Baru Laku 16.000 Tiket, 7.000 Penonton WSBK dari Luar NTB 

Penonton ditargetkan 75.000 - 100.000 orang

Mataram, IDN Times - Sepuluh hari menjelang perhelatan kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2023, jumlah tiket yang laku terjual baru sekitar 16.000 lembar. Dari belasan ribu tiket yang terjual, sekitar 7.000 orang penonton berasal dari luar Nusa Tenggara Barat (NTB).

Perkembangan progres penjualan tiket menjadi acuan Dinas Perhubungan Provinsi NTB untuk menyiapkan konektivitas transportasi darat, laut dan udara ke NTB. Apakah perlu dilakukan penambahan frekuensi penerbangan atau tambahan kapal laut menuju NTB.

"Kita masih menunggu data akhir Xplorin. Baru tadi terlaporkan penonton dari luar NTB baru 7.000 orang beli tiket," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal dikonfirmasi usai rapat persiapan WSBK Mandalika di Kantor Gubernur, Rabu (22/2/2023).

1. Penyiapan moda transportasi mengikuti jumlah penonton dari luar NTB

Baru Laku 16.000 Tiket, 7.000 Penonton WSBK dari Luar NTB Kepala Dishub Provinsi NTB Lalu Moh. Faizal. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Faozal menjelaskan penyiapan moda transportasi khususnya udara dan laut menyesuaikan dengan jumlah penonton dari luar NTB. Apabila, jumlah penonton dari luar NTB cukup banyak, maka tentu ada penyesuaian atau tambahan frekuensi penerbangan dan tambahan kapal laut.

"Kita masih menunggu update penjualan tiket WSBK. Misalnya dari luar Lombok berapa yang sudah beli tiket dan transaksi. Baru kita akan menyesuaikan dengan kebutuhan moda. Apakah ekstra flight, apakah menambah lagi frekuensi kapal laut," ucap Faozal.

Maskapai penerbangan sendiri, kata Faozal, pasti akan berpikir bisnis. Ketika pasarnya ada, maka mereka pasti akan menambah frekuensi penerbangan bahkan extra flight.

Baca Juga: Demo Gubernur, Warga Trawangan Tuntut SHM hingga Usir Investor Asing 

2. Tiket pesawat Bali - Lombok masih mahal

Baru Laku 16.000 Tiket, 7.000 Penonton WSBK dari Luar NTB Ilustrasi pesawat terbang (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ini, kata mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini, harga tiket pesawat ke Lombok relatif sudah turun untuk rute-rute tertentu. Tetapi untuk rute Bali - Lombok, harga tiket pesawat masih tinggi.

Masih tingginya harga tiket pesawat rute Bali - Lombok disebabkan jumlah penerbangan yang terbatas. Saat ini, rute Bali - Lombok hanya dilayani maskapai Wings Air menggunakan pesawat jenis ATR.

"Tapi mudah-mudahan jelang WSBK bisa dioperasionalkan pesawat Boeing dari Bali - Lombok. Apakah maskapai AirAsia atau Citilink," terang Faozal.

3. Tiket WSBK yang terjual baru 16.000 lembar

Baru Laku 16.000 Tiket, 7.000 Penonton WSBK dari Luar NTB Penonton WSBK Mandalika memadati tribun merah putih pada final race WSBK Mandalika, Minggu (13/11/2022). (dok. MGPA)

Sementara, Komandan Lapangan WSBK Mandalika Jamaluddin Maladi menyebut bahwa tiket yang sudah terjual sekitar 16.000 lembar. Jamaluddin mengatakan progres penjualan tiket WSBK 2023 jauh lebih meningkat dibandingkan waktu yang sama tahun sebelumnya.

Pemerintah Pusat menargetkan jumlah penonton WSBK Mandalika 2023 sebanyak 75.000 orang. Sementara, Pemprov NTB menargetkan sampai 100.000 penonton. Saat ini, tiket WSBK 2023 dapat dibeli secara online melalui aplikasi Xplorin dan ticketing partner. Di antaranya aplikasi Loket, Tiket.com, tiketapasaja.com, dan My Tours.

MGPA saat ini juga telah memberikan diskon hingga 50 persen untuk semua kategori tiket dari tiket festival class hingga VIP. Adapun harga tiket setelah diberikan diskon 50 persen adalah sebagai berikut:

1. General admission daily pass Rp 100 ribu, 3 day pass Rp 125 ribu
2. Reguler Grandstand Zona A, B, C, H, I daily pass Rp 500 ribu, 3 day pass Rp625 ribu
3. Premier Class 3 day pass Rp 2.750.000 dan deluxe class Rp 1.750.000

Baca Juga: Update Perolehan Medali Porprov NTB 2023, Mataram Optimis Juara Umum 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya