Keren! Para Pembalap Motocross Dunia Akan Jajal Sirkuit di Lombok

10 pembalap dunia dan empat pembalap nasional akan datang

Lombok Tengah, IDN Times - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyatakan balap dunia dan nasional dijadwalkan akan menjajal Sirkuit Motor Cross di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, pada perayaan tradisi Lebaran Ketupat 2022.

"Berdasarkan informasi sebanyak 10 pembalap dunia sudah dikonfirmasi hadir di Sirkuit Lantan," kata H Lalu Pathul Bahri dalam keterangan tertulisnya seperti dikutip dari Antara, Jumat (29/4/2022).

1. Daftar pembalap motocross dunia yang akan datang

Keren! Para Pembalap Motocross Dunia Akan Jajal Sirkuit di LombokProgres pembangunan Sirkuit Motor Cross di Desa Lantan (dok. Pemdes Lantan)

Para pembalap yang akan hadir itu di antaranya ;
1. Lionel Kerhoas #988, 125 YZ 38yo asal France,

2. Hugo Cheneve #28, 85 ktm 13yo asal France,

3. Tommy di bitonto #21 ktm 450 Italia,

4. Chris lloyd #65 husqy 350 UK,

5. Ignacio Aroyo #100 kawasaki 450 Chile.

6. Sandy rohrs #712 ktm 450 America,

7. Ben Paul #96 Kawasaki 250 Australia,

8. Olivier Guyou 43yo #53 Yamaha 125 France,

9. Benoit Destresse 46yo #46 Yamaha 250 YZF France

10.  Flavio Assenza #360, YZ125X, Italy.

"'Sedangkan pembalap nasional di antaranya Diva ismayana dan I Kadek Oca asal Provinsi Bali. Dua lagi croser asal Pulau Jawa yakni Raffi G Tangka dan Ananda Rifki," katanya. 

Baca Juga: Polda NTB : Jangan Sulap Minyak Goreng Curah Jadi Kemasan! 

2. Ada tikungan bermed corner

Keren! Para Pembalap Motocross Dunia Akan Jajal Sirkuit di LombokProses pembangunan sirkuit Motor Cross di Desa Lantan (dok. Pemdes Lantan)

Para pembalap yang sudah menyatakan siap hadir tersebut, ada beberapa pembalap juga berminat, namun belum terkonfirmasi akan kehadirannya.

"Kita masih menunggu konfirmasi balik dari beberapa pembalap dunia lainnya apakah
akan hadir atau tidak," ujarnya.

Peluncuran Sirkuit Motor Cross Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara akan dilakukan setelah rangkaian acara Lebaran Ketupat. Seluruh pembalap tersebut juga hadir di acara Lebaran Ketupat tersebut. Mereka akan bersama sama dengan seluruh pejabat atau ASN yang hadir ditempat itu.

"Ini sekaligus memperkenalkan tradisi budaya yang kita miliki yakni Lebaran Ketupat kepada para pembalap dunia itu," katanya.

Mereka akan menjajal lintasan sirkuit Motor Cross, salah satu sudut tikungan yang dinamakan Bermed Corner, yang artinya sudut tikungan di mana sisi luar tikungan terdapat tanah agak tinggi yang sering dimanfaatkan pembalap untuk melahap tikungan dengan kecepatan cukup tinggi untuk over taking.

3. Belasan ribu penonton diprediksi datang

Keren! Para Pembalap Motocross Dunia Akan Jajal Sirkuit di Lombokilustrasi balap motor motocross (pexels.com/Michal Hudcovič)

Di samping itu pembalap juga akan mencoba gundukan step on yakni sebuah lompatan kecil yang mendahului table top atau punuk sebagai media bagi pembalap sebelum melibas table top.

Table top adalah gundukan tanah yang tinggi dan cenderung datar pada bagian atasnya yang mampu mengangkat pembalap sebelum terjun ke seksi selanjutnya yakni step off, sebuah tumpuan tanah kecil selepas table top.

"Step on dan step off ini hampir selalu ada bersama-sama," katanya.

Tekstur tanah lintasan sirkuit sangat cocok untuk pembalap, tanah gembur dan tidak berdebu, sementara suhu udara di wilayah utara sedikit dingin dan tidak terik, sehingga tidak menguras energi dari para pembalap.

"Saya yakin pe.balap akan sangat senang di Lombok Tengah, kualitas sirkuit kita utamakan, kenyamanan dan keamanan kita jamin, sehingga pembalap akan betah," katanya.

Diperkirakan ada belasan ribu masyarakat akan ke Lantan pada saat peluncuran. Pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan aparat keamanan lainnya sudah melakukan pemetaan titik-titik kemacetan dan dilakukan rekayasa lalu lintas.

"Jadi untuk sementara akan ada sistem buka tutup jalan ke arah Lantan pada hari H Lebaran Topat. Untuk di bawah pukul 12.00 Wita, kendaraan yang diizinkan hanya ke arah Desa Lantan. Di atas pukul 12.00 yang diizinkan hanya kendaraan arah keluar dari desa Lantan,” katanya.

Baca Juga: Kenaikan Kendaraan 701 Persen, 2,5 Juta Pemudik Diprediksi Masuk NTB 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya