Satu CJH NTB Asal Lotim Tertunda Keberangkatan karena Suspek Hipotema 

Jemaah tetap diberangkatkan setelah ada rekomendasi medis

Mataram, IDN Times - Satu orang calon jemaah haji (CJH) kloter 1 Embarkasi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) asal Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci pada Rabu (7/6/2023) karena didiagnosis suspek hipotema atau kanker hati. CJH asal Lotim itu atas nama Suparman dan saat ini sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

"Ada satu jemaah atas nama Suparman, yang tertunda keberangkatan, karena suspek hipotema. Itu sedang perawatan di rumah sakit," kata Kepala Kanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz di Asrama Haji NTB, Selasa (6/6/2023).

1. Akan diberangkatkan di kloter berikutnya setelah ada rekomendasi tim medis

Satu CJH NTB Asal Lotim Tertunda Keberangkatan karena Suspek Hipotema Kepala Kanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Zamroni menjelaskan satu CJH asal Lotim itu akan tetap diberangkatkan ke Tanah Suci selah adanya rekomendasi dari petugas medis. Pihaknya sudah melakukan antisipasi untuk pengganti CJH kloter 1 Embarkasi Lombok yang tertunda keberangkatannya tersebut. Dimana, jemaah yang bersangkutan diganti CJH asal Lotim atas nama Ahmad Dahlan.

"Nantinya jamaah yang tertunda hari ini, karena belum ada rekomendaai dari tim medis, akan berangkat di kloter berikut. Karena tim medis yang lebih memahami kondisi jamaah tersebut. Kepada masyarakat, ini bukan tidak diberangkatkan, tapi ditunda pada kloter berikutnya. Tentu dengan persyaratan kesehatan yang ketat," terang Zamroni.

Baca Juga: Kabar Baik! NTB Dapat Kuota Tambahan 430 Jemaah Haji 2023 

2. 388 CJH kloter 1 Embarkasi Lombok sudah masuk Asrama Haji NTB

Satu CJH NTB Asal Lotim Tertunda Keberangkatan karena Suspek Hipotema Ilustrasi jemaah haji. (dok. Angkasa Pura I)

Pada Selasa (6/6/2023), sebanyak 388 CJH kloter 1 Embarkasi Lombok telah masuk ke Asrama Haji NTB di Jalan Lingkar Selatan, Kota Mataram. Mereka didampingi sebanyak 5 orang petugas haji. CJH NTB Kloter 1 berasal dari Lotim. Di antara para jemaah, ada Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah beserta suami yang ikut sebagai jemaah reguler kloter Embarkasi Lombok.

CJH NTB Kloter 1 Embarkasi Lombok akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Lombok langsung menuju Madinah, Arab Saudi pada Rabu (7/6/2023) pukul 02.00 Wita, dini hari. "Kami mendoakan jemaah kita, kloter pertama dari Lotim ini, diberikan kesehatan, keafiatan dan tentu sampai ke Tanah Suci dengan selamat. Harapan kita dari Tanah Suci kembali ke Tanah Air lagi mendapat haji yang mabrur," harap Zamroni.

3. Dua CJH lansia umur 93 tahun dan 91 tahun

Satu CJH NTB Asal Lotim Tertunda Keberangkatan karena Suspek Hipotema Suasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Dalam kloter 1 Embarkasi Lombok, kata Zamroni, ada dua CJH lansia atas na Muhammad Afifuddin (93) dan Inaq Rimintang (91). Selain itu, ada 5 CJH yang menggunakan kursi roda. Pemerintah memperbolehkan jemaah membawa kuri roda dan petugas akan mendampingi.

"Kami punya komitmen bagaimana melayani jemaah di NTB, sesuai jargon haji ramah lansia," ucapnya.

Dalam pelaksanaan ibadah haji 2023, Menteri Agama telah meminta supaya tidak terlalu banyak kegiatan seremonial. Tujuannya, supaya jemaah haji tidak kelelahan.

"Makanya kami tidak buat rundown di luar jadwal yang kami sepakati dengan maskapai. Dini hari nanti, insyaallah akan dilepas Gubernur jam 2 dini hari. Jadi tidak ada pengumpulan jemaah yang bisa mengganggu dan membuat jemaah kurang istirahat," tandas Zamroni.

Baca Juga: Dispar NTB Setuju Jumlah Sepeda Listrik Dibatasi di Gili Trawangan 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya