Comscore Tracker

Bendera Merah Putih Dikibarkan di Perbatasan RI - Australia 

Dikibarkan di Pulau Shopia Lousia atau Pulau Sepatang

Lombok Barat, IDN Times - Polres Lombok Barat melakukan pengibaran dan pembentangan bendera merah putih di Pulau Shopia Lousia atau Pulau Sepatang, Jumat (12/8/2022). Pulau Shopia Louisa merupakan pulau terluar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berbatasan langsung dengan Australia.

Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho memimpin langsung pengibaran dan pembentangan bendera merah putih ini. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 77.

1. Menumbuhkan semangat nasionalisme

Bendera Merah Putih Dikibarkan di Perbatasan RI - Australia Bender merah putih ukuran besar dibentangkan di Dusun Panggang Desa Buwun Mas Sekotong Lombok Barat. (dok. Polres Lombok Barat)

Warsito mengatakan pengibaran dan pembentangan bendera merah putih ini menumbuhkan semangat nasionalisme masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu penduduk yang berada di Dusun Panggang. Sekaligus menyambut atau memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 oleh Polres Lombok Barat.

Adapun rangkaian pengibaran dan pembentangan bendera merah putih di Pulau Shopia Louisa. Yakni melaksanakan kegiatan upacara pengibaran bendera merah putih yang diikuti oleh PJU dan anggota Polres Lobar. Kemudian masyarakat dan anak-anak SDN 13 Buwun Mas Sekotong serta guru. Ada juga perwakilan tokoh masyarakat, dan masyarakat Dusun Panggang sebagai wujud menumbuhkan semangat nasionalisme NKRI serta memeriah HUT RI ke-77.

Baca Juga: Si Tangan Kidal yang Harus Beradaptasi dengan Norma Kesopanan 

2. Pengibaran bendera merah putih oleh anak SDN 13 Buwun Mas Sekotong

Bendera Merah Putih Dikibarkan di Perbatasan RI - Australia Siswa SDN 13 Buwun Mas dilibatkan dalam pengibaran bendera merah putih di Dusun Panggang. (dok. Polres Lombok Barat)

Selanjutnya, kata Warsito, dilaksanakan kegiatan penaikan bendera merah putih oleh anak SDN 13 Buwun Mas Sekotong. Kemudian dilanjutkan pembentangan bendera merah putih berukuran besar oleh seluruh personel anggota Polres Lombok Barat, masyarakat dan siswa SDN 13 Buwun Mas Sekotong.

“Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 77 dan menggugah semangat patriotisme serta jiwa kebangsaan. Sesuai dengan tema besar peringatan yakni pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat,” jelasnya.

3. Warga minta akses jalan diperhatikan

Bendera Merah Putih Dikibarkan di Perbatasan RI - Australia Pengibaran bendera merah putih di Dusun Panggang. (dok. Polres Lombok Barat)

Kepala Dusun Panggang M. Nasir berterima kasih atas perhatian dan semua yang pernah dilakukan bersama di dusun tersebut. Di mana, Polres Lombok Barat turut berpartisipasi bersama karang taruna.

Ia mengatakan kegiatan ini pertama kali dilakukan dan tujuannya untuk mewujudkan jiwa nasionalisme masyarakat di pulau terluar. Supaya kedepannya lebih maju. Nasir menyinggung mengenai akses jalan yang perlu mendapatkan perhatian.

“Harapannya mewujudkan pulau terluar ini supaya ke depannya lebih maju dan untuk akses jalan ini biar cepat diperhatikan juga oleh pemerintah,” harapnya.

Baca Juga: Serapan Anggaran Provinsi NTB Buruk, Realisasi PAD Hanya 29 Persen 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya