Pendaki Asal Lombok Timur Meninggal Usai Terjepit di Gua Susu Rinjani

 Korban mendaki bersama rombongan sebanyak 11 orang

Mataram, IDN Times - Seorang pendaki pilgrim atau peziarah asal Dusun Reban Tumben, Desa Sukadana, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) inisial LMH (59) meninggal dunia di Gua Susu setelah terjepit. Gua ini berada di Jalur Pendakian Torean Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Selasa (31/10/2023).

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) menerima laporan dari Kepala Resort Torean SPTN Wilayah I TNGR dan Tim Medis Edelweiss Medical Health Center (EMHC) pada Selasa (31/10/2023) pukul 23.18 WITA. Dilaporkan bahwa ada pendaki yang meninggal di lokasi Gua Susu Jalur Wisata Pendakian Torean TNGR.

1. Korban mendaki bersama rombongan sebanyak 11 orang

Pendaki Asal Lombok Timur Meninggal Usai Terjepit di Gua Susu RinjaniEvakuasi pendaki yang meninggal di Goa Susu Gunung Rinjani. (dok. BTNGR)

Kepala BTNGR Dedy Asriady menjelaskan korban merupakan rombongan pendaki peziarah yang naik pada Senin, 30 Oktober 2023 melalui pintu Jalur Wisata Pendakian Senaru SPTN Wilayah I TNGR. Korban mendaki dengan jumlah peserta rombongan sebanyak 11 orang.

"Hari Rabu, 1 November pukul 00.28 WITA, tim evakuasi langsung berangkat dengan jumlah personel 7 orang porter dan 1 orang tenaga medis," kata Dedy, Kamis (2/11/2023).

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Pesawat AirAsia Rute Denpasar - Kupang

2. Korban terjepit di dalam lubang sempit areal Gua Susu

Pendaki Asal Lombok Timur Meninggal Usai Terjepit di Gua Susu RinjaniKepala BTNGR Dedy Asriady. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Karena situasi sudah larut malam, tim evakuasi memutuskan istirahat di Pos Birisan Nangka. Tim evakuasi baru melanjutkan proses evakuasi pada pagi hari pukul 06.15 WITA, langsung menuju Gua Susu.

Pada pukul 11.00 WITA, tim tiba di lokasi Gua Susu, dan mencoba untuk melakukan upaya evakuasi terhadap jenazah korban yang terjepit di dalam lubang sempit areal Gua Susu. Akan tetapi, tim evakuasi kesulitan untuk mengeluarkan jenazah korban.

Sehingga tindakan lebih lanjutnya, menunggu bantuan dari Tim SAR Lombok Timur yang memiliki alat dan teknis untuk mengeluarkan jenazah korban yang terjepit di Gua Susu. Pada saat itu, posisi Tim SAR Lombok Timur masih di Pelawangan Sembalun.

3. Jenazah korban dievakuasi ke Puskesmas Senaru

Pendaki Asal Lombok Timur Meninggal Usai Terjepit di Gua Susu RinjaniGunung Rinjani di Lombk (IDN Times/Sunariyah)

Dedy menambahkan pada pukul 17.05 WITA, Tim SAR Lombok Timur sampai di lokasi Gua Susu. Mereka langsung melakukan upaya mengeluarkan jenazah korban yang terjepit di dalam areal Gua Susu.

Atas bantuan para pihak dan kerja sama seluruh tim, jenazah korban dapat dikeluarkan dan langsung dilakukan proses evakuasi menuju pintu Jalur Wisata Pendakian Torean. Sekitar pukul 22.35 WITA, tim evakuasi tiba di Pos Birisan Nangka.

Kemudian pada Kamis (2/11/2023), tim evakuasi melaporkan bahwa jenazah korban sudah tiba di Puskesmas Senaru untuk dilakukan pemeriksaan. Selanjutnya dilaksanakan serah terima jenazah dari pihak BTNGR kepada Keluarga korban.

Baca Juga: Jadwal Kapal Rute Lombok-Banyuwangi pada Kamis 2 November 2023

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya