Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bali-Lombok, MGPA: Sirkuit Mandalika Aman!

MGPA pastikan tak ada kerusakan akibat gempa

Lombok Tengah, IDN Times - Gempa bermagnitudo 5,8 mengguncang Bali hingga Lombok, Senin (22/8/2022) sekitar pukul 16.36 Wita. Gempa ini terjadi pada kedalaman 124 km dan berpusat di 74 km Kuta Selatan Bali.

Gempa terasa cukup besar di Sirkuit Mandalika, Kuta Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan Sirkuit Mandalika aman atau tidak terjadi kerusakan.

"Tadi saya tanya 5 menit yang lalu baru kejadian, sejauh ini gak ada apa-apa. Sirkuit Mandalika aman, tidak ada kerusakan," kata Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dikonfirmasi IDN Times, Senin (22/8/2022) sore.

1. Guncangan gempa cukup besar di Mandalika

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bali-Lombok, MGPA: Sirkuit Mandalika Aman!Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Pria yang biasa disapa Andi ini mengungkapkan informasi yang didapatkan guncangam gempa di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika cukup besar. Meskipun demikian, dia memastikan bahwa sirkuit dengan panjang 4,3 km itu tidak mengalami kerusakan.

"Tadi saya dengar, (petugas) di sirkuit telepon saya, katanya (gempa) cukup besar. Tapi Alhamdulillah gak ada apa-apa di Sirkuit Mandalika," tuturnya.

Baca Juga: Omprongan Tembakau di Lombok Tengah Ludes Terbakar 

2. Sirkuit Mandalika akan dipercantik jelang WSBK 2022

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bali-Lombok, MGPA: Sirkuit Mandalika Aman!potret Sirkuit Mandalika yang tampak dari udara (instagram.com/motogp)

Sirkuit Mandalika akan kembali menjadi lokasi perhelatan balap motor internasional World Superbike (WSBK) pada 11 - 13 November mendatang. Sebelum gelaran ajang balap motor bergengsi di dunia tersebut, Sirkuit Mandalika akan diperbaiki dan dipercantik. Perbaikan Sirkuit Mandalika dinamakan project track improvement yang rencananya dimulai pada September bulan depan.

"MGPA ini sekarang dalam tahap project track improvement. Yaitu memperbaiki sirkuit, di dalamnya adalah melakukan pengecetan, memperbaiki tikungan. Kemudian memperbaiki ban-ban yang tadinya dua lapis diminta tiga lapis. Sementara yang tiga lapis menjadi 6 lapis," kata Andi belum lama ini.

Sirkuit Mandalika juga akan dilakukan pengaspalan ulang di beberapa titik. Karena ada beberapa titik lintasan Sirkuit Mandalika yang menurut para pembalap daya cengkeramannya kurang bagus.

"Itu juga kita aspal ulang. Tujuannya supaya balap WSBK ini lebih menarik lagi, pembalap saling menyusul di tikungan. Karena mereka bilang ada tikungan yang grip-nya kurang bagus. Sehingga pembalap gak bisa action maksimal. Jadi kita sedang mempersiapkan segala sesuatu menuju WSBK 2022," ungkapnya.

3. Kejar homologasi grade 2 untuk balap mobil

Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bali-Lombok, MGPA: Sirkuit Mandalika Aman!aksi Valentino Rossi di GT World Challenge Europe 2022 (instagram.com/valeyellow46)

Andi menambahkan bahwa sebelumnya Sirkuit Mandalika diaspal ulang untuk mendapatkan homologasi grade A dari FIM. Pengaspalan ulang di beberapa titik yang akan dilakukan pada September mendatang memiliki dua tujuan.

Salah satu tujuannya yaitu tetap mempertahankan homologasi grade A untuk gelaran MotoGP dan mengejar homologasi grade 2 dari FIA untuk gelaran balap mobil seperti GT Challenge. "Sekalian kita rapiin supaya dapat homologasi dari FIA. Sekaligus supaya tidak kerja dua kali," terangnya.

Andi menjelaskan dengan kerja satu kali maka akan didapatkan dua homologasi, yaitu, homologasi dari FIM untuk gelaran MotoGP dan WSBK. Kemudian homologasi dari FIA untuk balapan mobil atau kendaraan roda empat.

Dengan mengantongi homologasi grade 2, Sirkuit Mandalika dapat digunakan untuk balap mobil seperti GT World Challenge. Selain GT World Challenge, ada banyak balapan mobil yang memenuhi syarat digelar di sirkuit yang mendapatkan homologasi grade 2.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya