Comscore Tracker

Jaksa Tahan Tersangka Korupsi Bansos Korban Kebakaran di Bima

Ditahan selama 20 hari di Rutan Polres Bima

Bima, IDN Times -  Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima resmi menahan tersangka, Andi Sirajudin atas kasus korupsi bantuan sosial (bansos) kebakaran tahun 2021. Keputusan penahanan ini, setelah tersangka diperiksa di kejaksaan sekira 8 jam pada Rabu (21/9/2022).

Pantauan di lokasi, mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima ini tiba di Kantor Kejaksaan sekira pukul 10.35 Wita. Dia terlihat didampingi dua Penasihat Hukum (PH), masing-masing Dewa Agung Krisna Pranata dan M Yusuf.

Andi Sirajudin tampak mengenakan kemeja warna putih dan celana warna abu-abu. Begitu tiba di lobi, mereka lalu diarahkan oleh satpam untuk duduk di ruang tunggu. 

Kemudian sekira pukul 11.40 Wita dia mulai masuk ruangan pemeriksaan dan berakhir sekira pukul 18.55 Wita. Tidak lama setelah itu, tersangka kemudian menaiki mobil penahanan yang sudah menunggu di depan Kantor Kejaksaan sekira pukul 19.10 Wita, dengan dikawal sejumlah anggota kepolisian.

1. Bansos dipotong setiap KPM hingga Rp1 juta lebih

Jaksa Tahan Tersangka Korupsi Bansos Korban Kebakaran di BimaFoto tersangka Andi Sirajudin bersama penasehat hukumnya (IDN Times/Juliadin)

Kepala Seksi Kejari Bima Andi Sudirman mengatakan, Andi Sirajudin disangkakan pasal 11 atau 12 E undang-undang nomor 20 tahun 2021 tentang pencegahan tindak pidana korupsi (tipikor). Dia diduga melakukan pemotongan bansos dari Kementerian Sosial RI. Dugaan pemotongan yang dilakukan tersangka, terhadap setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) angkanya bervariatif.

"Bervariasi yang dipotong. Minimal Rp500 ribu hingga Rp1 juta lebih," terang dia ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Viral di Bima, Oknum Polisi Digrebek Istrinya saat Bersama WIL

2. Tersangka ditahan selama 20 hari di Rutan Polres Bima

Jaksa Tahan Tersangka Korupsi Bansos Korban Kebakaran di BimaFoto Kasi Intel Kejari Bima, Andi Sudirman (IDN Times/Juliadin)

Kini tersangka resmi ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Bima. Yang bersangkutan akan menjalani penahanan pertama selama 20 hari. Terhitung sejak hari ini Rabu (21/9/2022) hingga pada 10 Oktober 2022 nanti.

"Tersangka dititip dulu sementara di Polres Bima selama 20 hari," terang Andi Sudirman.

3. Dua tersangka lain masih proses penyidikan

Jaksa Tahan Tersangka Korupsi Bansos Korban Kebakaran di BimaIlustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, untuk dua tersangka lain masing-masing Kepala Bidang (Kabid) dan Pendamping penyalur bansos di Dinas Sosial sudah dilakukan pemeriksaan. Kini keterlibatan mereka masih pada tahap proses penyidikan.

"Masih tahap penyidikan. Kami masih menunggu hasil penyidikan," akunnya.

Demikian halnya kaitan dengan keterlibatan sejumlah Kepala Desa (Kades). Semua keterlibatan mereka dipastikan akan terbongkar dari hasil penyidikan dua tersangka nanti. 

"Kita lihat saja perkembangan kasusnya. apakah ada yang ditetapkan tersangka atau tidak,"  tandas Andi Sudirman.

Baca Juga: Sudah Ada Dua Tersangka, Kasus Korupsi Rp5,1 Miliar di Bima Mandek

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya