Berusaha Kelabui Polisi, Pemilik 5,47 Gram Sabu Akhirnya Diringkus 

Terduga pelaku akui miliki barang haram itu

Lombok Utara, IDN Times - Terduga pemilik narkotika jenis sabu-sabu inisial SPT alias Anto bin Sarbini (46) digelandang Tim Satresnarkoba Polres Lombok Utara setelah mencoba mengelabui petugas. Diaa ditangkap Tim Satresnarkoba Polres Lombok Utara di Pantai Klui Dusun Klui, Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara pada 27 Januari 2022 pukul 13.00 WITA.

Terduga pelaku lahir di Bondowoso. Namun dia beralamat di Dusun Duduk Desa Batulayar Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Penangkapan terduga pelaku dipimpin laangsung Kasat Resnarkoba Polres Lombok Utara Iptu I Ketut Artana.

1. Kronologis penangkapan terduga pelaku

Berusaha Kelabui Polisi, Pemilik 5,47 Gram Sabu Akhirnya Diringkus Ilustrasi narkoba jenis sabu-sabu. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kasat Resnarkoba Polres Lombok Utara Iptu I Ketut Artana melakukan penyelidikan di sekitar wilayah Dusun Klui Desa Malaka. Setelah menemukan target yang sedang duduk di atas motor, tim melakukan penggeledahan badan terhadap SPT namun petugas tidak menemukan sabu-sabu.

Kemudian sekitar 10 meter dari lokasi, ditemukan 1 bungkus rokok Gudang Garam Surya 12 yang di dalamnya berisi 1 klip plastik berisi kristal yang diduga narkotika jenis sabu-sabu. Dengan ditemukannya barang haram tersebut, petugas menginterogasi SPT di lokasi. Dari hasil interogasi, terduga pelaku mengakui bahwa barang tersebut adalah miliknya.

Baca Juga: Warga Mataram Serbu Vaksinasi Booster di Lombok Epicentum Mal

2. Kelabui petugas dengan membuang bungkus rokok berisi sabu

Berusaha Kelabui Polisi, Pemilik 5,47 Gram Sabu Akhirnya Diringkus Ilustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta melalui Kasat Resnarkoba Iptu I Ketut Artana mengatakan dalam keterangannya, Sabtu (29/1/2022) menjelaskan penangkapan SPT di sekitar wilayah Dusun Klui Desa Malaka pada 27 Januari 2022 pukul 13.00 WITA.

Artana menjelaskan, saat dilakukan penggeledahan bersama Tim Opsnal, sempat terduga pelaku SPT mengelabui petugas dengan membuang sabu-sabu yang disimpan pada bungkus rokok di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Setelah petugas menemukan barang bukti tersebut, ternyata di dalamnya berisi 1 buah klip plastik berisi kristal yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat bruto 5,47 gram.

3. Terancam penjara dan denda

Berusaha Kelabui Polisi, Pemilik 5,47 Gram Sabu Akhirnya Diringkus Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan ditemukannya kepemilikan narkotika jenis sabu-sabu tersebut, terduga pelaku beserta barang bukti saat ini telah diamankan ke ruang Sat Resnarkoba Polres Lombok Utara, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut secara intensif.

Atas perbuatan pelaku, diancam dengan Pasal 114 ayat (1) Jo Pasal 132 ayat (1) dan atau Pasal 112 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dengan ancaman pidana penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar.

Baca Juga: Transaksi Temu Bisnis Parekraf DSP Mandalika Mencapai Rp1,7 Miliar

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya