Ini Teknologi yang Digunakan BNPB untuk Cegah Hujan saat MotoGP

BNPB akan modifikasi cuaca pada 17-20 Maret 2022

Lombok Tengah, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) selama gelaran MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Harapannya, pada saat gelaran MotoGP nanti, tidak terjadi hujan deras.

BNPB akan mendatangkan sebuah pesawat yang akan melakukan TMC untuk mencegah atau mengendalikan hujan di Kawasan Mandalika. Dengan melakukan teknologi modifikasi cuaca, perhelatan balapan di Sirkuit Mandalika diharapkan berjalan lancar.

1. BNPB modifikasi cuaca 17 - 20 Maret

Ini Teknologi yang Digunakan BNPB untuk Cegah Hujan saat MotoGPDirektur Kedaruratan BNPB, Rustian (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Kedaruratan BNPB Rustian dikonfirmasi di Rumah Sakit Mandalika, Selasa (15/3/2022) mengatakan modifikasi cuaca akan dilaksanakan mulai 17 hingga 20 Maret 2022. Semua peralatan yang dibutuhkan akan tiba di Lombok pada Rabu (16/3/2022) besok.

Rustian menjelaskan nantinya Tim TMC akan mendapatkan informasi prakiraan cuaca di Kawasan Mandalika dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dari prakiraan cuaca BMKG, apabila Kawasan Mandalika berpotensi terjadi hujan lebat, maka Tim TMC akan melakukan modifikasi cuaca.

"Jadi sudah tahu kalau seandainya kalau hujan mau turun di sekitar Mandalika. Maka nanti akan dijatuhkan sebelum di Mandalika. Jadi tetap hujan tetapi di tempat lain hujannya," terang Rustian.

Baca Juga: Fabio Quartararo Beli Gelang yang Dijual Anak Mandalika

2. Gubernur usulkan ke BNPB

Ini Teknologi yang Digunakan BNPB untuk Cegah Hujan saat MotoGPKepala Pelaksana BPBD NTB Sahdan (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB Sahdan mengatakan sebelumnya Gubernur NTB Zulkieflimansyah telah bersurat ke BNPB mengenai modifikasi cuaca saat event MotoGP Maandalika pada 18 - 20 Maret mendatang.

Usulan Gubernur telah direspons BNPB dengan mendatangkan peralatan TMC dan pesawat pada Rabu (15/3/2022). "Di samping pawang hujan, kami juga sudah mengusahakan teknologi TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca). Itu yang sudah Pak Gubernur usulkan ke BNPB," ungkap Sahdan.

3. Modifikasi cuaca untuk memperlancar gelaran MotoGP

Ini Teknologi yang Digunakan BNPB untuk Cegah Hujan saat MotoGPPemandangan Sirkuit Mandalika dari udara yang diklaim MotoGP sebagai sirkuit paling indah di dunia (www.instagram.com/@motogp)

Sahdan menyebutkan pada Rabu (16/3/2022), semua peralatan dan satu buah pesawat akan tiba di Lombok. Tim TMC akan melakukan modifikasi cuaca mulai 17 Maret hingga 20 Maret 2022.

Dengan modifikasi cuaca diharapkan race MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika berjalan lancar. Tidak seperti pada saat race World Superbike (WSBK) pada November 2021 yang sempat ditunda karena hujan lebat.

Baca Juga: Marq Marquez Akan Bertemu Presiden Jokowi Sebelum Bertolak ke Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya