MXGP di Sumbawa, Landasan Bandara Sumbawa Akan Dipertebal

Butuh dana Rp40 miliar untuk pertebal landasan bandara

Sumbawa, IDN Times - Kejuaraan Dunia MotoCross atau lebih dikenal dengan Moto Cross Grand Prix (MXGP) di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) semakin mendekati kenyataan.  Gubernur NTB  Dr H Zulkieflimansyah merasa optimistis dapat menyelenggarakan event MXGP di Pulau Sumbawa.

Selain itu, hasil survei dari tim yang turun ke Sumbawa secara umum menyatakan bahwa Kabupaten Sumbawa sudah mantap. “Apakah Kabupaten Sumbawa sudah pasti menjadi lokasi pelaksanaan MXGP?, Insya Allah," kata Zul.

Hal ini ditandai dengan kedatangan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ke Sumbawa pada Kamis (14/1/2022) sore. Kedatangan menteri ini menyusul kedatangan Tim survei dari MXGP hari sebelumnya. Tim melihat lahan di wilayah Jalan SAMOTA (Saleh, Moyo, Tambora).

1. Bandara harus dibenahi

MXGP di Sumbawa, Landasan Bandara Sumbawa Akan DipertebalKunjungan Menteri Perhubungan Budi Gunadi ke Bandara Sultan Kaharudin III Sumbawa (Dok Diskominfotik NTB)

Kedatangan Menhub untuk melihat langsung bandara Sultan Kaharuddin III yang akan dibenahi untuk mendukung MXGP ini. Memang, saat ini Bandara Sultan M Kaharuddin hanya mampu digunakan oleh pesawat jenis ATR. Untuk itu, Bandara ini akan dibenahi sehingga mampu didatangi pesawat yang lebih besar.

Menteri didampingi Dirjen tiba sekitar pukul 16.00 disambut langsung Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Di tengah hujan deras, begitu turun dari pesawat, Menteri Budi langsung diajak mengelilingi Bandara Sultan Kaharuddin oleh Gubernur Zul.

Setelah berkeliling, di dalam ruangan VIP bandara, Menteri menegaskan kesiapannya untuk membantu overlay atau mempertebal landasan bandara.

Sementara Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengungkapkan, biaya penebalan landasan bandara ini akan dikeroyok oleh pemerintah Kabupaten, Provinsi dan pemerintah pusat.

"Itulah Pak Menteri, Pak Dirjen, tolong kami dibantu," kata Gubernur kepada Menteri.

Baca Juga: Sumbawa Jadi Tuan Rumah MXGP 2022?

2. Komitmen pemerintah dukung MXGP di Sumbawa

MXGP di Sumbawa, Landasan Bandara Sumbawa Akan Dipertebaltwitter.com/KTM_Racing

Zul mengatakan bahwa Menteri Perhubungan telah berkomitmen untuk mendukung kegiatan MXGP. Termasuk dengan mengoptimalkan runway Bandara Sumbawa.

"Sudah ada komitmen dari pak Menteri Perhubungan, untuk membantu mengoptimalkan kekuatan aspalnya menjadi tujuh centimeter," ujarnya.

Dikatakan, nantinya pengoptimalan runway bandara ini akan dilakukan bersama oleh pemerintah pusat, Pemprov NTB dan Pemda Sumbawa. Mengingat, pengoptimalan runway ini sangat penting. Agar pesawat jenis boeing bisa mendarat dengan aman di Bandara Sumbawa. Jadi runwaynya perlu dipertebal. Mengingat, MXGP ini akan dilaksanakan pada 26 Juni mendatang.

3. Butuh Rp40 miliar untuk benahi bandara

MXGP di Sumbawa, Landasan Bandara Sumbawa Akan DipertebalIlustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Zul mengungkapkan, adapun dana yang dibutuhkan sekitar Rp40 hingga Rp50 miliar. Untuk sementara ini, hanya dilakukan pertebalan landasan terlebih dahulu. Sehingga pesawat dengan bobot lebih besar bisa mendarat.

Sementara itu, Advisor MXGP, Happy Harinto mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memberikan banyak keterangan sebelum segala sesuatunya terkait event ini clear. Sebab, banyak hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Namun, pihaknya bersyukur karena pemerintah daerah hingga pusat mendukung event ini.

"Tinggal bagaimana kita menjalani ini saja," katanya

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah MXGP, ini Tempat Nongkrong Hits di Sumbawa

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya