Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi Dibuka

Hampir bersamaan dengan event balapan MotoGP

Lombok Barat, IDN Times - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) secara resmi membuka jalur pendakian Gunung Rinjani pada Kamis 10 Maret 2022 kemarin. Pihak pengelola membuka jalur pendakian lebih awal mengingat kondisi cuaca yang dilaporkan terus membaik. 

Sebagai catatan, rencananya jalur pendakian Gunung Rinjani akan dibuka pada 1 April 2022 mendatang atau lebih cepat 20 hari dari jadwal semestinya. Wisata pendakian Gunung Rinjani ditutup karena alasan cuaca buruk sejak tanggal 1 Januari 2022 hingga akhir Maret 2022.

“Bismillahhirrohman dengan ini saya nyatakan aktivitas pendakian ke Taman Nasional Gunung Rinjani resmi dibuka,” kata Wakil Gubernur (Wagub) NTB Sitti Rohmi Djalilah melalui video yang diunggah pada akun Instagram @btn_gn_rinjani.

1. Dibuka Wakil Gubernur NTB

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi DibukaWakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah secara resmi buka pendakian Gunung Rinjani/dok. BTNGR

Rohmi secara resmi membuka jalur pendakian ke Gunung Rinjani usai menghadiri acara Rinjani Begawe Festival 2022 di Senaru, Lombok Utara Kamis kemarin. Dalam kesempatan itu pula, ia pun menyampaikan bahwa para pendaki bisa melakukan registrasi secara online mulai tanggal 12 Maret 2022.

Dia mengatakan, para pendaki diperbolehkan melakukan aktivitas pendakian mulai tanggal 16 Maret 2022 mendatang.

Baca Juga: Wagub NTB Apresiasi Pembentukan Forum Jurnalis Perempuan Cabang NTB

2. Siapkan pendakian kelas dunia

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi DibukaIlustrasi pendakian di Gunung Rinjani Lombok IDN Times/Ahmad Viqi

Sehubungan pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani, Rohmi juga meminta pihak BTNGR agar meningkatkan standar jalur pendakian. Agar kualitas pendakian Gunung Rinjani memiliki standar kelas dunia seperti negara lain. 

“Kita juga minta penanganan sampah juga harus dilakukan. Semua kita yakinkan kualitasnya jauh lebih baik,” jelas Rohmi.

Di sisi lain, Rohmi pun meminta para pendaki nantinya tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan di masa penanganan pandemik COVID-19. 

Rohmi juga menuturkan, semua pihak baik BTNGR dan semua kalangan berkolaborasi  membuat kondisi alam di Gunung Rinjani semakin semakin lestari.

“Calon pendaki bisa registrasi online pakai eRinjani sejak 12 Maret besok,” pungkasnya.

3. Dukung Event MotoGP

Jalur Pendakian Gunung Rinjani Resmi DibukaIlustrasi balap MotoGP (motogp.com)

Di tempat sama, Kepala BTNGR Dedy Asriady menambahkan, laporan kondisi cuaca menjadi alasan utama pembukaan Gunung Rinjani. Ia menyampaikan, ramalan kondisi cuaca yang diberikan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika bulan Maret  terpantau normal.

“Perbaikan semua jalur pendakian sudah selesai,” ujar Dedy, Jumat (11/3/2022).

Selain itu, pihaknya juga sudah meningkatkan penggunaan aplikasi eRinjani guna membantu proses registrasi para pendaki.

“Upgrade Perbaikan Standar Operasional Prosedur (Pendakian, evakuasi dan penanganan sampah) telah selesai disosialisasikan juga,” katanya.

Apalagi dalam waktu dekat nanti, balapan dunia MotoGP Mandalika akan resmi digelar pada Jumat (18/3/2022). 

“Kita sekaligus mendukung MotoGP di Mandalika,” pungkas Dedy.

Baca Juga: Pemprov NTB Berutang Rp500 Miliar untuk Pembangunan RSUDP NTB

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya