Petugas Jaga Lalai, Empat Tahanan Polsek Gunungsari Kabur

Polda NTB akan lakukan evaluasi

Lombok Barat, IDN Times – Empat orang tahanan di Kantor Kepolisian Sektor Gunungsari Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat kabur dari ruang tahanan pada Senin (24/1/2022). Keempatnya diduga kabur pada pukul 22:30 WITA.

Keempat tahanan itu diduga berhasil kabur usai berhasil merusak gembok lapas Polsek Gunungsari. Mereka kemudian masuk di gudang barang bukti dan akhirnya kabur.

1. Satu orang residivis

Petugas Jaga Lalai, Empat Tahanan Polsek Gunungsari KaburKabid Humas Polda NTB Kombespol Artanto (IDN Times/Ahmad Viqi)

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto menjelaskan bahwa, keempat tahanan berhasil kabur setelah merusak gembok ruang tahanan di Polsek Gunungsari. Keempat tahanan itu merupakan merupakan tersangka kasus pencurian dengan pemberatan sebanyak dua orang. Sementara dua orang lagi merupakan tahanan kejaksaan negeri Mataram.

"Ada dua orang tahanan Polresta Mataram dan orang tahanan Kejaksaan," kata Artanto, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Kasat Narkoba Mataram: Bandar Narkoba Siap-siap Dimiskinkan!

2. Dua orang tertangkap basah di hutan belakang Polsek

Petugas Jaga Lalai, Empat Tahanan Polsek Gunungsari KaburKawasan Polsek Gunungsari (IDN Times/Ahmad Viqi)

Artanto menjelaskan dua tahanan yang berhasil kabur diamankan pada malam itu juga. Keduanya ditangkap petugas yang berjaga di Polsek Gunungsari. Menurutnya, kedua tahanan dikepung oleh petugas yang berjaga usai mengetahui empat tahanan yang berhasil kabur melewati gudang penyimpanan barang bukti di Polsek Gunungsari.

"Masing-masing tahanan yang berhasil ditangkap di Hutan belakang Polsek Gunungsari inisial DS dan S," ujar Artanto.

Dua orang tahanan inisial MR dan J, kata Artanto, berhasil diamankan pada hari Selasa (25/1/2022) dan Rabu (26/1/2022) di salah satu rumah keluarganya di lingkungan Monjok Culik Kecamatan Selaparang Mataram

"Satu napi inisial J kita amankan setelah sembunyi di rumah saudaranya di Monjok Culik," kata Artanto. 

Untuk tersangka inisial MR sendiri merupakan residivis dan otak dari kaburnya empat tahanan. "Kita sudah tangkap," kata Artanto.

MR ditangkap di rumah kakeknya di Jempong Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. "Kita tangkap tadi pagi pukul 10:00 WITA," katanya.

Dalam penangkapan itu kepolisian telah berkoordinasi dengan pihak keluarga pelaku untuk dimintai keterangan.

3. Petugas diduga lalai

Petugas Jaga Lalai, Empat Tahanan Polsek Gunungsari KaburPolsek Gunungsari Lombok Barat (IDN Times/Ahmad Viqi)

Artanto menegaskan, modus para tahanan yang berhasil kabur dari ruang tahanan Polsek Gunungsari akan didalami.  Artanto mengatakan pada saat empat tahanan berhasil kabur, diduga ada kelalaian dari anggota Polsek yang berjaga. Pihaknya akan melakukan evaluasi menyeluruh.

Sejauh pengetahuan Polda NTB, jumlah anggota yang piket saat itu berjumlah 6 anggota. "Kita akan minta pertanggungjawabannya termasuk Kapolsek kita lakukan evaluasi dan pemeriksaan oleh Paminal Polda NTB juga Provos Polresta Mataram,” pungkasnya.

Baca Juga: Tega! Seorang Pria di Lombok Tengah Perkosa Calon Istri Sepupunya

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya