Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di Lombok

Tempat tenggelamnya putri mandalika

Lombok Tengah, IDN Times - Pantai Seger berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pantai ini juga masih ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Pantai ini dikenal dengan keindahannya dengan legenda yang ada di dalamnya.

Pantai ini memiliki keunikan dari hamparan pasir putih dengan perpaduan bukit yang mengitari pantai seger. Pantai ini masih sangat terjaga dan terawatt, sehingga ini menjadi salah satu tujuan wisatawan. 

Selain keindahan pantainya, terdapat cerita rakyat yang melegenda di pantai ini. Cerita itu tentang legenda Putri Mandalika yang kini dianggap menjelma sebagai nyale atau cacing laut.

1. Ada patung putri mandalika di pantai seger

Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di LombokPatung Putri Mandalika atau Putri Nyale di Pantai Seger, Mandalika, Lombok (IDN Times/Sunariyah)

Jika berkunjung ke Pantai Seger akan disambut dengan deretan patung yang terdapat di pinggir pantai sebelah utara. Patung-patung yang menggambarkan seorang putri yang ingin membebaskan diri dari tiga laki-laki. 

Konon patung ini menggambarkan mengenai legenda Putri Mandalika. Masyarakat setempat  meyakini bahwa lokasi tempat Putri Mandalika menenggelamkan diri yaitu di pantai Seger. Dari legenda ini, masyarakat masih melestarikannya melalui festival Bau Nyale. 

2. Ritual bau nyale di pantai seger

Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di LombokPerayaan tradisi Bau Nyale (wisatadilombok.com)

Hamparan pasir putih dan deburan ombak itu sudah sangat sering dijumpai ketika berada di pantai. Tetapi Pantai Seger memiliki ciri khas lain yaitu ritual bau nyale. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat  ritual Bau Nyale yang diadakan di Pantai Seger ini.

Biasanya ritual bau nyale diadakan pada bulan Februari sampai Maret. Alasan ritual ini diadakan karena masyarakat setempat percaya bahwa cacing laut merupakan jelmaan dari Putri Mandalika. Ritual bau nyale sudah berlangsung sejak lama. 

Baca Juga: Legenda Putri Mandalika di Lombok, Rela Berkorban demi Kedamaian 

3. Ada bukit seperti batu karang

Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di LombokTrippandemic

Pemandangan pada siang hari membuat warna  pantai memiliki keunikan tersendiri, serta udara pantai yang sejuk. Dapat dinikmati sembari menunggu matahari terbenam. Ini akan membuat para wisatawan dapat merasakan keindahan dari Pantai Seger. 

Terdapat bukit dengan bentuk seperti terumbu karang. Ketika berada di bukit tersebut ,wisatawan dapat pula melihat Batu Tengkong ketika air di pantai surut. 

Sama dengan pantai umumnya, tentunya kegiatan yang dapat dilakukan ketika berada di pantai yaitu berupa berenang, berselancar, snorkeling, ataupun bermain pasir dengan teman ataupun keluarga. 

Keindahaan yang disajikan pantai seger ini, dapat membuat merasa senang ketika berdiam diri dengan mendengarkan deburan ombak yang menerpa batu karang.

4. Fasilitas di pantai seger

Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di Lombokinstagram.com/dediclassic/

Pantai Seger merupakan wisata yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Untuk menambah daya tarik di Pantai Seger, masyarakat setempat dan pemerintah menyediakan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung ketika berada di pantai ini. 

Di Pantai Seger tersedia penginapan berupa hotel. Sehingga jika para pengunjung memiliki keinginan untuk menginap tidak akan bingung untuk tidur karena sudah adahotel yang sangat nyaman. 

Selain penginapan, terdapat pula fasilitas lainnya berupa kafe yang menyajikan beberapa minuman yang dapat pengunjung nikmati. Terdapat pula fasilitas wahana bermain, dan toilet umum. 

Dengan fasilitas yang sudah terbilang lengkap, banyak pengunjung yang berdatangan ke pantai ini. Harga tiket masuk ke pantai ini terbilang murah. 

5. Harga tiket dan waktu buka pantai seger

Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di Lombokistimewa

Pantai Seger buka 24 jam, jadi para pengunjung dapat menikmati pantai ini dengan sepuasnya, harga tiket untuk masuk pantai ini sangat murah, yaitu berkisar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000

Harga ini dapat berubah kapanpun tergantung pengelolaan wisata. Perlu diingat harga ini  hanya untuk masuk ke pantai Seger saja, belum termasuk dengan penginapan dan fasilitas lainnya. 

6. Rute menuju pantai seger

Legenda Tersembunyi di Pantai Seger yang Ada di Lombokinstagram.com/pantaibirukersik

Pantai Seger merupakan pantai yang terletak di Desa Kuta Kecamatan Pujut, Kabupatnen Lombok Tengah. Rute yang dilalui pengunjung ketika ingin menuju Pantai Seger, jika melalui bandara maka akan memakan waktu sekitar 30 menit untuk sampai pada tujuan. 

Jika perjalanan dimulai dari kota Mataram akan membutuhkan waktu 1 jam untuk menuju pantai seger dengan jarak tempuh sekitar 60 km.

Baca Juga: 10 Potret  Keindahan Sirkuit Pertamina Mandalika dari Bukit Seger

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya