Jelang KTT G20, Penjagaan di Pelabuhan Lembar Lombok Diperketat  

Antisipasi barang berbahaya dan terlarang

Lombok Barat, IDN Times - Menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, aparat keamanan dari TNI/Polri memperketat penjagaan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (31/10/2022). Diperketatnya penjagaan di Pelabuhan Lembar dalam rangka kegiatan imbangan pengamanan G20 di Bali.

Kegiatan dilaksanakan Polres Lombok Barat yang tergabung Posko Ops Puri Agung 2022, bersama personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar dan personel TNI Angkatan Darat (AD). Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu Irvan Surahman mengatakan kegiatan imbangan melalui Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) Pra Ops Puri Agung 2022.

“Dalam rangka pengamanan G20 di Bali, pelaksanaannya meliputi di toll gate Pelabuhan PT ASDP Lembar, dan pada aktivitas bongkaran kapal,” kata Irvan.

1. Periksa identitas dan barang muatan kendaraan

Jelang KTT G20, Penjagaan di Pelabuhan Lembar Lombok Diperketat  Polisi periksa barang bawaan penumpang yang berada di dalam bus. (dok. Polres Lombok Barat)

Pada toll gate Pelabuhan PT ASDP Lembar, aparat melaksanakan pemeriksaan identitas diri dari pengguna jasa serta pemeriksaan surat-surat kendaraan. Kemudian melaksanakan pemeriksaan barang muatan kendaraan.

Pemeriksan protokol COVID–19 sesuai dengan ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemik.Selain melakukan kegiatan di toll gate, juga melakukan serangkaian kegiatan pengamanan di pintu keluar Pelabuhan PT ASDP Lembar.

“Cara bertindaknya sama, melakukan pemeriksaan, dan hasilnya semua Pelaku Perjalanan dalam negeri (PPDN) melengkapinya dengan dokumen. Baik pengguna roda dua maupun roda empat melengkapinya dengan dengan Surat kendaraan (SIM dan STNK) dan Surat Keterangan Sertifikat Vaksin lengkap,” terangnya.

Baca Juga: Tiga Pria ini Curi Sepeda Motor Wisatawan Asing di Mandalika Lombok

2. Antisipasi masuknya barang terlarang dan bahan peledak

Jelang KTT G20, Penjagaan di Pelabuhan Lembar Lombok Diperketat  Pemeriksaan identitas dan muatan kendaraan di Pelabuhan Lembar. (dok. Polres Lombok Barat)

Dalam pemeriksaan barang bawaan ini, kata Irvan untuk mengantisipasi masuk atau keluarnya barang-barang berbahaya maupun terlarang lainnya. Seperti senjata tajam, senjata api, bahan peladak dan barang terlarang lainnya seperti narkoba.

Sampai saat ini, katanya, situasi di area Pelabuhan Lembar Lombok Barat masih dalam keadaan landai. Aktivitas di pelabuhan juga masih berjalan normal. Namun demikian, upaya pencegahan tetap dilakukan secara humanis kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa penyeberangan.

3. Bandara Lombok jadi tempat parkir pesawat delegasi G20

Jelang KTT G20, Penjagaan di Pelabuhan Lembar Lombok Diperketat  Manajer Humas PT Angkasa Pura I BIZAM Lombok Arif Haryanto (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pengelola Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok telah mendapatkan konfirmasi bahwa ada pesawat delegasi KTT G20 di Bali yang akan parkir di Lombok. BIZAM Lombok menyiapkan 4 tempat parkir pesawat untuk delegasi G20, namun informasi sementara baru satu pesawat delegasi G20 yang akan parkir di BIZAM Lombok.

"Betul, Bandara Inyernasional Lombok dipakai untuk parkir pesawat delegasi G20. Cuma ada satu pesawat yang parkir di Lombok, informasi sementara," kata Manajer Humas PT. Angkasa Pura (AP) I BIZAM Lombok, Arif Haryanto.

Arif mengatakan masih menunggu informasi lebih lanjut mengenai pesawat delegasi G20 yang akan parkir di BIZAM. Namun, pada 12 - 18 November, BIZAM Lombok akan beroperasi selama 24 jam sesuai instruksi Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: 12 Hari Jelang WSBK Mandalika, Baru 18.500 Tiket yang Terjual

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya