Comscore Tracker

Bangga! Hafiz Asal NTB Juara Favorit MTQ Internasional di Amerika 

Indonesia kirim dua wakil di MTQ Internasional Amerika

Mataram, IDN Times - Hafiz asal Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muhammad Khairurrazaq Al Hafizi meraih juara favorit dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Amerika Serikat (AS).

Putra NTB asal Desa Kerongkong Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur ini menjadi wakil Indonesia dalam MTQ Internasional di Washington DC, AS yang berlangsung pada 16-19 Juni 2022.

"Alhamdulillah dapat juara favorit hafiz kita Khairurrazaq," kata Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah dikonfirmasi usai menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD NTB, Rabu (22/6/22).

1. Kebanggaan bagi NTB

Bangga! Hafiz Asal NTB Juara Favorit MTQ Internasional di Amerika Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah/dok. Humas Pemprov NTB

Wagub mengatakan warga NTB sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan Lalu Muhammad Khairurrazaq Al Hafizi. Prestasi yang diraih dalam ajang MTQ Internasional di AS sangat luar biasa.

"Memang dia itu dari kecil sampai usia sekarang tetap menorehkan prestasi. Itu kebanggaan bagi NTB," ucap Wagub.

Baca Juga: 15 Warga NTB Berpeluang Jadi Tenaga Kesehatan di Jerman 

2. Cetak hafiz lewat pesantren

Bangga! Hafiz Asal NTB Juara Favorit MTQ Internasional di Amerika Internet

Rohmi menyatakan NTB memiliki potensi hafiz yang luar biasa di 10 kabupaten/kota. Pemerintah daerah tinggal lebih serius untuk mencetak hafiz-hafiz lainnya lewat pondok pesantren.

"Tinggal kita seriusi saja. Melalui pondok pesantren harus memandang ini sebagai potensi yang serius. Karena potensi kita sangat luar biasa," tambahnya.

3. Indonesia kirim dua wakil di MTQ Internasional Amerika

Bangga! Hafiz Asal NTB Juara Favorit MTQ Internasional di Amerika Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat menerima kunjunganLalu Muhammad Khairurrazaq Al Hafizi dan orang tuanya (Dok. Diskominfotik NTB)

Ada dua wakil Indonesia yang dikirim dalam ajang MTQ Internasional di AS. Mereka adalah Lalu Muhammad Khairurrazaq Al Hafizi dan Jihan Afifah. Keduanya merupakan juara STQ Nasional di Maluku Utara 2021. Keduanya berkompetisi bersama puluhan peserta lain dari 22 negara.

Lalu Muhammad Khairurrazaq Al Hafizi merupakan juara 3 cabang tahfizh golongan 30 juz putra pada STQ Nasional di Sofifi, Maluku Utara tahun 2021. Sementara Jihan Afifah, asal DKI Jakarta, merupakan juara 1 cabang Tafsir Al-Quran Bahasa Arab pada STQ Nasional di Sofifi, Maluku Utara tahun 2021.

Ajang MTQ Internasional di AS atau The American International Tibyan Competition for the Quran and its Recitations berlangsung empat hari, 16 - 19 Juni 2022, di Diyanet Center of America, Maryland. Kompetisi ini merupakan yang pertama sepanjang sejarah Amerika.

Baca Juga: Anak Penjual Kue di Bima Dapat Beasiswa Kedokteran di UI

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya