Comscore Tracker

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 80 Persen

Berbenah untuk Superbike November 2021

Lombok Tengah, IDN Times - Progres pengerjaan sirkuit MotoGP Mandalika secara keseluruhan telah mencapai 80 persen. Baik progres pengaspalan service road telah teraspal sekitar 7.860 meter.

1. Pengaspalan tahap kedua dimulai sejak bulan Juli

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 80 PersenProses pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Dok. ITDC

Dari total 8.120 meter target pengaspalan seluruh kebutuhan lintasan sirkuit MotoGP Mandalika telah capai lebih dari 90 persen.

"Pekerjaan aspal lapis kedua (AC Binder) sudah dimulai untuk segmen pertama dan dilanjutkan untuk segmen-segmen berikutnya. Pekerjaan lapis kedua ini akan selesai pada pertengahan bulan Juli 2021," ujar Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro melalui laman Instagram ITDC, Senin (12/7/2021) lalu.

2. Proses homologasi tuntas bulan Agustus 2021

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 80 PersenHomologasi lintasan sirkuit MotoGP Mandalika dijadwalkan bulan Agustus Dok. ITDC

Untuk pekerjaan lapis terakhir ujar Bram, stone mastic asphalt (SMA) pada track lane akan selesai sebelum Homologasi yang akan dilaksanakan pada akhir Juli hingga awal Agustus 2021 mendatang. 

"Race control juga menjadi salah satu dari sekian banyak aspek yang akan di homologasi dalam waktu dekat ini," ujar Bram.

Oleh karena itu pembangunan race control di Sirkuit Mandalika pun semakin dikebut. Dia mengaku, proses pengerjaan race control mencapai 65 persen dan akan selesai pada akhir Juli 2011 mendatang. 

3. ITDC merasa puas dengan progres pembangunan Sirkuit MotoGP

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 80 PersenITDC berencana siap gelar WSBK bulan November 2021 Dok.ITDC

Selama proses pengaspalan proyek JKK Mandalika Sirkuit MotoGP kata Bram pihaknya merasa puas dengan kemajuan pekerjaan.

Hingga saat, ITDC telah memastikan bahwa pekerjaan akan terus berjalan sesuai dengan jadwal.

"Termasuk target homologasi pada semester kedua bulan Agustus 2021," kata Bram.

4. ITDC siap sambut event World Superbike

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 80 PersenPembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika capai 80 persen/ITDC

Selain itu kata Bram, progres homologasi lintasan ditarget selesai dikerjakan sesuai jadwal yang ditetapkan. Hal itu untuk menyambut event World Superbike (WSBK) pada bulan November.

"Harus sudah clear November ini," ujarnya.

Selain itu, ujar dia, saat ini juga tengah dilakukan beberapa pekerjaan lain secara bersamaan, yakni penghamparan gravel bed, proses fabrikasi, pemasangan concrete barrier, pagar debrish fence, pitwall geobrugg, landscaping (pohon dan rumput).

"Ada juga pekerjaan drainase permukaan kawasan JKK serta pekerjaan pondasi borepile bangunan race control," terangnya.

5. Race control dilengkapi peralatan standar internasional

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 80 PersenRace area Sirkuit MotoGP Mandalika mulai dibangun/ITDC

Ia menyebutkan, pada pembangunan ruangan race control yang di mana diperuntukkan sebagai tempat melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan. 

Ruangan ini sebut Bram, harus memiliki persyaratan seperti peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun internasional.

"Kami juga akan menyiapkan jaringan WiFi, CCTV, TV, sistem pencahayaan, sistem waktu dan transponder," terang Bram.

6. Proses pengaspalan dipantau MGPA

Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Capai 80 PersenFoto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020)

Tahap pengaspalan JKK terdiri dari 3 tahap yaitu AC-Base, AC-Binder hingga Surface SMA. Setelah penyelesaian aspal lapis pertama pada trek utama, maka dipastikan pekerjaan akan segera dilanjutkan dengan tahap aspal lapis kedua (AC-Binder).

Dalam upaya memastikan kualitas pengaspalan dan penyelesaian JKK sesuai dengan target, ITDC melakukan pemantauan perkembangan dan progres harian secara berkala melalui Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

"MGPA secara khusus memantau perkembangan pembangunan, perawatan, dan penyelenggaraan event yang akan digelar nanti," tutup Bram.

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya