Harga Tiket Pesawat ke Lombok Melonjak Jelang MXGP dan Libur Panjang

Pemprov NTB ajukan penambahan jumlah penerbangan

Mataram, IDN Times - Menjelang perhelatan kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Lombok dan libur panjang (long weekend) Hari Raya Idul Adha 1444 H, harga tiket pesawat ke Lombok melonjak cukup tinggi. Untuk itu, Pemprov NTB sedang mengajukan permintaan penambahan penerbangan atau extra flight ke Lombok, baik rute Jakarta - Lombok maupun Bali - Lombok.

"Jadi harga tiket pesawat dari dan menuju ke NTB sedang naik sekarang. Solusinya kita berjuang untuk meminta extra flight," kata Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Lalu Gita Ariadi dikonfirmasi di Mataram, Kamis (29/6/2023).

1. Harga tiket pesawat dari Jakarta dan Bali menuju Lombok melonjak tajam

Harga Tiket Pesawat ke Lombok Melonjak Jelang MXGP dan Libur PanjangSekda NTB Lalu Gita Ariadi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pada saat perhelatan MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram, NTB, pada Sabtu dan Minggu, 1 - 2 Juli 2023, mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Harga tiket rute Jakarta - Lombok pada hari tersebut mencapai Rp1,5 juta. Pada hari-hari normal, biasanya harga tiket pesawat rute Jakarta - Lombok antara Rp800 ribu sampai Rp900 ribu.

Sedangkan rute Bali - Lombok pada saat perhelatan MXGP Lombok, harga tiket pesawat mencapai Rp1 juta lebih. Pada hari-hari biasanya, harga tiket pesawat rute Bali - Lombok sekitar Rp600 ribu. Menyikapi kenaikan harga tiket pesawat ini, Gita mengatakan Dinas Perhubungan NTB akan berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I dan maskapai penerbangan.

"Kemarin sudah saya minta teman-teman, nanti kami koordinasi. Dinas Perhubungan, Angkasa Pura l dan maskapai dengan melihat situasi seperti ini. Karena kita harapkan banyak orang luar daerah yang menonton MXGP di Kota Mataram ini. Sehingga kita berjuang untuk mendapatkan extra flight ini," terang Gita.

Baca Juga: 6 Jemaah Haji NTB Meninggal di Arab Saudi, Ahli Waris Dapat Rp50 Juta

2. Long weekend dan MXGP Lombok menjadi peluang kebangkitan ekonomi

Harga Tiket Pesawat ke Lombok Melonjak Jelang MXGP dan Libur PanjangSeorang wisatawan berkeliling Gili Trawangan menggunakan sepeda di Gili Trawangan beberapa waktu lalu. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) NTB ini menambahkan momentum libur panjang (long weekend) dan MXGP Lombok menjadi peluang kebangkitan ekonomi NTB khususnya di Kota Mataram. Untuk itu, persoalan naiknya harga tiket pesawat menjadi atensi.

"Supaya momentum ini benar-benar optimal. Long weekend harus kita atensi, apalagi ini lima hari. Kemudian ada MXGP Lombok dan event-event lainnya seperti Lombok International Modest Festival," tutur Gita.

3. Banyak menerima keluhan mengenai naiknya harga tiket pesawat

Harga Tiket Pesawat ke Lombok Melonjak Jelang MXGP dan Libur PanjangKejuaraan dunia balap MXGP Sumbawa di Sirkuit Samota, Minggu (25/6/2023). (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gita mengungkapkan pihaknya banyak menerima keluhan mengenai naiknya harga tiket pesawat saat momentum long weekend dan jelang perhelatan MXGP Lombok. Bahkan harga tiket pesawat dari Lombok ke Jakarta juga cukup mahal.

"Jadi betapa kita harus kerja keras lagi mengatasi keluhan dari customer di luar. Mereka kesulitan akses dari dan ke NTB. Karena ada long weekend, banyak sekali kegiatan di sini termasuk MXGP Lombok," ungkapnya.

Perhelatan MXGP Lombok di Sirkuit Selaparang Kota Mataram akan digelar pada Sabtu dan Minggu, 1 - 2 Juli 2023. Panitia menargetkan jumlah penonton mencapai 100.000 orang. Sebelum perhelatan MXGP Lombok, ada konser Dewa 19 yang menjadi side event MXGP Lombok pada 30 Juni 2023.

Baca Juga: [WANSUS] Dua Kali Kejuaraan Dunia MXGP Samota, Sumbawa Dapat Apa? 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya