Comscore Tracker

Mengenal Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat Tempat Pantai Senggigi

Dua periode menjadi bupati lombok barat

H Fauzan Khalid merupakan Bupati Lombok Barat. Dia lahir di Desa Sandik Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 21 April tahun 1971. Dia merupakan bupati dua periode, yaitu sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Fauzan Khalid mempersunting Hj. Khairatun Munzir dan dikaruniai dua orang anak. Mereka adalah Nadani Ruro Shopia dan Kanzan Paramasidqi.

Sebelum mengemban amanah rakyat Lombok Barat untuk menjadi seorang Bupati, Fauzan Khalid lebih dulu menduduki jabatan sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat periode tahun 2008 sampai tahun 2013.

1. Aktif berorganisasi

Mengenal Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat Tempat Pantai SenggigiThe Pricenton Review

Ketika masih berstatus sebagai mahasiswa, Fauzan muda termasuk golongan giat dalam berbagai organisasi. Keaktifannya dalam berorganisasi semasa muda ternyata menjadi bekal dalam dunia politik saat ini.

Fauzan muda bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat IAIN Sunan Kalijaga. Dia juga merupakan seorang Dewan Pendiri dan Peneliti di Institut Study Krisis dan Perdamaian (inSKRIP). Selain itu juga pernah menjabat Ketua Dewan Kajian Politik NTB.

Baca Juga: Profil Bupati Lombok Tengah yang Daerahnya Punya Sirkuit

2. Riwayat karir

Mengenal Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat Tempat Pantai SenggigiInternet

Fauzan menyelesaikan studinya hingga pascasarjana. Fauzan juga sempat menjadi dosen FISIP di Universitas Muhammadiyah Mataram. Tak hanya itu, dia juga mengajar di Fakultas Hukum Universitas 45 Mataram.

Fauzan ternyata juga pernah menjadi Ketua Jaringan Radio Komunitas (JRK), lalu menjadi Wakil Ketua Koalisi Lombok Barat Sehat. Dia juga aktif sebagai anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) NTB sampai saat ini.

3. Fokus maksimalkan potensi daerah

Mengenal Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat Tempat Pantai SenggigiIlustrasi. Sejumlah anak bermain bola voli di Pantai Karangantu menjelang matahari tenggelam (sunset), Kasemen, Serang, Minggu (2/8/2020) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pada kepemimpinan Fauzan, Kabupaten Lombok Barat banyak berbenah. Selain dari sector pertanian, daerah ini juga fokus mengembangkan sektor pariwisata.

Banyak inovasi yang dilakukan oleh Fauzan, terutama pada bidang pariwisata. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sedang gencar melakukan promosi wisata dengan tagar #AyokembalikeSenggigi. Meski sempat sepi akibat pandemik, perlahan pariwisata Lombok Barat berangsur pulih.

Baca Juga: Ini Tempat-tempat Menginap Murah di Lombok Utara

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya