Comscore Tracker

BTN Gunung Rinjani Apresiasi Pria Prancis yang Angkut 1,6 Ton Sampah

Balai TN Gunung Rinjani: Aksinya patut ditiru

Lombok Timur, IDN Times - Pria asal Prancis bernama Benjamin Ortega pemilik akun Instagram @benjaminortega mendapat apresiasi pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. 

Bagaimana tidak pemilik akun @benjaminortega bersama-sama komunitas Green Rinjani rela menyewa 50 porter di Sembalun Lombok Timur untuk mengangkut 1,6 ton sampah di Gunung Rinjani, Sabtu (10/7/2021).

1. Benjamin Ortega mendaki selama 72 jam di Gunung Rinjani

BTN Gunung Rinjani Apresiasi Pria Prancis yang Angkut 1,6 Ton Sampahwikimedia.org

"72 jam dan 1.603 (1,6 -red) ton sampah diambil kemudian kami kembali turun dari ekspedisi kecil kami!" tulis Ortega dalam bahasa Inggris pada akun Instagram @benjaminortega.

Ortega menulis bahwa dia bersama 50 porter asal Lombok Timur berhasil mengumpulkan 1,6 ton sampah.

"Kami tidak percaya dan seberapa cepat kami melakukannya! Sejujurnya tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan betapa senangnya melihat misi ini diselesaikan dengan sukses seperti itu," tambah Ortega.

2. Ortega menyewa 50 porter untuk angkut sampah di Gunung Rinjani

BTN Gunung Rinjani Apresiasi Pria Prancis yang Angkut 1,6 Ton SampahPria asal Perancis angkut sampah seberat 1,6 ton di Gunung Rinjani/Instagram

Berangkat dari ide kecil ini, kata Ortega, gunung (Rinjani, red) harus tetap bersih.

"Dari ide kecil tentang gunung berapi harus yang lebih bersih. Hingga bertemu Komunitas Green Rinjani yang luar biasa dan merencanakan bersama pembersihan terbesar yang pernah dilakukan di sana," kata Ortega.

"Sambil mengumpulkan uang dengan menjual baguette virtual itu kepada kalian untuk membayar 50 porter untuk membantu kami. Terima kasih," tulis Ortega.

3. Ortega tidak percaya bisa mewujudkan misinya

BTN Gunung Rinjani Apresiasi Pria Prancis yang Angkut 1,6 Ton Sampah

Ortega mengaku bahwa ia bersama 50 Porter tidak pernah berpikir bisa mewujudkannya misinya tersebut.

Ia pun berterima kasih kepada komunitas Green Rinjani telah berhasil menemukan 50 porter membantu mengangkut sampah di Gunung Rinjani.

"Mereka (porter) merencanakan makanan, tiket taman nasional, dan asuransi untuk semua orang," katanya.

“Saya punya waktu 48 jam untuk mengedit draft vlog ini karena kami. Dan mereka juga ingin melihat video yang akan saya buat dari perjalanan ini," tulisnya. 

Ortega pun berharap pihak Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menyukai dan setuju dengan rencana yang telah ia lakukan di Gunung Rinjani. 

"Sedikit pengingat bagi siapa pun di luar sana bahwa tidak ada mimpi yang terlalu besar untuk diwujudkan! Jadi jangan ragu untuk bermimpi besar dan dorong diri Anda untuk mewujudkan mimpi itu! Dan juga jangan lupa untuk berbuat lebih baik", tutup Ortega dalam postingan Instagramnya.

4. BTNGR: aksi Ortega patut ditiru

BTN Gunung Rinjani Apresiasi Pria Prancis yang Angkut 1,6 Ton SampahPria Perancis dapat apresiasi BTNGR/Instagram

Dikonfirmasi IDN Times, Selasa (13/7/2021) malam, Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady mengapresiasi aksi Benjamin Ortega.

Dedy mengatakan bahwa aksi Ortega mengangkut sampah di Jalur Pendakian Gunung Rinjani patut ditiru semua pihak, baik pendaki, porter dan petugas BTNGR.

"Rinjani ini milik kita semua. Jadi kami harap ada aksi yang memang lahir dari apa yang telah dilakukan Ortega," kata Dedy usai bertemu Ortega di Balai TNGR Resort Sembalun Lombok Timur, Selasa (13/7/2021).

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya