Permudah Akses ke IKN, Lion Air Buka Rute Lombok-Balikpapan 

Penerbangan dilayani tiga kali seminggu

Lombok Tengah, IDN Times - Maskapai penerbangan Lion Air membuka rute Lombok-Balikpapan mulai Rabu (3/7/2024). Pembukaan penerbangan langsung ini mempermudah akses ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Penerbangan perdana rute Lombok-Balikpapan ditandai dengan kedatangan pesawat Lion Air dari Balikpapan yang disambut dengan seremonial water salute sesaat setelah mendarat di Bandara Lombok pada pukul 14.00 WITA. Pesawat bernomor penerbangan JT 733 ini membawa 205 penumpang.

1. Penumpang disambut Pj Gubernur NTB Hassanudin

Permudah Akses ke IKN, Lion Air Buka Rute Lombok-Balikpapan Pj Gubernur NTB Hassanudin menyambut penumpang perdana rute Lombok-Balikpapan. (dok. Istimewa)

Perwakilan penumpang dan kru pesawat yang tiba disambut dengan pengalungan kain khas Sasak oleh Pj Gubernur NTB Hassanudin didampingi General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono serta perwakilan maskapai Lion Air.

“Kami menyambut baik dan positif dengan hadirnya rute penerbangan baru bagi pengguna jasa Bandara Lombok ini. Hal ini tentunya akan semakin memudahkan pelaku perjalanan, wisatawan, dan pebisnis dari Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menuju Balikpapan, Kalimantan Timur, serta Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sebaliknya,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono.

Baca Juga: BPBD Sebut 581.932 Warga NTB Berpotensi Terdampak Kekeringan 

2. Frekuensi penerbangan tiga kali seminggu

Permudah Akses ke IKN, Lion Air Buka Rute Lombok-Balikpapan ilustrasi bandara (unsplash.com/Rocker Sta)

Barata juga menyampaikan terima kasih kepada Lion Air serta jajaran Pemerintah Provinsi NTB atas pembukaan rute baru ini. Dia berharap akan makin banyak lagi rute baru dan tambahan frekuensi penerbangan yang hadir di Bandara Lombok.

"Sehingga akan semakin mendorong peningkatan aktivitas pariwisata serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan investasi di Provinsi NTB,” harapnya.

Rute Lombok-Balikpapan dan sebaliknya beroperasi dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu.

Untuk jadwal penerbangannya, Lion Air nomor penerbangan JT 732 akan berangkat dari Lombok pukul 14.50 WITA dan dijadwalkan tiba di Balikpapan pukul 16.30 WITA.

Sedangkan dari Balikpapan, pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 733 akan lepas landas pukul 12.30 WITA dan mendarat di Lombok pukul 14.10 WITA.

Penerbangan ini akan menggunakan armada pesawat jenis Boeing 737-900ER berkapasitas 215 kursi dan fasilitas bagasi kabin gratis 7 kilogram serta bagasi tercatat 20 kilogram.

3. Bandara Lombok layani delapan penerbangan rute domestik

Permudah Akses ke IKN, Lion Air Buka Rute Lombok-Balikpapan ilustrasi pesawat. (unsplash.com/Artturi Jalli)

Dengan adanya rute Lombok-Balikpapan ini, kata Barata, Bandara Lombok saat ini melayani delapan rute penerbangan domestik reguler. Yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Bima, Sumbawa Besar, Makassar, dan Balikpapan yang dilayani maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Air Jet, dan Wings Air.

Sedangkan untuk penerbangan internasional, saat ini ada dua rute, yaitu tujuan Kuala Lumpur dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia dan AirAsia Berhad dan tujuan Singapura yang dilayani oleh Scoot.

“Lombok adalah salah satu destinasi wisata favorit Indonesia yang setiap tahunnya juga menjadi tuan rumah event internasional kelas dunia MotoGP. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dan penggemar sport tourism untuk datang ke Lombok," terangnya.

Ia menyatakan siap menyambut para penumpang yang datang. Serta mendukung penuh maskapai penerbangan baik domestik maupun internasional yang ingin mem

Baca Juga: Dua Kampus Asal NTB Unjuk Gigi di Shell Eco-marathon APME 2024 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya