Harry Tanoe Targetkan Elektabilitas Perindo Tembus 10 Persen

NTB diharapkan jadi basis suara Perindo

Mataram, IDN Times - Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Harry Tanoesoedibjo menargetkan elektabilitas Perindo dapat menembus 8 - 10 persen di awal kuartal IV tahun 2023. Hasil survei terbaru yang dilakukan Political Weather Stations (PWS), kata Harry Tanoe, elektabilitas Perindo sebesar 5 persen.

Elektabilitas Perindo berada di papan tengah bersama Nasdem, PKB dan PKS. Pada kuartal II 2023 yaitu bulan April - Juni, elektabilitas Perindo ditargetkan menembus angka 6 - 7 persen.

"Makanya sekarang ini dilakukan serentak penguatan mesin partai, program partai dan bacaleh-bacaleg yang punya basis kuat di masyarakat. Dengan harapan nanti April - Juni meningkat sampai 6 - 7 persen. Memasuki semester II, mudahan-mudahan awal kuartal IV sudah bisa 8 - 10 persen, target kita," kata Harry Tanoe usai pelantikan pengurus DPW dan DPD Perindo se-NTB di Mataram, Sabtu (18/3/2023).

1. Perkuat mesin partai

Harry Tanoe Targetkan Elektabilitas Perindo Tembus 10 PersenPelantikan pengurus DPW dan DPD Perindo se-NTB di Mataram, Sabtu (18/3/2023) dihadiri Gubernur NTB Zulkieflimansyah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pelantikan pengurus DPW dan DPD Perindo se-NTB dan organisasi sayap Partai Perindo NTB, kata Harry Tanoe merupakan bagian dari upaya mengejar target tersebut. Jika mesin partai tidak kuat, meskipun programnya banyak maka akan sulit untuk memperoleh suara yang banyak.

Mesin partai tidak boleh hanya kuat di tingkat DPP, tetapi mesin partai di provinsi dan kabupaten/kota juga harus kuat. Bahkan, mesin partai harus kuat sampai tingkat kecamatan, desa dan kelurahan.

"Untuk mencapai sasaran dua digit perolehan kursi di DPR RI, provinsi dan kabupaten/kota, saya pesankan merekrut bacaleh-bacaleg yang sudah punya basis massa dan disukai masyarakat. Supaya ngangkatnya, dan mereka bagian dari sosialisasi pengenalan partai secara keseluruhan termasuk program-programnya ke bawah," terangnya.

Baca Juga: Kak Wawan Kampanyekan Setop Kekerasan pada Anak Lewat Mendongeng 

2. NTB diharapkan jadi basis suara Perindo

Harry Tanoe Targetkan Elektabilitas Perindo Tembus 10 PersenKader Partai Perindo NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Harry Tanoe berharap NTB menjadi basis suara Partai Perindo. Apalagi, Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo TGH. M. Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) merupakan orang yang berpengaruh di NTB.

Selain itu, ia juga pernah menjadi Gubernur NTB selama dua periode. "Kalau NTB kita gak ikut campur, sudah itu ranah beliau (TGB), sudah bagus. Kita tahu beliau sangat dihormati di NTB, mantan kepala daerah dua periode. Mudah-mudahan NTB akan menjadi basis suara besar bagi Partai Perindo," harapnya.

3. Soal Pilpres 2024, Perindo ikut arahan Jokowi

Harry Tanoe Targetkan Elektabilitas Perindo Tembus 10 PersenPresiden Jokowi di HUT ke-8 Partai Perindo (IDN Times/Ilman)

Ditanya mengenai koalisi Pilpres 2024, Harry Tanoe mengatakan Perindo akan ikut arahan Presiden Jokowi. Karena menurutnya, harus ada keberlanjutan program-program yang sudah ada.

"Jangan sampai kita memulai dari nol lagi, kapan kita majunya, kasian rakyat," ucapnya.

Namun untuk saat ini, pihaknya masih fokus melakukan penguatan di internal partai. Dikatakan, saat ini masih terlalu dini untuk bicara soal calon presiden.

"Kita gadang-gadang calon presiden sementara partai perlu perbaikan, perlu penguatan. Saya rasa itu kurang pas. Jadi partai harus diperkuat dulu mesinnya, bacalegnya, baru nanti masuk ke sana," tandasnya.

Baca Juga: Gubernur NTB Usulkan BRIN Jadi Kementerian Ristek

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya