Memiliki 17 Tikungan, Ini Deretan Keunikan Sirkuit MotoGP Mandalika

Tikungan kesepuluh jadi andalan

Lombok Tengah, IDN Times - Memiliki 17 tikungan, lintasan utama Sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok, NTB dipercaya akan memacu andrenalin bagi para pembalap (rider) yang berlaga di ajang World Superbike (WSBK) dan MotoGP tahun 2022 mendatang.

Selain memiliki banyak tikungan dengan keunikan tersendiri, Sirkuit Mandalika juga menyuguhkan keindahan alam di sisi kanan dan kirinya. 

Baca Juga: WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Diundur

1. Sirkuit Mandalika diapit pantai dan perbukitan yang indah

Memiliki 17 Tikungan, Ini Deretan Keunikan Sirkuit MotoGP MandalikaKawasan perbukitan Sirkuit Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harianto mengatakan, keindahan alam di semua sisi Sirkuit MotoGP Mandalika akan menjadi daya tarik tersendiri bagi rider.

Bukan hanya menyuguhkan daya tarik para rider saat balapan, keindahan pantai dan perbukitan Mandalika diyakini akan menjadi pesona tersendiri bagi para penonton.

Happy mengatakan, semua sisi Sirkuit MotoGP Mandalika memiliki pemandangan alam yang bagus dan sangat memancing adrenalin bagi para pembalap.

"Kenapa kita pilih Lombok, NTB, dan Mandalika karena kita tahu, Lombok atau Mandalika memiliki keindahan alam cukup bagus," kata Happy usai mengunjungi Sirkuit Mandalika, Selasa (28/9/2021) kemarin.

2. Sirkuit Mandalika memiliki speed trap yang lebar dan tinggi

Memiliki 17 Tikungan, Ini Deretan Keunikan Sirkuit MotoGP MandalikaSirkuit Internasional Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Selain unik karena memiliki 17 tikungan dengan kondisi yang berbeda-beda, Sirkuit Mandalika dengan panjang track utama 4,32 km, kata Happy, juga memiliki speed trap yang cukup lebar dan tinggi. 

Dengan lintasan high speed corner , ujar Happy, akan memacu gaya dorong para pembalap untuk terus memaksimalkan kecepatan saat berlaga di Sirkuit MotoGP Mandalika.

"Jadi di situ ada speed trap yang artinya ada gaya dorong memicu semua pembalap terus memacu kecepatan motor yang dikendarai," kata Happy.

3. Tikungan kesepuluh unik dan jadi andalan

Memiliki 17 Tikungan, Ini Deretan Keunikan Sirkuit MotoGP MandalikaTampilan sirkuit Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Usai mengecek kondisi lintasan utara Sirkuit MotoGP Mandalika, Happy mengaku kagum dengan track utama yang dimiliki oleh Sirkuit Mandalika.

Apalagi, jelas Happy, pada tikungan ke-10 akan menjadi andalan bagi semua pembalap. "Di mana kecepatan di tikungan 10 itu bisa sampai 350 km per jam," kata dia.

Sirkuit Mandalika juga memiliki tipikal sirkuit flowing. "Jadi pembalap nanti ngeremnya tiga kali di Sirkuit. Bayangkan saja bagaimana kecepatan mereka. Pasti kalau nonton langsung kita tidak bisa lihat jelas karena kenceng banget kan," kata Happy. 

4. Penonton bisa menyaksikan dari atas bukit

Memiliki 17 Tikungan, Ini Deretan Keunikan Sirkuit MotoGP MandalikaKawasan perbukitan di Sirkuit MotoGP Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Selain memiliki tipikal yang berbeda, ujar Happy, area perbukitan yang mengelilingi Sirkuit MotoGP Mandalika akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para penonton.

"Nanti kalau mau nonton, paling kalau mau lihat kecepatan itu kita bisa nonton di atas bukit," kata Happy.

Dari pantauan IDN Times, bukit berada tepat di depan tikungan kedua, keempat, dan keenam di salah satu sisi Sirkuit MotoGP Mandalika. 

"Sirkuit kita ini punya sharing value yang tinggi. Kita bersyukur di Indonesia punya alam yang bagus seperti Mandalika ini," kata Happy. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya