Jemaah Haji Bima yang Meninggal di Makkah Terus Bertambah

Jemaah yang meninggal sebanyak lima orang

Bima, IDN Times - Jemaah haji asal Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meninggal di Tanah Suci Makkah bertambah jadi lima orang. Jemaah yang meninggal adalah Abubakar Tayeb berusia 71 tahun dari Kecamatan Sape.

"Iya benar, almarhum ini jemaah dari Kelompok Terbang (Kloter) 8," kata Ketua Kloter 8 Jemaah Haji Bima, Fahmi dikonfirmasi IDN Times, Senin siang (10/7/2023).

1. Meninggal di KKHI

Jemaah Haji Bima yang Meninggal di Makkah Terus BertambahIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

Fahmi mengatakan, awalnya kondisi kesehatan Abubakar Tayeb tiba-tiba memburuk pada Minggu pagi (9/7/2023) sekira pukul 07.00 waktu setempat. Kemudian dilarikan dari hotel ke Klinis Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) oleh tim kesehatan Kloter.

Sayangnya, nyawa Abubakar Tayeb tidak bisa tertolong. Dia lalu dinyatakan meninggal dunia oleh dokter pada hari yang sama sekitar pukul 14.21 dini hari.

"Almarhum didiagnosa oleh dokter, sakit paru-paru dan kanker prosta. Dia juga ini memiliki riwayat sakit itu saat di tanah air," terangnya.

Baca Juga: Respons Gubernur NTB soal Pemulangan Harta Karun Dijarah Belanda

2. Dimakamkan di Soraya

Jemaah Haji Bima yang Meninggal di Makkah Terus BertambahIlustrasi. Proses pemakaman salah satu jenazah COVID-19 (IDN Times/Aldila Muharma - Fiqih Damarjati)

Jenazah Abubakar Tayeb disalatkan di Masjidil Haram. Setelah itu lalu disemayamkan di kawasan pemakaman Soraya, kemudian dimakamkan.

"Setelah salat zuhur nanti, jenazah dimakamkan di Soraya," terang Fahmi.

2. Keluarga diminta ikhlas

Jemaah Haji Bima yang Meninggal di Makkah Terus BertambahIlustrasi suasana di Kota Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Bagi keluarga yang tinggalkan, diminta tetap sabar dan tabah menerima kabar duka meninggalnya Abubakar Tayeb. Keluarga korban juga akan mendapatkan santunan setelah proses haji selesai.

"Kami minta keluarga tetap sabar dan ikhlas atas kematian almarhum. Untuk jemaah kita yang lainnya, semoga tetap sehat sampai tiba di tanah air," harapnya.

Baca Juga: 4 Jemaah Haji Asal Bima Meninggal di Makkah 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya