Pembalap Crash, Lintasan Sirkuit Mandalika Sedikit Kotor dan Licin 

MGPA sebut tidak ada lagi bumpy di tikungan dan trek lurus

Lombok Tengah, IDN Times - Sesi latihan bebas pertama dan kedua atau FP1 dan FP2 World Superbike (WSBK) Mandalika secara umum berjalan lancar. Meskipun ada sejumlah pembalap WSBK yang mengalami kecelakaan atau crash di sesi FP2, Jumat (11/11/2022) dan dikibarkan bendera merah atau red flag sebanyak dua kali.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan red flag dua kali pada sesi FP2 WSBK Mandalika merupakan sesuatu yang normal. Balapan hanya dihentikan sementara, kemudian dilanjutkan kembali.

"Saya keliling ke 5 sampai 6 pembalap dan manajernya. Saya ngomong serta menanyakan sirkuit ini. Menurut mereka untuk sirkuit yang treknya jadi baru selesai diaspal ulang 2 minggu yang lalu, cukup bagus," kata Priandhi.

1. Sirkuit sedikit kotor dan licin

Pembalap Crash, Lintasan Sirkuit Mandalika Sedikit Kotor dan Licin Sirkuit Mandalika setelah dilakukan aspal ulang beberapa waktu lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dari sisi pengerjaan track improvement Sirkuit Mandalika yang tuntaskan dikerjakan 25 Oktober lalu, kata Priandhi, sangat bagus. Karena tidak ada lagi lintasan yang bumpy atau bergelombang di tikungan dan trek lurus.

Berbeda dengan sebelumnya, ada lintasan yang bumpy di beberapa tikungan. Sehingga ketika pembalap melaju di tikungan tersebut, mereka crash.

Kondisi lintasan Sirkuit Mandalika saat ini, lanjut Priandhi, jauh lebih bagus dari sebelumnya. Meskipun ada sejumlah pembalap yang crash pada hari pertama WSBK Mandalika 2022.

"Cuma karena ini aspalnya baru, sirkuit ini sedikit kotor dan di beberapa bagian licin. Itu menurut mereka normal dan hanya butuh sering-sering dilewati kendaraan motor atau mobil," ungkapnya.

Baca Juga: Bautista Salip Toprak Jadi Pembalap Tercepat FP2 WSBK Mandalika  

2. Tidak ada perbaikan khusus

Pembalap Crash, Lintasan Sirkuit Mandalika Sedikit Kotor dan Licin Motor pembalap masuk paddock saat FP1 WSBK Mandalika, Jumat (11/11/2022). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Menjelang race 1 WSBK Mandalika pada Sabtu (12/11/2022) hari ini, kata Priandhi, tidak ada perbaikan khusus Sirkuit Mandalika. Para pembalap memutuskan tidak mau dilakukan apapun.

Pada Sabtu (12/11/2022) hari ini, diharapkan kondisi lintasan jauh lebih bagus dari kemarin. "Karena sudah dilewati banyak pembalap. Tidak ada perbaikan khusus," tandasnya.

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika telah dilakukan track improvement yang tuntas pada tanggal 25 Oktober 2022. Meliputi pelebaran runoff di 7 tikungan (T1, T10, T11, T12, T13, T16, and T17), perubahan kerb biasa menjadi kerb misano (T5 and T6), serta perbaikan/peningkatan kualitas aspal track sepanjang 250 meter. Sementara dari sisi non-race yaitu traffic management dan crowd control juga telah dipersiapkan dengan lebih baik.

3. Tiga pembalap WSBK crash

Pembalap Crash, Lintasan Sirkuit Mandalika Sedikit Kotor dan Licin Iker Lecuona saat mengalami crash pada sesi FP2 WSBK Mandalika. (Twitter.com/@WorldSBK)

Pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista berhasil menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas kedua atau free practice (FP2) World Superbike (WSBK) Mandalika, Jumat (11/11/2022). Bautista berhasil menyalip pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu dengan catatan waktu 1 menit 33,626 detik.

Toprak berada di posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 34,088 detik. Atau catatan waktu Toprak terpaut 0,462 detik dari Alvaro Bautista. Sementara itu, pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea berhasil memperbaiki posisi pada FP2 WSBK Mandalika.

Sebelumnya, dalam sesi FP1 WSBK Mandalika, Rea berada pada posisi kedelapan dengan catatan waktu 1 menit 37,965 detik. Pada sesi FP2 WSBK Mandalika, Rea naik ke posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 34,595 detik. Meskipun ia hampir juga mengalami kecelakaan atau crash di tikungan 3 Sirkuit Mandalika.

Sebanyak tiga pembalap mengalami crash dalam sesi latihan bebas kedua atau Free Practice (FP) 2 World Superbike (WSBK) Mandalika, Jumat (11/11/2022). Akibatnya, dua kali Marshal mengibarkan bendera merah (red flag) dan pembalap kembali ke pit.
FP2 WSBK Mandalika dimulai pukul 13.00 - 13.45 Wita. Tiga pembalap yang mengalami crash pada FP2 WSBK Mandalika, yaitu Pembalap MIE Racing Honda Team, Hafiz Syahrin. Kemudian pembalap Team Honda Racing (HRC), Iker Lecuona.

Pembalap MIE Racing Honda Team, Hafiz Syahrin lebih dulu mengalami crash di tikungan 8. Sedangkan Iker Lecuona crash di tikungan 4 Sirkuit Mandalika. Sebanyak, dua kali dikibarkan red flag.

Baca Juga: Catat Sejarah, WSBK Mandalika 2022 Jadi Balapan ke-900 di Dunia 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya