Diangkut 2 Pesawat Kargo, Logistik WSBK Tiba di Lombok 9 November 

Logistik WSBK dikirim lewat transportasi laut dan udara

Lombok Tengah, IDN Times - Logistik balap World Superbike (WSBK) akan segera berdatangan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada awal November mendatang. Logistik WSBK Mandalika diangkut lewat transportasi udara dan laut.

WSBK Mandalika akan digelar pada 11 - 13 November 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Perhelatan kejuaraan dunia WSBK 2022 merupakan kedua kalinya digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, setelah dihelat di lokasi yang sama pada 2021 lalu.

1. Dua pesawat kargo angkut logistik WSBK tiba di Lombok pada 9 November

Diangkut 2 Pesawat Kargo, Logistik WSBK Tiba di Lombok 9 November Kedatangan logistik WSBK 2021 yang disambut langsung oleh Gubernur Provinsi NTB Dr H Zulkieflimansyah (Dok Diskominfotik NTB)

Chairman WSBK Mandalika 2022, Samsul Purba mengatakan logistik WSBK mulai dibawa ke Lombok melalui jalur transportasi laut. Sedangkan logistik yang diangkut menggunakan pesawat kargo akan tiba di Lombok pada 9 November mendatang.

"Dua pesawat kargo nantinya akan tiba pada tanggal 9 November 2022," kata Samsul Purba dalam keterangan yang diterima, Selasa (11/10/2022).

Baca Juga: Buruan! Warga NTB Dapat Diskon Harga Tiket WSBK Mandalika 50 Persen 

2. Logistik dibawa bertahap

Diangkut 2 Pesawat Kargo, Logistik WSBK Tiba di Lombok 9 November Chairman WSBK Mandalika 2022, Samsul Purba. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Samsul Purba menjelaskan pengiriman logistik WSBK dilakukan secara bertahap seperti tahun 2021melalui jalur transportasi udara dan transportasi air. Jenis logistik yang dibawa menggunakan pesawat akan tiba di Bandara Internasional Lombok, selanjutnya dibawa menggunakan truk kontainer menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Logistik WSBK yang diangkut menggunakan pesawat, mulai dari sepeda motor para pembalap, peralatan motor, spare part. Kemudian alat telekomunikasi, peralatan TV dan peralatan video serta logistik dari Dorna Sports.

3. Ban, oli dan bahan bakar dibawa lewat jalur transportasi laut

Diangkut 2 Pesawat Kargo, Logistik WSBK Tiba di Lombok 9 November Kejuaraan dunia WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika. (dok. MGPA)

Sementara itu, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, logistik yang dibawa dari jalur transportasi laut adalah ban, oli dan bahan bakar minyak (BBM). Supaya pengiriman logistik WSBK Mandalika berjalan lancar, pihaknya sedang mempersiapkannya dengan matang.

Pengelola Bandara Internasional Lombok menyatakan telah mempersiapkan infrastruktur untuk menyambut gelaran balap motor bergengsi di dunia, World Superbike (WSBK) Mandalika pada 11 - 13 November mendatang. Berdasarkan informasi yang diperoleh, logistik WSBK Mandalika 2022 akan diangkut menggunakan 2 pesawat kargo.

Manajer Humas PT Angkasa Pura (AP) I Kantor Cabang BIZAM Lombok, Arif Haryanto mengungkapkan pihaknya sudah punya pengalaman melayani logistik dan penumpang saat gelaran WSBK 2021 dan MotoGP Mandalika 2022. Untuk event WSBK, jumlah logistik tidak sebanyak pada saat MotoGP 2022.

Saat gelaran WSBK 2021, ada 2 pesawat kargo yang mengangkut logistik. Logistik kargo WSBK masing-masing seberat 86.627 kilogram dan 59.046 kilogram. Kargo itu berisi logistik WSBK seperti motor pembalap Asia Talent Cup (ATC) dan pembalap WSBK.

Pada saat gelaran WSBK Mandalika 2021, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional Lombok selama pekan penyelenggaraan event WSBK, 17-23 November 2021, tercatat rata-rata 5.700 penumpang per hari. Angka ini meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya di bulan November 2021 yang rata-rata ada di angka 3.800 penumpang per hari.

Puncak arus kedatangan terjadi pada 19 November 2021, dimana terdapat 4.241 orang yang tiba di BIZAM Lombok. Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 21 November 2021 dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 4.077 orang.

Sementara untuk pergerakan pesawat, tercatat mengalami kenaikan sebesar 43 persen pada periode yang sama. Pada 1-16 November 2021 rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari, sedangkan pada 17-23 November 2021 rata-rata mencapai 53 pergerakan pesawat per hari. Jumlah rata-rata harian pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat selama event WSBK ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2021.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Jadi Penentu Juara Dunia World SBK 2022?

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya