Jumlah Penonton WSBK di Mandalika Melampaui Donington Park Inggris 

Menteri BUMN Erick Thohir gembira

Lombok Tengah, IDN Times - Perhelatan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB) memecahkan rekor jumlah penonton balapan di dunia. Angkanya melampaui jumlah penonton WSBK di Sirkuit Donington Park Inggris yang mencapai 42 ribu orang. 

Sedangkan di Sirkuit Mandalika, jumlah penonton bahkan sebanyak 51.629 orang.

"Alhamdulilah WSBK Mandalika 2022 sukses dengan jumlah terbanyak penontonnya sebanyak 51 ribu," ungkap Wakil Gubernur NTB Rohmi Djalilah dikonfirmasi di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/11/2022).

1. Dihadiri 51.629 penonton selama dua hari

Jumlah Penonton WSBK di Mandalika Melampaui Donington Park Inggris Penonton menyaksikan final race WSBK Mandalika 2022 di tribun grandstand dekat tikungan 16 Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Fakta ini diakui Komandan Lapangan WSBK Mandalika 2022 Jamaluddin Maladi menyebutkan, jumlah penonton yang tercatat sebanyak 51.629 orang. Jumlah penonton ini merupakan akumulasi pengunjung pada Sabtu dan Minggu di Sirkuit Mandalika. 

"Antusias penonton yang menyaksikan sebanyak 51.629 orang. Akumulasi penonton pada Sabtu dan Minggu. Mengalahkan jumlah penonton terbanyak WSBK selama ini di Sirkuit Donington Inggris sebanyak 42 ribu," sebut Jamaluddin.

Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Sosial Kemasyarakatan ini menambahkan, penonton balapan tersebut tercatat dalam ajang WSBK yang diadakan sebelum pandemik COVID-19.

Menurutnya, hal tersebut yang menjadikan balapan WSBK Mandalika terasa istimewa. Karena gelaran balapannya dilaksanakan dalam situasi pandemik COVID-19.

Perinciannya, 5 ribu hingga 6 ribu orang penonton pada race 1, Sabtu (12/11/2022). Sedangkan sisanya menonton pada final race WSBK Mandalika pada Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Pembalap Ducati Alvaro Bautista Juara Dunia WSBK 2022 

2. Menteri BUMN Erick Thohir gembira

Jumlah Penonton WSBK di Mandalika Melampaui Donington Park Inggris Menteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan kegembiraannya atas pencapaian jumlah penonton WSBK Mandalika 2022 ini.  Tingginya antusiasme masyarakat ini menunjukkan hal positif nantinya bisa diraih Sirkuit Mandalika, BUMN yang terlibat di dalamnya, serta Indonesia.

Menurut Erick, publik sangat percaya dengan komitmen pemerintah dalam mengelola Sirkuit Mandalika. Terutama dalam memastikan kenyamanan serta kelengkapan sarana dan prasarana bagi seluruh penonton ajang balapan dunia. 

3. Kolaborasi banyak pihak

Jumlah Penonton WSBK di Mandalika Melampaui Donington Park Inggris Juara dunia WSBK 2022, Alvaro Bautista. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain itu, Erick pun menggarisbawahi kolaborasi seluruh pihak dalam menyukseskan pagelaran balapan WSBK Mandalika. Termasuk pula perusahaan BUMN dalam negeri terlibat dalam pelaksanaan balapan ini. 

"Semua hal positif itu telah memberikan angin segar pada nama baik Indonesia sebagai tuan rumah WSBK. Tidak ada keraguan atas kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah perhelatan yang mendunia. Semuanya aman, nyaman, dan sukses," ujarnya. 

Para pembalap internasional yang ikut dalam kejuaraan WSBK maupun World Supersport (WSSP) dapat menjadi duta Indonesia di mata dunia. "Mereka akan menyebarkan kabar baik tentang Indonesia di luar negeri," ungkapnya.

Baca Juga: Catat Sejarah, WSBK Mandalika 2022 Jadi Balapan ke-900 di Dunia 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya