Kejati NTB Selidiki Dugaan Korupsi Event Lombok Sumbawa Motocross 2023

Anggaran Lombok Sumbawa Motocross 2023 sebesar Rp24 miliar

Mataram, IDN Times - Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB menyelidiki dugaan korupsi pelaksanaan event Lombok Sumbawa Motocross 2023. Kasus ini sedang ditangani bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejati NTB.

Event Lombok Sumbawa Motocross 2023 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp24 miliar dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Event tersebut digelar pada 24-26 November 2023.

1. Masih tahap penyelidikan

Kejati NTB Selidiki Dugaan Korupsi Event Lombok Sumbawa Motocross 2023ilustrasi berkas (Pixabay.com/Mohamed_hassan)

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati NTB Ely Rahmawati, Selasa (9/7/2024) membenarkan kasus dugaan korupsi pelaksanaan event Lombok Sumbawa Motocross 2023 sedang dilakukan penyelidikan. Namun ia enggan membeberkan lebih jauh kasus tersebut karena masih dalam tahap penyelidikan.

Ely juga belum menyebutkan siapa saja pihak yang telah diminta keterangan terkait kasus tersebut. Ia mengatakan pada saatnya akan menyampaikan perkembangan kasus dugaan korupsi Lombok Sumbawa Motocross 2023 tersebut.

Baca Juga: Respons KPU NTB Soal Pantarlih Gunakan Joki Coklit Pemilih

2. Inventarisir perkara-perkara setiap bidang

Kejati NTB Selidiki Dugaan Korupsi Event Lombok Sumbawa Motocross 2023ilustrasi memberikan keterangan (unsplash.com/Van Tay Media)

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTB Enen Saribanon mengatakan sedang melakukan inventarisir perkara-perkara yang sedang ditangani di setiap bidang. Ia mengatakan baru menjabat sebagai Kajati NTB kurang dari sebulan.

"Terkait perkara kasus korupsi, ada beberapa perkara yang dilaporkan, dan beberapa tunggakan pada saat saya masih di sini sebagai Wakajati tahun 2022-2023," kata Enen.

3. Tindak lanjuti laporan dugaan korupsi

Kejati NTB Selidiki Dugaan Korupsi Event Lombok Sumbawa Motocross 2023ilustrasi korupsi (pexels.com/cottonbro studio)

Enen menyatakan semua perkara yang sedang ditangani akan dituntaskan. Baik kasus yang masih dalam tahap penyelidikan maupun penyidikan.

"Kami mengumpulkan tim untuk bisa menindak lanjuti ini segera. Biar segera ada kepastian hukum. Kalau kedepan ada tiga perkara, katanya, saya juga belum pasti. Karena memang kami sedang menginventarisir ini," tambahnya.

Ia menegaskan Kejati NTB berkomitmen menindak lanjuti setiap laporan masyarakat terkait tindak pidana korupsi. Ia mengatakan kinerja Pidsus Kejari NTB termasuk bagus.

"Laporan bulanan di pusat tidak pernah keluar dari lima besar kinerja terbaik di Indonesia," terangnya.

Sebagaimana diketahui, Kemenparekraf menggelontorkan anggaran sebesar Rp24 miliar untuk mendukung gelaran event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023. Event Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 digelar pada 24 - 26 November 2023.

Gelaran Lombok Sumbawa Motocross Competition 2023 digelar di Sirkuit Tohpati Kota Mataram yang diikuti ratusan pembalap dari seluruh Indonesia. Selain itu, ada juga side event trabas dan touring motor yang diikuti ribuan peserta.

Side event trabas ini juga akan diikuti peserta dari seluruh Indonesia tanpa dipungut biaya pendaftaran. Biasanya, peserta dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp400 ribu sampai Rp500 ribu per orang. Namun pada event Lombok Sumbawa Motocross, peserta tidak dipungut biaya.

Baca Juga: Kloter Terakhir Dipulangkan, 5 Jemaah Haji NTB Masih Dirawat di Makkah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya