Comscore Tracker

Aneka Kuliner Berbuka Puasa Tersedia di Pesona Khazanah Ramadan NTB

Pesona khazanah Ramadhan diharapkan dorong kebangkitan UMKM

Mataram, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) secara resmi memulai event Pesona Khazanah Ramadan di Lapangan Islamic Center NTB, Jumat (15/4/2022). Pesona Khazanah Ramadan akan berlangsung selama dua pekan, mulai 15 - 30 April 2022.

Dalam kegiatan Pesona Khazanah Ramadan tahun 2022, berbagai kuliner berbuka puasa tersedia bagi para pengunjung. Mulai dari masakan khas Lombok hingga nusantara dalam Bazar Ramadan.

1. Libatkan 50 UMKM di Bazar Ramadan

Aneka Kuliner Berbuka Puasa Tersedia di Pesona Khazanah Ramadan NTBStand bazar Ramadan (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Yusron Hadi berharap Pesona Khazanah Ramadan tahun 2022 dapat mendorong kebangkitan UMKM di NTB. Salah satu kegiatan dalam Pesona Khazanah Ramadan adalah Bazar Ramadan dengan melibatkan 50 UMKM$

"Kita harapkan dengan Pesona Khazanah Ramadhan tahun ini bisa mendorong kebngkitan UMKM juga.

Di masa pandemik ini UMKM banyak mengalami dampak dan tentu kita harus memperbanyak kesempatan mereka untuk tampil menjual produk mereka. Salah satunya melalui Bazar Ramadan ini," kata Yusron usai pembukaan Pesona Khazanah Ramadan di Lapangan Islamic Center NTB, Jumat (15/4/2022) petang.

Dari 50 UMKM yang terlibat di Bazar Ramadan, sebanyak 80 persen merupakan kuliner dan 20 persen menjual produk ekonomi kreatif (Ekraf). Sehingga, kata Yusron, pengunjung Pesona Khazanah Ramadan dalam dua minggu ke depan dapat menikmati berbagai produk kuliner berbuka puasa produksi UMKM NTB.

Baca Juga: 1.200 Kru dan Pembalap MXGP Akan Menginap di Samota

2. Tampilkan pentas seni budaya Islam

Aneka Kuliner Berbuka Puasa Tersedia di Pesona Khazanah Ramadan NTBPembukaan Pesona Khazanah Ramadan oleh Kepala Dispar NTB Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Selain Bazar Ramadan, Pesona Khazanah Ramadan juga menampilkan pentas seni budaya Islam dari pelajar SMA/SMK yang berasal dari Kota Mataram dan Lombok Barat. Kemudian ada Pameran Pondok Pesantren, kata Yusron, merupakan kegiatan baru dalam Pesona Khazanah Ramadan tahun 2022.

Tahun depan, kegiatan ini bukan hanya akan mengundang pondok pesantren yang ada di Pulau Lombok tetapi juga Pulau Sumbawa. Bahkan, Yusron mengatakan pondok pesantren dari luar NTB juga akan diundang.

"Kemudian pentas seni budaya Islam yan diisi oleh adik-adik SMA/SMK Kota Mataram dan Lombok Barat. Dan juga ada penampilan hadrah, nasyid kita hadirkan setiap pekan. Di luar itu, ada pesantren Ramadan di Islamic Center, dialog keagamaan dan pameran buku," jelasnya.

3. Perkuat branding moslem friendly tourism

Aneka Kuliner Berbuka Puasa Tersedia di Pesona Khazanah Ramadan NTBProduk kuliner berbuka puasa di Bazar Ramadan (IDN Times/Muhammad Nasir)

Karena situasi masih dalam pandemik Covid-19, Pesona Khazanah Ramadan 2022, hanya mengandalkan kunjungan wisatawan lokal. Tahun depan, kegiatan ini direncanakan dalam skala yang lebih besar sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan luar NTB bahkan mancanegara.

Apalagi, Lombok telah dikenal sebagai pulau seribu masjid dan branding Moslem Friendly Tourism. Melalui Pesona Khazanah Ramadan akan diperkuat lagi ke depan. Sehingga, pelaku wisata juga akan didorong membuat paket wisata religi setiap bulan Ramadan.

Baca Juga: Sambut MXGP Samota, NTB Bekali 5.000 Warga Kursus Bahasa Inggris 

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya