Coklit Data Pemilih di Lotim Sudah Mencapai 90 Persen

Belum tuntas karena ada warga enggan di Coklit 

Lombok Timur, IDN Times - Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 saat ini telah memasuki Pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih. Proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih telah dilakukan oleh petugas dari Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Dalam tahapan pemilu ini, proses Coklit data pemilih dimulai sejak 14 Oktober 2022 sampai 21 Juni 2023. Untuk Lombok Timur, tahapan Coklit yang dilakukan KPU telah mencapai 90 persen. Meskipun sebagian wilayah telah mencapai 100 persen.

1. Hasil Coklit di Lotim mencapai 90 persen 

Coklit Data Pemilih di Lotim Sudah Mencapai 90 PersenKetua KPU Lombok Timur DR Junaidi

Ketua KPU Lombok Timur DR Junaidi mengatakan jumlah pemilih di Lombok Timur yang masuk dalam Daftar  Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 949.962 orang.
Dari total jumlah tersebut 90 persen telah selesai dicoklit, oleh 4008 orang petugas Pantarlih.

"Kita ambil data rata-rata di 4.008 jumlah TPS, hasil Coklit rata-rata telah mencapai 90 persen," jelas Junaidi, Selasa (8/3/23).

Baca Juga: Dispora Lotim akan Cairkan Bonus Atlet Peraih Medali di Porprov NTB

2. Belum tuntas karena terkendala warga enggan di Coklit dan cuaca buruk 

Coklit Data Pemilih di Lotim Sudah Mencapai 90 PersenPetugas Pantarlih saat melakukan Coklit

Sementara itu belum tuntasnya proses Coklit data pemilih ini, karena terkendala sejumlah persoalan, di antaranya karena cuaca buruk serta ada warga yang tidak berkenan untuk dicoklit. Kondisi cuaca yang sering hujan menyebabkan petugas Pantarlih tidak bisa melanjutkan pekerjaannya, terutama di wilayah terpencil.

Hal yang sama juga terjadi ketika warga tidak berkenan untuk di Coklit. Petugas Pantarlih terpaksa tidak melakukan Coklit karena ada penolakan dari warga. Untuk itu, agar tidak ditolak, Junaidi menghimbau kepada petugas Pantarlih, harus bisa membaca situasi warga yang akan dicoklit.

"Untuk mengatasi persoalan ini, kita telah meminta bantuan untuk petugas PPK dan PPS turun membantu petugas Pantarlih, memberikan pencerahan agar mau Coklit," terang Junaidi.

3. Jumlah daftar pemilih diperkirakan tidak jauh dengan data DP4 

Coklit Data Pemilih di Lotim Sudah Mencapai 90 PersenPetugas Pantarlih saat melakukan Coklit

Meskipun hasil Coklit belum tuntas 100 persen, diperkirakan jumlah daftar pemilih  untuk Lombok Timur tidak jauh dari data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang berjumlah 949.962 orang pemilih.

Berdasarkan data DP4 itu, jumlah TPS  telah dibagi menjadi 4008 TPS yang tersebar di 254 desa dan kelurahan dan 21 Kecamatan di Lombok Timur. Jumlah ini meningkat cukup siginifikan jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 lalu yang berjumlah 882.923 orang pemilih.

"Hasil pasti jumlah pemilih ini, belum diketahui, karena untuk memastikan data pemilih ini akan dilakukan setelah coklit tuntas, itupun masih dalam tahapan penetapan Daftar Pemilih Sementara," pungkas Junaidi.

Baca Juga: PPK dan PPS Lombok Timur Keluhkan Honor Belum Dibayar Sejak Dilantik 

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya