11 Puskesmas di Kota Mataram Tetap Buka Selama Libur Lebaran

Masyarakat tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan

Mataram, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyebutkan bahwa pelayanan kesehatan di 11 puskesmas di daerah itu tetap buka selama libur dan cuti bersama Idulfitri 1444 Hijriah. Sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kita pastikan, layanan kesehatan di puskesmas tetap buka saat libur dan cuti bersama Idulfitri 1444 Hijriah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram dr Usman Hadi seperti diberitakan Antara pada Selasa (18/4/2023).

1. UGD buka 24 jam

11 Puskesmas di Kota Mataram Tetap Buka Selama Libur Lebaranilustrasi UGD (pexels.com/Pixabay)

Layanan yang buka adalah khusus untuk layanan di unit gawat darurat (UGD) buka 24 jam, dengan pengaturan petugas medis termasuk dokter secara bergantian atau sif.

"Kondisi ini sudah rutin kita lakukan, jadi tidak ada masalah meskipun tahun ini libur dan cuti bersama Lebaran termasuk panjang yakni 19-26 April 2023 ," katanya.

Terkait dengan itu, Usman meminta kepada masyarakat ketika mengalami gangguan kesehatan selama libur dan cuti bersama tidak ragu datang ke puskesmas terdekat di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Pemkot Mataram Larang Pejabat Mudik Pakai Mobil Dinas 

2. Stok obat cukup

11 Puskesmas di Kota Mataram Tetap Buka Selama Libur Lebaranilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Tim medis yang disiagakan di puskesmas siap melayani masyarakat secara optimal dan gratis. Ia mengatakan stok obat-obatan di 11 puskesmas di daerah tersebut sejauh ini mencukupi, bahkan hingga Juli 2024.

"Jika pasien membutuhkan tindakan lebih lanjut, puskesmas akan memberikan rujukan penanganan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan obat-obatan di puskesmas," katanya.

3. Masyarakat tetap dilayani

11 Puskesmas di Kota Mataram Tetap Buka Selama Libur Lebaranilustrasi konsultasi dengan dokter (freepik.com/pressfoto)

Wali Kota Mataram Mohan Roliskana pada kesempatan sebelumnya, mengingatkan pelayanan dasar kesehatan di 11 puskesmas dan RSUD Kota Mataram harus tetap buka saat libur dan cuti bersama Lebaran 2023.

"Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan bisa tetap terlayani secara maksimal," katanya

Baca Juga: Warga Mataram Diimbau Laporkan Rumahnya Jika Ditinggal Mudik Lebaran

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya