam hatinya pasti ingin bahagia.

6. Ah, itu palingan cuma di kepala kamu saja

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Secara umum, orang dengan gangguan depresi tidak hanya merasakan di kepala saja, tapi mereka merasakannya di hati, di kelopak mata yang terasa berat karena menahan sedih dan tidak bisa tidur, di bibir karena lelah dipaksa senyum, dan di seluruh badan akan kehilangan energi.

Salah satu gangguan depresi adalah perasaan lelah yang membuat sekujur tubuh pengidapnya terasa lemas, tidak berenergi dan bahkan sakit. Beberapa orang yang mengalami depresi berat dan anxiety bahkan bisa muntah-muntah, pegal-pegal, dan konstipasi berbulan-bulan.

7. Aku juga pernah kali depresi, semua orang juga. Gak cuma kamu saja

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Yang harus kamu pahami adalah, ada perbedaan antara depresi dan sedih biasa. Mungkin yang kamu maksud dengan “semua orang pernah mengalami” adalah masa down kamu karena ada suatu kejadian di hidupmu yang membuat kamu sangat sedih.

Seiring dengan berjalannya waktu, sedih akan hilang dalam kurun waktu tertentu. Tapi depresi itu beda, depresi dapat kambuh. Sekali kambuh, seorang bisa depresi selama 6 bulan.

8. Kayaknya kamu memang tidak mau bahagia. Sedih mulu deh!

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Siapa sih orang di dunia ini yang tidak mau bahagia. Bukankah setiap kita berdoa kepada Tuhan, salah satu isi doa kita bahwa kita ingin bahagia? Tapi bagi orang yang mengidap depresi, bahagia tidak semudah itu.

9. Coba deh berhenti sedih

9 Hal yang Tidak Boleh Dikatakan pada Orang Depresi, Harus Diingat!Pinterest

Cukup sering kita mendengar kalimat ini, ditambah dengan ucapan “yang lebih sedih dari kamu banyak”. Pertanyaannya, siapa orang yang mau berlarut-larut dalam kesedihan? Tidak ada. Daripada kamu menyuruh orang berhenti sedih, lebih baik kamu berikan dia dukungan dan pelukan yang membuat dia tenang.

Orang-orang dengan depresi biasanya memiliki pola-pola berpikir yang kacau hingga mereka selalu merasa hidupnya kurang. Mereka merasa bodoh, tidak berharga, tidak pantas hidup di dunia ini, merasa bersalah kepada semua orang, merasa rendah diri, pesimis, dan berbagai pola pikir negatif lainnya.

Jadi, ketika ada temanmu yang mengidap depresi dan mau cerita, dengarkan saja dia dengan tulus ya. Kalau dia meminta pendapatmu, berikanlah pendapat secara umum yang mungkin bisa meningkatkan semangat hidupnya.

Baca Juga: 13 Quote Self-Esteem untuk Lebih Menghargai Diri Sendiri

Hirpan Rosidi Photo Community Writer Hirpan Rosidi

Hirpan Rosidi, laki-laki kelahiran 1997 yang tidak pandai mendeskripsikan dirinya. Karena kemampuan menulisnya dibawah rata-rata, dia memiliki cita-cita yang dimana dia sendiri tidak terlalu berharap cita-citanya bisa terwujud; yaitu disalah satu rak toko buku, di antara buku-buku dari penulis besar itu, terselip satu judul buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya. Berbekal lulusan Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan kecintaannya pada literasi, menjadikannya ingin membangun perpustakaan untuk anak-anak dan warga di kampungnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya