Groundbreaking Kereta Gantung Gunung Rinjani Bertepatan HUT NTB

Groundbreaking saat HUT NTB bulan Desember

Mataram, IDN Times - Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB) akan melaksanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan kereta gantung di Gunung Rinjani pada 17 Desember 2022. Prosesi groundbreaking kereta gantung sepanjang 10 km ini digelar bersamaan dengan Hari Ulang Tahun NTB ke 64. 

Selain itu, Pemprov NTB pun meresmikan proyek-proyek lain, yakni Gedung IGD Terpadu Perpustakaan NTB, dan Gedung Bank Syariah. Kita berupaya mewujudkan," kata Sekretaris Pemprov NTB Lalu Gita Ariadi, Sabtu (19/11/2022). 

1. Konstruksi mulai 2023

Groundbreaking Kereta Gantung Gunung Rinjani Bertepatan HUT NTBSekda NTB Lalu Gita Ariadi. (dok. Disnakertrans NTB)

Gita mengatakan, proyek pembangunan kereta gantung Gunung Rinjani mulai berjalan. Setelah prosesi groundbreaking nanti, katanya pengerjaan konstruksi akan dimulai pada 2023. 

Untuk itu, berbagai aspek teknis perizinan sedang terus dijalankan. 

"Tetapi harus dipenuhi dengan komitmen kebijakan teknis. Baik aspek kehutanan, lingkungan dan lainnya. Kalau itu terpenuhi, kita mulai," katanya.

Baca Juga: Sandiaga Uno : WSBK Mandalika 2023 Ditargetkan 100 Ribu Penonton 

2. Masuki tahap penyusunan FS dan DED

Groundbreaking Kereta Gantung Gunung Rinjani Bertepatan HUT NTBilustrasi dokumen-dokumen kertas (pexels.com/pixabay)

Seperti diketahui, proyek kereta gantung Gunung Rinjani sudah masuk penyusunan feasibility study (FS) dan detailed engineering design (DED) pada Oktober lalu. 

PT Indonesia Lombok Resort telah mendatangkan 5 orang tim ahli dari Tiongkok dalam penyusunan FS dan DED. 

Saat itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB Mohammad Rum menjelaskan, konstruksi pembangunan kereta gantung dilaksanakan sekitar 1 sampai 2 tahun. 

Lokasinya berada di luar kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani guna melindungi kearifan lokal setempat. Mengakomodasi kepentingan jasa porter maupun pendamping pendakian Gunung Rinjani. 

3. Investor gelontorkan dana Rp2,2 triliun

Groundbreaking Kereta Gantung Gunung Rinjani Bertepatan HUT NTBIlustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Pembangunan kereta gantung Gunung Rinjani diperkirakan menelan investasi sebesar Rp2,2 triliun. Selain kereta gantung terpanjang di dunia, investor juga akan membangun dua resor mewah yang berada di sisi bawah dan atas.

Rinciannya, Rp600 miliar untuk pembangunan kereta gantung dan sisanya diperuntukkan pengerjaan dua resort mewah. 

Proyek kereta gantung akan dibangun di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah Provinsi NTB. Pembangunan kereta gantung dimulai dari Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara menuju kawasan hutan di bagian atasnya.

Baca Juga: 5.727 Honorer Lulus Seleksi Administrasi Guru PPPK Pemprov NTB 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya