Gapura Tembolak Akan Didandani, Penasaran?

Ribuan tamu diprediksi akan kunjungi NTB

Mataram, IDN Times - Menjelang tes pramusim MotoGP 2022 pada 11 - 13 Februari dan balapan MotoGP 2022  pada 18 - 20 Maret mendatang, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Zulkieflimansyah meminta Pemda kabupaten/kota mendandani daerahnya masing-masing. Pemda kabupaten/kota diharapkan segera  membenahi dan memperindah taman-taman yang ada. Termasuk gapura Tembolak yang menjadi pintu masuk ke Kota Mataram.

"Mulai bulan depan akan mulai banyak pengunjung akan mendatangi daerah kita terkait dengan pre season MotoGP, MotoGP dan lain-lain," kata Gubernur di Mataram, Senin (10/1/2022).

Menurutnya, pengunjung yang datang tidak mungkin hanya mengunjungi Mandalika. Tetapi pasti akan berkunjung ke tempat-tempat lainnya yang ada di NTB. Sehingga, Pemda kabupaten/kota perlu segera mendandani daerahnya masing-masing.

1. Temui Wali Kota Mataram

Gapura Tembolak Akan Didandani, Penasaran?Gubernur NTB bersama Wali Kota Mataram (Dok Diskominfotik NTB)

Secara khusus, Gubernur Zul menemui Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana di kantor Walikota Mataram, Senin siang (10/1/2022). Ia turut ditemani Direktur Utama PT. Bank NTB Syariah, H. Kukuh Rahardjo dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB, Rico Rinaldi.

Kunjungan orang nomor satu di NTB ini untuk melihat kesiapan Kota Mataram mendandani taman-tamannya jelang perhelatan tes pramusim MotoGP dan MotoGP 2022. "Insyaallah Mataram akan segera berbenah dan menggesa penyelesaian lanscape taman-tamannya," ucapnya.

Ia menyatakan Pemerintah Provinsi NTB siap membantu dan mendukung Pemerintah Kota Mataram. Pemerintah Provinsi NTB juga siap membantu dan mendukung Pemda kabupaten/kota lainnya yang ada di NTB

Gubernur dan Walikota Mataram sepakat akan segera memperindah ibukota provinsi NTB tersebut khususnya di pintu-pintu masuk Kota Mataram  seperti Gapura Tembolak. Penataan Gapura Tembolak sebagai pintu masuk wilayah Kota Mataram akan segara ditata dengan baik. Sehingga kesan pengunjung ketika masuk Kota Mataram adalah bersih dan indah.

"Jawabannya dari Walikota tadi, sesegera mungkin sebelum tanggal 8 Februari akan banyak tempat indah untuk dilihat nantinya," tutur Gubernur Zul.

Baca Juga: Pemprov NTB Antisipasi Penularan COVID-19, selama Event MotoGP

2. Gubernur dan wali kota sudah satu persepsi

Gapura Tembolak Akan Didandani, Penasaran?Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo (kiri) bersama Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer (kanan), Managing Director Bin Zayed International LLC Syaikh Midad (kedua kiri) dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah (kedua kanan) berbincang usai penandatanganan MoU investasi Bin Zayed International LLC di Bukit Merese KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (7/4/2021) ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram, H. Kemal Islam mengatakan Gubernur  dengan Walikota telah satu persepsi dalam penataan taman di Kota Mataram. Ke depannya, taman-taman akan segera ditata dengan lebih baik sesuai permintaan gubernur.

"Pihaknya akan segera menata pintu masuk kota Mataram dari Tembolak ke utara," tutur Kemal.

Dalam mendukung itu, pihaknya akan segera melakukan pembenahan mulai minggu depan. Landscape taman-taman di Kota Mataram akan segera diselesaikan dengan menanam 20 jenis tanaman hias. Seperti jenis tanaman Karasambomini, Batang Merah dan jenis lainnya yang berbunga.

3. Pusat dukung penuh pembenahan infrastruktur

Gapura Tembolak Akan Didandani, Penasaran?Gapura Tembolak yang menjadi salah satu pintu masuk Kota Mataram (Antara/Dhimas B.P)

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung penuh pembenahan infrastruktur pendukung perhelatan MotoGP 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika. Mulai dari pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika atau ruas jalan Kuta - Keruak sepanjang 5,6 km dan penataan jalan bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km mendapatkan kepastian tambahan dana APBN sebesar Rp300 miliar.

Kepala Dinas PUPR NTB, H. Ridwan Syah mengatakan pada 22 Desember 2021, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan sebagai tindaklanjut direktif Presiden pada rapat terbatas, 26 November 2021 di Istana  Bogor.

Ada dua hal yang menjadi atensi Menteri PUPR. Pertama, pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika atau jalan  provinsi ruas Kuta - Keruak sepanjang 5,6 km dan sekaligus penataan lanscape-nya. Kedua, penghijauan atau penataan tanaman sepanjang jalan bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km.

"Kedua pekerjaan utama itu sangat urgen mendukung   perhelatan MotoGP Maret 2022. Biayanya, alhamdulilah Pemerintah Pusat setuju dengan usulan Bapak Gubernur untuk penanganan pekerjaan tersebut melalui penambahan DIPA APBN 2022 antara lain di  Kemenetrian PUPR  sekitar Rp300 miliar," sebut Ridwan.

Dengan waktu yang cukup mepet, minimal fokus pada segmen jalan depan sirkuit sepanjang 1,2 km yang akan  dilebarkan jalannya dari 6 meter menjadi jalan 2 jalur 4 lajur seperti bypass BIL - Mandalika. Selain jalannya lebar, juga akan dihadirkan lansekap  dengan pepohonan yang rindang dan bunga-bunga  yang indah di koridor tersebut.

Di koridor ini akan direhab sekitar 198 bangunan rumah dan tempat usaha masyarakat yang kumuh dengan arsitektur lokal."Ada juga dukungan dari Kementrian Perhubungan yang akan menghadirkan fasilitas keselamatan jalan berupa  lampu jalan, rambu-rambu,RPPJ,  marka dan guard rail," jelas Ridwan.

Baca Juga: Amazing! Penerawangan Dukun dari Praya Barat Soal Faris Jadi Kenyataan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya