Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 846 BLK Komunitas di Lombok 

Wapres minta bukan hanya kuantitas tapi juga kualitas

Lombok Tengah, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma'ruf Amin meresmikan 846 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas secara nasional tahun 2023 di Pondok Pesantren Manhalul Ma'arif Nahdlatul Ulama, Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wapres meresmikan ratusan BLK Komunitas di Tanah Air itu tepat pukul 11.34 Wita. Ia didampingi Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Turut hadir Istri Wapres RI Wuri Ma'ruf Amin dan Istri Gubernur NTB Niken Saptarini Zulkieflimansyah.

1. BLK Komunitas harus berkualitas

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 846 BLK Komunitas di Lombok IDN Times/Galih Persiana

Wapres mengatakan untuk memastikan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan puny kapabilitas. Maka diperlukan pemanfaatan penguatan dan perluasan pelatihan vokasi melalui BLK Komunitas

Ia memberi masukan agar BLK Komunitas bukan saja kuantitasnya tetapi juga harus berkualitas. Serta mampu berkompetisi di pasar dunia secara global dan juga harus selaras dengan kebutuhan dan potensi daerah setempat.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Lombok Tengah, Satu Pengendara Motor Tewas 

2. BLK Komunitas bergerak bersama masyarakat siapkan tenaga kerja

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 846 BLK Komunitas di Lombok Menaker RI Ida Fauziyah. (dok. Kemnaker)

Menaker Ida Fauziah bahwa sektor ekonomi Indonesia semakin membaik. Hal ini tentunya diikuti oleh permintaan tenaga kerja semakin banyak yang berbasis kompetensi kerja sesuai kebutuhan pasar kerja

Perlunya pelatihan vokasi untuk bisa menaikkan SDM tenaga kerja. Sampai tahun 2022, sudah terbangun 3.757 Lembaga yang bertujuan untuk menjamin link and match terserapnya tenaga kerja yang berkompeten.

"Inilah saatnya BLK Komunitas akan bergerak bersama-sama masyarakat untuk dapat menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai sesuai pasar kerja termasuk di kawasan Mandalika Lombok Tengah," kata Ida.

3. Gubernur NTB minta TKI diberangkatkan bersama keluarga ke luar negeri

Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 846 BLK Komunitas di Lombok Gubernur NTB Zulkieflimansyah (Dok. Diskominfotik NTB)

Pengelola BLK Komunitas asal Kendal Jawa Tengah, Saiful Hadi berharap agar bangunan BLK Komunitas yang diresmikan oleh Wapres dapat dimanfaatkan. Serta bisa menampung anak-anak muda yang mau berjaya dan berkhidmat untuk bangsa ini. Saiful Hadi merupakan tenaga teknis pembangunan BLK Komunitas di Indonesia.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mendorong agar TKI dari NTB agar bisa diberangkatkan bersama keluarganya ke luar negeri. Sehingga semua bisa maksimal dan biaya hidup juga lebih murah dan pastinya bina keluarga juga lebih terjamin.

Usai meresmikan 846 BLK Komunitas secara nasional di Pondok Pesantren Manhalul Ma'arif Nahdlatul Ulama, Desa Darek, Lombok Tengah, Wapres kemudian salat Jumat di masjid setempat. Kemudian berangkat ke Bandara Internasional Lombok untuk kembali ke Jakarta.

Baca Juga: 25 Ribu Pengunjung Diperkirakan Ramaikan Event Bau Nyale di Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya