Besok Masuk Paddock, ini Hasil Tes PCR Kru dan Pembalap MotoGP

Skema travel bubble untuk kru dan pembalap berjalan lancar

Mataram, IDN Times - Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto mengungkapkan tes PCR yang dilakukan kepada semua kru dan pembalap MotoGP menunjukkan hasil hasil negatif COVID-19. Mulai besok, Rabu (9/2/2022), kru dan tim balap beraktivitas di area paddock Sirkuit Mandalika.

"Untuk gelembung perjalanan (travel bubble) sudah kita laksanakan dan sampai saat ini berjalan dengan baik. PPLN (pelaku perjalanan luar negeri) semuanya hasil PCR negatif," kata Hadi dikonfirmasi usai rapat evaluasi sistem bubble untuk kru dan pembalap MotoGP di Kantor Gubernur NTB, Selasa (8/2/2022).

1. Besok, kru dan pembalap mulai beraktivitas di paddock.

Besok Masuk Paddock, ini Hasil Tes PCR Kru dan Pembalap MotoGPPaddock Sirkuit Mandalika (IDN Times/Muhammad Nasir)

Hadi menuturkan pascakeluarnya hasil tes PCR  kru dan pembalap MotoGP negatif COVID-19, mereka saat ini masih berada di hotel tempat menginap masing-masing dalam rangka melaksanakan sistem bubble. "Dan besok, mereka akan melakukan kegiatan di paddock area," imbuhnya.

Mantan Panglima TNI ini menjelaskan sistem bubble dilaksanakan di hotel-hotel dengan parameter sesuai dengan batas hotel itu sendiri. Misalnya kru dan pembalap menginap di Hotel Novotel, maka batasnya sampai pantai.

"Berarti mereka bisa ke pantai karena mereka juga bertemu dengan teman mereka sendiri. Kemudian bertemu dengan pelayan hotel yang sudah diskrining dan dia bagian dari bubble," jelas Hadi.

Baca Juga: Wagub NTB Apresiasi Pembentukan Forum Jurnalis Perempuan Cabang NTB

2. Di area paddock tidak boleh bertemu penonton

Besok Masuk Paddock, ini Hasil Tes PCR Kru dan Pembalap MotoGPNovotel Lombok Resort & Villas (instagram.com/anissandhika)

Hadi menaambahkan kru dan pembalap yang beraktivitas di area paddock tidak boleh bertemu dengan penonton atau orang yang di luar sistem bubble. Hasil evaluasi terkait penerapan sistem bubble bagi kru dan pembalap MotoGP yang akan melaksanakan tes pramusim di Sirkuit Mandalika, 18 - 20 Maret mendatang, kata Hadi, penerapan sistem bubble masih aman.

"Kalau di paddock kegiatan apa saja seharian boleh mereka lakukan, tidak apa-apa," jelasnya.

Sedangkan bagi petugas marshal, sebagian ada yang kena sistem bubble dan tidak. Bagi yang kena sistem bubble sudah dilakukan tes PCR. Begitu juga petugas hotel yang setiap hari bertemu kru dan pembalap, mereka masuk sistem bubble.

"Bagaimana petugas yang keluar masuk bawa logistik? Tetap kita laksanakan dia dibubble. Setiap dua hari kita lakukan tes PCR," tandasnya.

3. 560 kru dan pembalap MotoGP telah berada di Lombok

Besok Masuk Paddock, ini Hasil Tes PCR Kru dan Pembalap MotoGPKru dan pembalap saat tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (IDN Times/Muhammad Nasir)

Wakil Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda menyebutkan jumlah kru dan pembalap untuk tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika sebanyak 560 orang. Setelah tiba Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, kru dan pembalap dibawa ke hotel masing-masing, kru dan langsung menjalani tes PCR.

Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim balap MotoGP akan siap tampil di Sirkuit Mandalika, 11 - 13 Februari mendatang. Di antara ke-24 pembalap yang dipastikan hadir tersebut, terdapat sejumlah nama pembalap MotoGP terbaik seperti Juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Marc Marquez dari Repsol Honda Team Fransesco Bagnaia dan Jack Miller dari Ducati Lenovo Team, Joan Mir dari Team Suzuki Ecstar, Johan Zarco dari Pramac Racing, hingga Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing. Tujuh pembalap ini merupakan pembalap dengan 7 poin tertinggi selama musim MotoGP 2021 lalu.

Tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika terdiri dari sesi test dan latihan selama tiga hari. Seluruh pembalap ini akan mengikuti MotoGP Official Test yang dijadwalkan mulai pukul 10.00 – 17.45 WITA untuk sesi test. Kemudian akan dilanjutkan dengan sesi latihan oleh para pembalap selama 15 menit hingga pukul 18.00 WITA.

Baca Juga: Instagram Marc Marquez Diserbu, Warganet +62: Selamat Datang Sayang!

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya