Comscore Tracker

Perusahaan Raffi Ahmad Berencana Potong 50-100 Ekor Sapi Per Hari 

Sultan Andara jajaki bisnis pemotongan hewan di NTB

Mataram, IDN Times - Artis kondang Raffi Ahmad telah mengutus orang kepercayaannya melakukan survei ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkait penjajakan bisnis pengolahan daging sapi pada Desember 2021 lalu. Menurut rencana, perusahaan Raffi Ahmad akan memotong 50 - 100 ekor sapi per hari.

"Rencananya pemotongan awal ini kapasitas 50 - 100 ekor per hari. Tetapi tergantung analisa mereka nanti di Jakarta," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB, drh. Khairul Akbar dikonfirmasi IDN Times, Minggu (16/1/2022).

1. Staf Raffi Ahmad telah lakukan survei

Perusahaan Raffi Ahmad Berencana Potong 50-100 Ekor Sapi Per Hari Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau RPH Banyumulek. (Dok. Disnakeswan NTB)

Khairul menuturkan pada akhir Desember 2021, orang kepercayaan Raffi Ahmad telah turun ke NTB melakukan survei terkait dengan ketersediaan sapi-sapi eksotik yang ada di Lombok dan Sumbawa. Mereka juga sudah diajak keliling melihat Rumah Potong Hewan (RPH) Banyumukek Lombok Barat, pasar hewan dan tempat-tempat penggemukan sapi.

"Keputusan akhir nanti di manajemennya. Paling tidak, kita minta kalau sudah siap dengan segalanya, kami minta presentasi dulu di Pemerintah Provinsi NTB," terang Khairul.

Baca Juga: Raffi Ahmad Akan Kelola Rumah Pemotongan Hewan di NTB

2. Gubernur minta investor difasilitasi

Perusahaan Raffi Ahmad Berencana Potong 50-100 Ekor Sapi Per Hari Kepala Disnakeswan NTB, drh. Khairul Akbar (Foto : Istimewa)

Khairul menambahkan NTB sangat welcome dengan investor yang akan menanamkan investasinya di daerah ini. Untuk itu, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah telah meminta agar investor yang tertarik dalam bisnis pengolahan daging sapi ini agar difasilitasi.

"Yang jelas pak Gubernur minta kita bantu untuk fasilitasi. Jangan dulu perhitungkan aset dan sebagainya," terangnya.

Setelah kunjungan orang kepercayaan Sultan Andara tersebut, Disnakeswan NTB masih menunggu informasi lebih lanjut pada Januari atau Februari ini. Menurut rencana, investasi Raffi Ahmad ini akan direalisasikan pada Januari atau Februari mendatang.

3. Rencanakan bangun pabrik pengolahan daging sapi

Perusahaan Raffi Ahmad Berencana Potong 50-100 Ekor Sapi Per Hari Budidaya sapi Bali di Pulau Sumbawa. (Dok. Disnakeswan NTB)

Khairul mengungkapkan perusahaan Raffi Ahmad berencana membangun pabrik pengolahan daging sapi selain mengelola RPH Banyumulek. Pemerintah Provinsi NTB telah menyiapkan lahan di kawasan Banyumulek.

"Pabrik hilirisasi yang akan dibangun nantinya akan menghasilkan daging segar, daging beku, kornet, sosis dan lainnya. Nanti akan menyedot tenaga kerja yang banyak. Yang jelas mereka dari hulu ke hilir," jelas Khairul.

Berdasarkan data Disnakeswan NTB, jumlah populasi ternak sapi pada tahun 2020 sebanyak 1,285 juta ekor lebih. Sedangkan populasi kerbau sebanyak 115.151 ekor. Sementara populasi kambing sebanyak 709.764 ekor.

Sebanyak 1,285 juta ekor sapi tersebut dengan rincian Kota Mataram 2.260 ekor, Lombok Barat 124.508 ekor, Lombok Tengah 179.189 ekor, Lombok Timur 146.454 ekor, dan Lombok Utara 94.987 ekor. Kemudian Sumbawa Barat 80.933 ekor, Sumbawa 271.246 ekor, Dompu 146.405 ekor, Bima 213.873 ekor, dan Kota Bima 25.891 ekor.

Baca Juga: Menkop UKM : Nonton MotoGP Kurang Lengkap Tanpa Mencoba Sate Rembiga 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya