Presiden Jokowi Diundang Saksikan Balapan MXGP Samota 

Jokowi juga akan tinjau sejumlah proyek strategis

Mataram, IDN Times - Gubenur NTB Zulkieflimansyah dan panitia mengundang Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyaksikan perhelatan kejuaraan dunia balap motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) Samota di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

MXGP Samota akan digelar di Rocket Motor Circuit kawasan Samota Kabupaten Sumbawa pada tanggal 24 - 26 Juni 2022. Gubernur NTB diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi menyampaikan undangan tersebut melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

"Senin, 6 Juni 2022, mewakili Bapak Gubernur dan panitia MXGP, saya menghadap Mensesneg yang diterima Sesmen Mas Tomo menyampaikan undangan dan permohonan kehadiran Bapak Presiden RI untuk menyaksikan MXGP di Kabupaten Sabalong Samalewa (Sumbawa)," kata Sekda NTB, Lalu Gita Ariadi.

1. Jokowi juga direncanakan tinjau sejumlah proyek strategis

Presiden Jokowi Diundang Saksikan Balapan MXGP Samota instagram.com/hoff259

Selain menyaksikan event MXGP Samota, kehadiran Presiden Jokowi juga ingin dimanfaatkan untuk groundbreaking shrimp estate dan peresmian bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa. Kemudian menyaksikan progress rencana pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat.

Gita mengatakan dengan adanya event berskala internasional dan proyek-proyek strategis nasional di Sumbawa dan Sumbawa Barat diharapkan akan mampu menjadi motor penggerak pembangunan. Untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat NTB.

Baca Juga: Progres Pengerjaan 60 Persen, Begini Penampakan Sirkuit MXGP Samota 

2. Berpacu dengan waktu mempersiapkan MXGP Samota

Presiden Jokowi Diundang Saksikan Balapan MXGP Samota Sekda NTB Lalu Gita Ariadi menyerahkan undangan lewat Mensesneg untuk Presiden Jokowi. (Dok. Istimewa)

Gita menyatakan perhelatan balap motocross tingkat dunia itu akan segera berlangsung. Panitia dan berbagai pihak yang terlibat terus berpacu dengan waktu mempersiapkan berbagai hal agar event MXGP Samota berjalan lancar dan sukses.

Pembangunan Rocket Motor Circuit MXGP Samota, di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB, terus dikebut. Event balapan dunia seri ke-12 yang akan berlangsung pada 24-26 Juni 2022 mendatang, progresnya telah mencapai 60 persen.

Komandan Lapangan MXGP Samota Ridwan Syah memastikan bahwa pengerjaan sirkuit sesuai jadwal. Ditargetkan Progres pengerjaan seluruh fasilitas utama dan pendukung Rocket Motor Circuit MXGP Samota, sudah mencapai 60 persen. Ridwan mengatakan sejumlah alat berat dan para pekerja terus beroperasi siang dan malam untuk memastikan penyelesaian arena Rocket Motor Circuit MXGP Samota.

3. Progres pengerjaan sirkuit dan fasilitas pendukung

Presiden Jokowi Diundang Saksikan Balapan MXGP Samota Rocket Motor Circuit MXGP Samota (Dok. Diskominfotik NTB)

Ridwan mengungkapkan progres pembangunan sirkuit dan fasilitas pendukungnya. Seperti pembangunan track seperti Skybox sudah mencapai 60 persen, tribun VIP 50 persen, paddock 60 persen, Bike Wash 80 persen dan Pit Line 60 persen.

Sedangkan infrastruktur pendukung, seperti fasilitas air bersih sudah mencapai 98 persen, pengerjaan untuk listrik 80 persen, pembangunan jalan 80 persen, toilet 20 persen dan persediaan tempat parkir sudah mencapai 20 persen.

Pembangunan jalan alternatif menuju sirkuit, seperti jalan Penyaring-Labu Sawo sudah 50 persen rampung. Jalan Bukit Permai-Simpang Boak 15 persen, Kebayan-Bukit Permai 35 persen dan Klapis 15 persen. Termasuk penerangan jalan umum jembatan Samota menuju venue, dalam proses pemasangan.

Baca Juga: 17.917 Ternak Terjangkit, NTB Belum Ditetapkan Daerah Wabah PMK 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya