Pesona Khazanah Ramadan 2023, NTB Hadirkan Pameran Kuliner Nusantara 

Ada lomba e-sport dan fashion show bagi kepala OPD

Mataram, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menggelar event Pesona Khazanah Ramadan 2023. Kegiatan yang dipusatkan di Halaman Islamic Center NTB itu, mulai digelar pada 25 Maret sampai 16 April 2023.

Kegiatan itu akan dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada 1 April mendatang. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi mengatakan kegiatan Pesona Khazanah Ramadan 2023, berbeda dari tahun sebelumnya.

"Kalau tahun kemarin masih dalam suasana pandemik COVID-19. Sekarang PPKM sudah dicabut," kata Jamaluddin di Mataram, Sabtu (25/3/2023).

1. Pameran kuliner khas NTB dan Nusantara

Pesona Khazanah Ramadan 2023, NTB Hadirkan Pameran Kuliner Nusantara Produk kuliner khas NTB, Sate Rembiga dalam bentuk kemasan. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin menyebutkan telah disiapkan sebanyak 61 booth untuk UMKM kuliner, fashion dan kriya. Konsep penyelenggaraan Pesona Khazanah Ramadan 2023 adalah mengangkat kuliner khas Lombok, Sumbawa dan Bima.

Selain itu, konsep Pesona Khazanah Ramadan 2023 juga mengangkat kuliner khas nusantara. "Jadi bukan saja makanan tradisional khas NTB tetapi juga kuliner khas nusantara," ucap Jamaluddin.

Baca Juga: Cara Gen Z di Mataram Raih Cuan, Jualan Minuman dan Takjil Buka Puasa 

2. Memudahkan wisatawan luar daerah untuk berbuka puasa

Pesona Khazanah Ramadan 2023, NTB Hadirkan Pameran Kuliner Nusantara Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Kota Mataram, salah satu masjid terbesar di NTB (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin mengatakan masyarakat yang datang tarawih ke Islamic Center NTB bukan saja dari Lombok. Tetapi juga ada yang datang dari luar daerah NTB. Sehingga pameran kuliner lokal dan nusantara itu, akan mempermudah masyarakat dan wisatawan tidak jauh-jauh mencari tempat berbuka puasa.

Dengan adanya pameran kuliner lokal dan Nusantara ini, juga diharapkan meningkatkan ekonomi masyarakat di bulan Ramadan. "Nanti tanggal 1 April mulai dibuka kegiatan ini secara resmi oleh pak gubernur," terangnya.

3. Ada lomba e-sport hingga fashion show khusus Kepala OPD

Pesona Khazanah Ramadan 2023, NTB Hadirkan Pameran Kuliner Nusantara Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain pameran kuliner, dalam Pesona Khazanah Ramadan 2023 juga diadakan sejumlah perlombaan. Jamaluddin menyebutkan perlombaan yang dilakukan seperti lomba tadarusan, lomba e-sport, mewarnai, demo kuliner hingga fashion show pejabat eselon II dan III lingkup Pemprov NTB.

"Lomba fashion show khusus bagi kepala OPD dan eselon III. Bukan saja OPD provinsi, kabupaten/kota kita undang juga termasuk pimpinan BUMN dan BUMD. Ini dilaksanakan pada 15 April dan khusus bapak-bapak. Dia nanti belanja di UMKM beli baju tenun," tandas Jamaluddin.

Baca Juga: Diperiksa 6 Jam oleh Penyidik Kejati NTB, Sekda NTB Irit Bicara 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya