Kapal Cepat Layani Rute Senggigi-Padangbai dengan Waktu 1,5 Jam

Hidupkan kawasan pariwisata Senggigi Lombok

Lombok Barat, IDN Times - Operator kapal cepat, Ostina Fast Boat mulai membuka rute pelayaran dari Senggigi Lombok Barat-Padangbai Bali pada Sabtu (22/7/2023). Akses transportasi laut guna memudahkan akses wisatawan menikmati keindahan Senggigi Lombok Barat di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kapal cepat hanya butuh waktu tempuh 1,5 jam pelayaran rute Senggigi-Padangbai setiap pukul 13.00 Wita. Rute ini terbilang jauh lebih cepat dibandingkan layanan kapal feri dari Pelabuhan Lembar-Padangbai yang membutuhkan waktu tempuh 4 jam.

"Jarak tempuh 1,5 jam dari Senggigi ke Bali. Ini angkutan alternatif bagi wisatawan mancanegara dan domestik," kata Wakil Ketua Asosiasi Kapal Cepat Indonesia (Akacindo) Sugianto Setiawan kepada IDN Times, Sabtu (22/7/2023).

1. Dapat mengangkut ratusan wisatawan

Kapal Cepat Layani Rute Senggigi-Padangbai dengan Waktu 1,5 JamWisatawan menikmati sunset di Pantai Senggigi Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sugianto mengatakan, kapal cepat ini memiliki kapasitas tampung 115 penumpang dengan harga tiket Rp375 ribu per orang. Dengan beroperasinya layanan kapal cepat ini diharapkan pariwisata Senggigi kembali hidup seperti beberapa tahun lalu.

"Transportasi laut ini sempat vakum karena terjadi gempa bumi Lombok pada 2018, karena dermaga belum dibenahi, kapal yang tak bisa menyandar. Sekarang Dermaga Senggigi sudah dibenahi, sehingga kapal cepat bisa sandar," tuturnya.

Baca Juga: Ribuan Wisatawan Asing Kunjungi Gili Trawangan di Lombok Utara

2. Juga layani Padangbai-Gili Trawangan

Kapal Cepat Layani Rute Senggigi-Padangbai dengan Waktu 1,5 JamPelabuhan Senggigi Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain itu, Sugianto mengaku tetap melayani pelayaran rute Padangbai-Gili Trawangan di Lombok Utara. Pihaknya mengoperasikan dua kapal cepat untuk melayani rute Padangbai - Gili Trawangan dan Senggigi - Padangbai.

Ke depan, lanjut Sugianto, tidak menutup kemungkinan ada penambahan armada untuk melayani rute tersebut disesuaikan dengan permintaan masyarakat.

"Tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa kapal lagi nanti masuk kalau demand meningkat. Kita juga kerja sama dengan Destination Management Organitation (DMO) Kawasan Senggigi Lombok Barat," tuturnya.

3. Rute Senggigi - Padangbai juga dilayani kapal cepat Eka Jaya

Kapal Cepat Layani Rute Senggigi-Padangbai dengan Waktu 1,5 JamPenyewaan kano di Pantai Senggigi Lombok Barat. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Sebelumnya, pada 23 Juni 2022 lalu, kapal cepat Eka Jaya juga sudah membuka rute Padangbai-Senggigi. Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid mengatakan dengan beroperasinya kapal cepat tersebut diharapkan dapat memberikan alternatif baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Lombok Barat.

Selain itu juga merupakan upaya untuk mempercepat pengembangan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat khususnya Senggigi dan destinasi lainnya dengan semakin ramainya pengunjung. Dengan adanya akses masuk dari Bali ke Lombok Barat dengan waktu yang lebih cepat yakni sekitar 1 jam dapat memberikan alternatif baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke Lombok Barat.

Baca Juga: Sumbawa Bisa Kaya Raya, Produksi Perikanan Teluk Saleh Rp15,1 Triliun 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya