Comscore Tracker

Ini Daftar Event 2021 di NTB yang Perlu Kamu Catat 

Gak sabar nunggu MotoGP Mandalika

Mataram, IDN Times - Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merilis Calender of Event atau Kalender Acara Tahunan edisi 2021 di Hotel Lombok Astoria, Kamis (10/12/2020).

Selain menggelar ajang balap MotoGP Mandalika yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia pada bulan Oktober tahun 2021, ini dia sejumlah event yang perlu kamu catat.

Baca Juga: 8 Resort dekat Pantai Senggigi, Lombok yang Suguhkan Pemandangan Keren

1. MotoGP Mandalika

Ini Daftar Event 2021 di NTB yang Perlu Kamu Catat motogp.com

Gelaran balap motor paling bergengsi di dunia MotoGP resmi menjadi agenda pariwisata NTB tahun 2021. MotoGP Mandalika tahun 2021 ini diluncurkan bersamaan dengan agenda resmi pariwisata lainnya di NTB. Seperti pementasan dan atraksi budaya sepanjang tahun 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, saat meluncurkan Calendar of Event 2021 memastikan persiapan sarana dan prasarana gelaran MotoGP terus dilakukan.

Dalam menyambut event ini, selain memastikan kondisi keamanan Hal yang tak kalah penting, sebut Gita, adalah tentang pengendalian pandemi COVID-19.

2. Pentingnya protokol C.H.S.E. di area-area wisata

Ini Daftar Event 2021 di NTB yang Perlu Kamu Catat Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, saat meluncurkan Calendar of Event 2021 Dok. Humas Pemprov NTB

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum, tempat-tempat wisata wajib menerapkan protokol C.H.S.E. Penerapan ini demi mengendalikan penyebaran virus corona di lokasi berlibur atau kerumunan lainnya.

"Kita tetap sosialisasikan persiapan lokasi dan penerapan sertifikat Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment (ramah lingkungan) C.H.S.E.," kata Gita, Sabtu (12/12) pekan ini.

Sebab, jelas Gita, penerapan C.H.S.E. mempengaruhi minat wisatawan untuk datang ke event MotoGP Mandalika dan kala berwisata di NTB di tengah pandemi COVID-19.

3. Berikut ini acara-acara seru di NTB selama 2021

Ini Daftar Event 2021 di NTB yang Perlu Kamu Catat Peluncuran L'ETAPE Indonesia 2021 Dok.Humas Pemrov NTB

Selain gelaran MotoGP Mandalika beberapa event lain juga bakal digelar di NTB sesuai jadwal Calender of Event Pariwisata 2021 NTB. "Ini dapat dijadikan referensi kegiatan bagi calon wisatawan sebagai salah satu usaha promosi," ujar Gita.

Mulai Februari 2021, Kabupaten Lombok Tengah bakal menggelar acara tahunan yakni Festival Pesona Bau Nyale hingga Maret. Selain itu, Festival Pesona Tambora menyapa dunia bakal digelar pada April 2021.

"Ada juga Festival Lawata, Teka Tambora, dan Tambora Challenge," jelasnya.

Gita melanjutkan, informasi tentang event, pementasan budaya, dan atraksi budaya sebisa mungkin memiliki dampak signifikan untuk meningkatkan angka lama tinggal dan angka kunjungan wisatawan ke NTB.

Hal ini akan berkontribusi pada pendapatan NTB dan negara yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Festival Pesona Khazanah Ramdhan bakal digelar pada April hingga Mei 2021.

Setelah itu, ajang triathlon yang menggabungkan olahraga bersepeda, renang dan lari maraton IRONMAN bakal meramaikan dunia wisata di NTB pada Juli 2021. Bulan Pesona Lombok Sumbawa 2021 pada Agustus hingga September 2021 bakal di Gelar di Pulau Sumbawa.

"Ada juga Mataram Carnival, Pekan Pesona Gumi Selaparang, Festival Senggigi, Gili Tramena Festival, dan Festival Moyo," beber Gita.

Event bergengsi lainnya, L’ETAPE Balap Sepeda kelas Internasional yang diikuti 15 Negara digelar September tahun 2021. Juga, Festival Taliwang bakal digelar 20 November 2021 dan Accomodation & Tenun Festival Lombok Sumbawa Desember 2021 nanti.

4. Pemetaan Zona COVID-19

Ini Daftar Event 2021 di NTB yang Perlu Kamu Catat Peluncuran L'ETAPE Indonesia 2021 Dok.Humas Pemrov NTB

Saat ini kata Gita, dua Kabupaten seperti Lombok Tengah dan Lombok Barat masih berada di zona risiko terendah (zona kuning) COVID-19. Ia berharap agar Kabupaten lain di NTB dapat menuju zona hijau sebelum MotoGP Mandalika digelar.

"Sehingga tidak ada lagi yang membatasi pergerakan orang," harap Gita.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Regional 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,Taufik Hidayat, mengatakan dunia pariwisata paling terdampak akibat COVID-19. Karena pandemik ini pergerakan orang terus dibatasi.

"Melihat berbagai hal yang dilakukan oleh Pemprov NTB dalam membangkitkan pariwisata sudah maksimal. Saya titip pesan agar pelaksanaan event promosi Road to MotoGP Mandalika menjelang gelarannya terus dilakukan," kata Taufik.

Pihaknya, aku Taufik, bakal bekerja sama dengan beberapa agen perjalanan besar seperti Traveloka dan Blibli untuk membantu pemasaran secara online di 22 negara terkait MotoGP Mandalika tersebut.

"Kementerian memang belum melakukan direct promotion ke negara-negara lain tentang gelaran MotoGP karena perbatasan masih ditutup. Kita maksimalkan dulu dengan promosi online dengan perusahaan yang memiliki jaringan global," jelas Taufik.

5. Proyek Sirkuit MotoGP Mandalika Dikebut

Ini Daftar Event 2021 di NTB yang Perlu Kamu Catat ANTARA/Ahmad Subaidi

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal menegaskan, MotoGP sebagai ajang internasional yang akan berlangsung pada Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus itu telah dapat dipastikan jadi digelar sesuai jadwal musim balapan MotoGP pada 2021.

NTB sendiri optimis, seluruh persiapan sarana dan prasarana dapat mendukung gelaran tersebut.

Oleh karena itu, lanjut Faozal, peluncuran kalender acara tahunan ini juga dirangkai dengan pertemuan bisnis pariwisata nusantara yang dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan industri pariwisata.

"Ini adalah upaya untuk memproyeksikan apa yang harus dikerjakan dan dipersiapkan menyambut tahun 2021 dengan seluruh event yang telah terjadwal. Proyek fisik untuk lintasan sedang dikebut," ujar Faozal.

Baca Juga: Hore! Fasilitas Penunjang Sirkuit Mandalika Siap Pertengahan 2021

Topic:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya