Jatah Formasi PPPK dan CPNS Bima Masih Tunggu Keputusan Kemenpan RB

Formasi yang diusulkan sebanyak 1.329

Kota Bima, IDN Times - Pemerintah Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) belum juga mendapatkan kepastian jumlah penerimaan formasi PPPK dan CPNS 2024. Terkait hal ini, Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Bima masih menunggu pengumuman resmi dari Kemenpan RB.

"Belum ada pengumuman formasinya. Sekarang kami masih menunggu keputusan Kemenpan RB," kata Kabid Pengadaan Mutasi Data dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Kota Bima, Abdurrahman dikonfirmasi Selasa (23/7/2024).

1. Dua kali melakukan usulan

Jatah Formasi PPPK dan CPNS Bima Masih Tunggu Keputusan Kemenpan RBIlustrasi seleksi PPPK (ANTARA FOTO)

Abdurrahman mengatakan, pihaknya sudah dua kali mengusulkan formasi PPPK dan CPNS ke Kemenpan RB untuk tahun 2024. Usulan pertama sebanyak 829 formasi, kemudian yang kedua sebanyak 500 formasi.

"Jadi total yang kita usulkan sebanyak 1.329 formasi," jelas dia.

Baca Juga: Vaksinasi Polio Sasar 77.942 Anak dan Balita di Bima

2. Mayoritas tenaga guru

Jatah Formasi PPPK dan CPNS Bima Masih Tunggu Keputusan Kemenpan RBIlustrasi guru memberikan kertas ujian pada murid (freepik.com/Drazen Zigic)

1.329 formasi yang diusulkan ini meliputi tenaga guru, teknis dan tenaga kesehatan (Nakes). Sebagian besar formasi yang diusulkan yaitu tenaga guru.

"Mayoritas jatah guru yang diusulkan, karena di daerah banyak guru honorer," bebernya.

Dari dua usulan tersebut, BKPSDM Kota Bima hingga kini belum dapat bocoran keputusan yang disetujui oleh Kemenpan RB. Biasanya keputusan terkait hal ini akan diumumkan secara nasional.

"Biasanya diumumkan secara serentak. Mungkin dalam waktu dekat akan diumumkan," bebernya.

3. Masih tunggu juknis dan juklak

Jatah Formasi PPPK dan CPNS Bima Masih Tunggu Keputusan Kemenpan RBilustrasi dokumen penting (pexels.com/Gustavo Fring)

Abdurrahman mengatakan, setelah ada pengumuman nanti, biasanya akan berikan petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) seleksi oleh Kemenpan RB. Setelah itu, baru ditentukan pembukaan pendaftaran, lokasi seleksi dan hal terkait lainnya.

"Pasti ada juknisnya. Tapi itu kan baru kita dapatkan setelah ada pengumuman formasi yang diusulkan yang disetujui oleh Kemenpan RB," pungkas Abdurrahman.

Baca Juga: DPP Golkar Segera Putuskan Nama Cagub NTB yang Diusung

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya